Quantcast
AplikasiAndroidiOS (iPhone/iPad)News

Rocksmith+: Aplikasi Belajar Gitar dengan Lebih dari 6.000 Pilihan Lagu

Ubisoft segera meluncurkan aplikasi belajar gitar pertamanya yang diberi nama Rocksmith+. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa berlatih gitar akustik, gitar elektrik, maupun bass langsung lewat smartphone mereka. Seperti apa fiturnya?

Fitur Rocksmith+

Rocksmith+

Aplikasi Rocksmith+ dibekali fitur yang mampu mendeteksi notasi, memberikan feedback secara real-time, dan beragam tools untuk berlatih. Menurut Ubisoft, pengguna dapat mengakses lebih dari 6 ribu lagu di library, dan nantinya akan terus ditambah setiap bulannya.

Real-time feedback artinya aplikasi akan terus melacak dan menganalisa performa latihan penggunanya, sembari memberikan rekomendasi untuk membantu meningkatkan skill secara efisien. Sementara untuk tools latihan lainnya terdiri dari Riff Repeater untuk mengulang bagian lagu tertentu dan Adaptive Difficulty untuk menyesuaikan tingkat kesulitan.

Rocksmith+ bisa diunduh oleh pengguna Android maupun iOS mulai 9 Juni 2023 mendatang. Sekadar informasi, sebelumnya aplikasi ini sudah lebih dulu tersedia untuk PC. Kabarnya juga akan hadir di PlayStation dan Xbox, namun belum ada bocoran terkait jadwal peluncurannya.

Jika pengguna butuh aplikasi untuk tuning gitar atau bass-nya, Ubisoft memiliki aplikasi lain bernama Rocksmith Tuner yang diklaim punya akurasi tingkat profesional. Pengguna dapat langsung menghubungkan alat musiknya atau menggunakan mikrofon pada smartphone.

Rocksmith

Harga langganan Rocksmith+

Ya, meski bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store, untuk bisa menikmati layanan Rocksmith+ seutuhnya pengguna wajib membayar biaya langganan. Harganya US$15 untuk 1 bulan, US$40 untuk 3 bulan, US$100 untuk 1 tahun. Relatif mahal, namun Ubisoft memberikan uji coba gratis selama 7 hari.

Kesan pertama

Bagi yang gemar bermain musik atau yang baru mau belajar menguasai gitar maupun bass, tentu Rocksmith+ merupakan aplikasi yang menarik. Fiturnya lengkap, dan kita bisa berlatih kapan saja. Walaupun demikian, harga langganannya yang lumayan mahal mungkin akan jadi bahan pertimbangan bagi yang ingin mencobanya. Cukup wajar karena library musiknya sangat banyak, ada lebih dari 6 ribu lagu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button