Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Reno8 T

Reader Rating1 Vote
9.7
8
Cek Harga

OPPO Reno8 T meluncur di Indonesia dengan menawarkan beragam upgrade yang cukup menggiurkan. “Topped Up”, begitu OPPO menyebut peningkatannya, terbagi dalam tiga fokus utama yaitu desain, kamera, dan performa. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

OPPO Reno8 T

Kelebihan OPPO Reno8 T

  • Desain mewah dan tidak pasaran
  • Ramping dan ringan
  • Kamera ideal untuk mengabadikan momen sehari-hari
  • Sensor 100 MP memungkinkan cropping dengan hasil yang lumayan baik
  • Ada kamera mikro
  • Performa mulus, masih oke untuk gaming
  • Layar AMOLED 90Hz
  • Baterai awet
  • Charger 33W sudah termasuk dalam kemasan
  • Speaker stereo
  • Ada NFC
  • Masih ada port audio jack 3.5mm
  • ColorOS 13 kaya fitur dan sudah berbasis Android 13 terbaru

Kekurangan OPPO Reno8 T

  • Tidak ada kamera ultra-wide
  • Perekaman maksimal hanya 1080p 30fps, belum bisa 60fps
  • Belum 5G
  • Teknologi fast charging belum secepat pesaingnya di kelas harga setara

Spesifikasi OPPO Reno8 T

SpesifikasiOPPO Reno8 T
LayarAMOLED 6,4 inci FHD+ 90Hz
SoCMediaTek Helio G99
RAM8 GB (+ekspansi RAM 8 GB)
Memori internal256 GB (UFS 2.2)
Kamera Belakang100 MP + 2 MP mikro + 2 MP bokeh
Kamera Selfie32 MP
Baterai5.000 mAh
Charging33W SuperVOOC
Sistem OperasiColorOS 13
Konektivitas4G, Bluetooth 5.3, WiFi 5, NFC
WarnaMidnight Black dan Sunset Orange
HargaRp4.899.000

Desain premium dengan material kulit fiberglass

OPPO Reno8 T menjadi seri teranyar yang kembali mengedepankan material kulit fiberglass, khusus untuk varian warna Sunset Orange. Bagi yang belum tahu, material serupa sempat digunakan oleh OPPO pada dua produk mereka sebelumnya, yaitu Reno7 dan A77s.

OPPO Reno8 T

Bedanya, untuk pertama kalinya OPPO mengadopsi desain baru dengan pola jahitan yang dibuat melalui teknik embossing. Pola jahitan ini memberikan kesan yang lebih premium sekaligus eksklusif. Desain yang terbilang unik alias tidak pasaran, termasuk di jajaran ponsel OPPO sendiri.

Tidak perlu khawatir soal ketahanannya, karena bahan kulit ini telah melalui uji kualitas seperti uji gosok pada bahan karet hingga 10 ribu kali, uji gosok dengan alkohol hingga 5 ribu kali, serta uji gosok pada bahan denim hingga 200 ribu kali.

OPPO Reno8 T

Varian lainnya, Midnight Black, mengandalkan lapisan OPPO Glow. Warna hitamnya bukan yang super gelap. Walaupun finishing-nya matte, ada nuansa berkilau dan efek gradasi warna ketika bagian belakangnya terkena cahaya, dan sedikit berubah menjadi warna kebiruan.

OPPO juga melakukan perubahan yang lumayan signifikan dari anggota Reno8 sebelumnya. Tonjolan kameranya tampak lebih besar dan dibagi menjadi dua frame. Kamera yang atas memiliki hiasan berupa Orbit Light yang dapat menyala pada saat ada notifikasi masuk maupun charging.

Beralih ke depan, Anda disuguhkan layar dengan punch-hole mungil di pojok kiri atas yang menampung kamera selfie. Bezelnya lumayan tipis, walaupun bukan yang paling tipis di kelas harganya terutama pada bagian dagu.

OPPO Reno8 T Midnight Black 2

Saat digenggam, perangkat ini terasa begitu ramping (ketebalan 7,85mm) bahkan ketika terpasang softcase sekalipun. OPPO Reno8 T amat nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Bobotnya juga ringan, hanya sekitar 180-183 gram, sehingga cocok untuk Anda yang gemar memasukkan ponsel ke saku celana.

Reno8 T 1

Pada bagian bawah Reno8 T Anda disuguhkan port USB-C bersama dengan lubang speaker dan port audio jack 3.5mm. Ya, masih ada port 3.5mm! Smartphone ini memiliki tiga slot yang terdiri dari dua slot nano SIM-card dan satu yang terdedikasi khusus untuk microSD.

OPPO Reno8 T Sunset Orange 1

Sedikit membahas paket penjualannya, OPPO menjadi salah satu brand yang masih menyertakan charger langsung di dalam kemasan. Charger-nya 33W, sesuai dengan teknologi pengisian daya yang diusungnya. Selain itu, Anda juga diberikan softcase dengan kualitas yang menurut kami cukup bagus.

Paket Penjualan OPPO Reno8 T

Layar AMOLED 90Hz dan speaker stereo

OPPO Reno8 T hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inci Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Penawaran yang bisa dibilang sudah cukup baik walaupun tidak istimewa untuk kelas harganya. Yang penting, layar ini mampu menampilkan konten dengan ketajaman dan suguhan warna yang memanjakan mata.

OPPO Reno8 T

Perlu diketahui pula bahwa layar tersebut dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Di dalam layar juga tersembunyi sensor sidik jari dengan performa yang cepat dan akurat. Sementara dari sektor audio, smartphone ini sudah punya speaker stereo.

Kamera 100 MP dengan kualitas yang oke

OPPO Reno8 T

Kamera utama OPPO Reno8 T mengandalkan sensor fisik 100 MP. Artinya, resolusinya bukan mengandalkan sistem interpolasi. Anda bisa menggunakan mode 100 MP tanpa dukungan fitur pixel-binning. Jadi benar-benar memakai resolusi 100 MP dari sensornya.

OPPO Reno8 T menyediakan mode Hi-Res khusus untuk mengaktifkan resolusi 100 MP. Pada mode ini, kamera tidak bisa di-zoom. Berbeda dengan mode Extra HD yang menggunakan sistem pixel-binning dan masih bisa di-zoom. Lalu, bagaimana jika ingin menangkap subjek jarak jauh dengan mode Hi-Res 100 MP? Ya, cropping!

Foto 100 MP OPPO Reno8 T (3)

Hasil Crop OPPO Reno8 T (3)

Foto 100 MP OPPO Reno8 T (2)

Hasil Crop OPPO Reno8 T (2)

Foto 100 MP OPPO Reno8 T

Hasil Crop OPPO Reno8 T (1)

Keunggulan dari mode Hi-Res 100 MP adalah detail tetap terjaga dengan cukup baik meski Anda melakukan cropping 100 persen. Cukup baik di sini bukan berarti setara dengan kamera flagship yang punya optical zoom dengan pembesaran hingga 10x, melainkan dalam batasan ideal untuk Anda pamerkan di media sosial.

Hasil foto Portrait OPPO Reno8 T

Untuk pemotretan indoor atau kondisi minim cahaya, kamera utama Reno8 T mampu menyajikan kualitas foto yang cukup baik meski bukan yang terbaik di kelasnya. Nuansa malam tetap terjaga, tapi peredaman noise membuat ketajaman agak menurun.

Indoor OPPO Reno8 T (3)

Indoor OPPO Reno8 T (2)

Indoor OPPO Reno8 T (4)

Night Mode OPPO Reno8 T (3)

Selain kamera 100 MP, ada juga kamera pendamping seperti 2 MP mikro dan 2 MP bokeh. Untuk lensa mikro, Anda yang pernah mencoba Reno7 mungkin sudah tidak asing dengan penawarannya. Intinya, bisa melakukan pembesaran hingga 40x untuk melihat detail terkecil di dunia mikroskopis.

Mikro OPPO Reno8 T (1)

Mikro OPPO Reno8 T (2)

Di depan terdapat kamera selfie 32 MP. Untuk foto portrait kamera ini sudah cukup bagus. Untuk membuat video vlog, fungsi stabilization sudah lumayan membaik sejak update, walaupun belum sebagus Ultra Steady.

Sekadar informasi bagi yang gemar bikin video, kamera Reno8 T hanya menawarkan perekaman dengan resolusi maksimal 1080p di 30fps. Tidak ada opsi 60fps maupun resolusi yang lebih tinggi. Yang patut disayangkan juga adalah tidak adanya lensa ultra-wide. Bagi sebagian orang, mungkin kamera ultra-wide bakal lebih bermanfaat dibanding kamera mikro dalam skenario penggunaan sehari-hari.

Klik tautan berikut ini untuk melihat lebih banyak hasil foto dan video dari kamera OPPO Reno8 T.

Kinerja mulus, lancar untuk gaming

Dari sektor performa, Reno8 T dipersenjatai chipset MediaTek Helio G99 yang ditemani RAM 8 GB dan bisa ditambah 8 GB lagi melalui fitur Ekspansi RAM. Untuk penyimpanan data, OPPO menanamkan storage 256 GB UFS 2.2.

Perpaduan hardware yang cukup standar untuk ukuran ponsel seharga nyaris 5 juta rupiah. Helio G99 sendiri bukan yang paling kencang di kelasnya dan belum mendukung jaringan 5G. Tapi, bukan berarti kinerja kurang oke.

Untuk penggunaan sehari-hari OPPO Reno8 T terasa amat mulus dan responsif. Tidak ada lag atau gangguan apapun. Bermain game pun lancar. Judul-judul seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa dijalankan tanpa kendala. Genshin Impact? Bisa di setting Lowest 60fps dengan frame rate sekitar 30 sampai 40an fps.

Reno8 T mengadopsi sistem operasi ColorOS 13 berbasis Android 13. Salah satu fitur uniknya adalah Auto Pixelate, yang memungkinkan sistem mengaburkan (blur) informasi sensitif ketika pengguna mengambil screenshot atau tangkap layar pada aplikasi chat.

Baterai tahan lama, didukung 33W SuperVOOC

Reno8 T memiliki baterai sebesar 5.000 mAh yang tahan diajak beraktivitas seharian penuh. Ya, baterainya memang awet. Selama sekitar dua minggu pengujian kami tidak pernah perlu mengisi daya di tengah jalan.

Untuk teknologi pengisian dayanya sendiri masih 33W SuperVOOC. Charging dari kondisi di bawah 10 persen sampai penuh 100 persen butuh waktu kurang lebih 1 jam. Bukan yang paling cepat di kelasnya, tapi masih tergolong wajar mengingat baterainya 5.000 mAh.

Arifin Putra with Reno8 T

Kesimpulan

OPPO Reno8 T menawarkan beberapa hal baru yang sebelumnya tidak dimiliki anggota seri Reno8 lainnya. Dari segi desain lebih mewah, sensor kamera pun meningkat, dan performanya juga cukup baik. Secara keseluruhan, Reno8 T merupakan smartphone yang komplit sebagai daily driver bagi pengguna dengan kebutuhan standar seperti komunikasi, foto-foto, media sosial, hingga hiburan.

Bagi yang berminat, OPPO Reno8 T dijual dengan harga Rp4.899.000.

OPPO Reno8 T
Review OPPO Reno8 T
Secara keseluruhan, Reno8 T merupakan smartphone yang komplit sebagai daily driver
Desain
9.7
Fitur dan Performa
7
Kamera
7.5
Baterai
8.8
Harga
7
Reader Rating1 Vote
9.7
8
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur dan Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button