Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Reno8 T 5G

OPPO Reno8 T 5G punya beberapa perbedaan dari saudaranya yang masih 4G. Selain chipset tentunya, sektor layar menjadi fitur unggulan karena untuk pertama kalinya OPPO menghadirkan 3D Curved Screen pada perangkat seharga 5 jutaan rupiah.

Bagaimana dengan fitur-fitur lainnya seperti kamera, desain, baterai, maupun teknologi pengisian daya? Dalam artikel kali ini, Yangcanggih.com bakal mengulas segala kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno8 T 5G. Yuk, langsung saja simak!

OPPO Reno8 T 5G

Kelebihan OPPO Reno8 T 5G

  • Desain premium
  • Bodi ramping dan nyaman digenggam
  • Layar 3D Curved AMOLED
  • Kinerja mulus untuk berbagai kebutuhan
  • Kamera oke untuk foto
  • Ada kamera microlens
  • Baterai tahan lama
  • Charging ngebut
  • Charger 67W sudah termasuk dalam paket penjualan

Kekurangan OPPO Reno8 T 5G:

  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Chipset belum sekencang pesaingnya di kelas harga setara
  • Perekaman video hanya sampai 1080p 30fps, tidak ada opsi 60fps apalagi 4K
  • Tidak ada port audio jack 3.5mm
  • Akan lebih menarik jika sudah memiliki IP rating

Desain premium dengan bodi ramping

Kalau dilihat dari belakang, bahasa desain OPPO Reno8 T 5G kurang lebih mirip dengan Reno8 T 4G. Hanya saja, pada versi 5G OPPO tidak menyediakan varian Sunset Orange yang menggunakan material kulit fiberglass.

OPPO Reno8 T 5G

Kedua varian warna, Midnight Black dan Sunrise Gold, sama-sama mengandalkan lapisan OPPO Glow yang selain cantik juga bebas sidik jari. Warna hitamnya penuh glitter yang akan berkilau ketika terkena cahaya. Sementara warna yang satunya akan punya efek gradasi yang menawan tergantung arah cahaya.

Walaupun hampir semua bagian back cover ponsel ini dilapisi OPPO Glow sehingga tidak mudah kotor, lain cerita pada area di bawah kamera yang memiliki pola dan finishing tersendiri. Area bertuliskan 108 MP Portrait Camera ini masih bisa menempel bekas jari.

Beralih ke depan, layar lengkung membuat bagian bezel di sekitar layar terlihat begitu tipis. Biasanya saya kurang suka ponsel dengan layar curved karena bagi saya agak kurang nyaman digenggam. Tapi untuk Reno8 T 5G, entah kenapa nyaman-nyaman saja. Mungkin sedikit catatan adalah bodi belakangnya yang agak licin, jadi saya sarankan Anda memasang softcase yang terdapat pada kemasan agar tidak mudah terlepas dari genggaman.

OPPO Reno8 T 5G

Secara keseluruhan, OPPO Reno8 T 5G merupakan smartphone dengan desain premium dan bodi yang ramping. Ketebalannya hanya 7,7mm saja, sementara bobotnya sekitar 171 gram. Kombinasi yang menjadikannya amat ideal untuk dimasukkan ke saku celana. Bahkan ketika terpasang softcase bawaan pun bodinya masih tipis.

Anda tidak akan menemukan lubang jack audio 3.5mm di sini. Slotnya hybrid, jadi Anda harus memilih antara memasang dua nano SIM-card, atau satu nano SIM-card bersama satu microSD. Nilai plus yang patut diapresiasi, dalam paket penjualannya masih terdapat charger 67W!

Layar 3D Curved AMOLED 120Hz

OPPO Reno8 T 5G dibekali layar AMOLED 6,7 inci dengan desain 3D Curved, resolusi Full HD+, dan refresh rate 120Hz. Menurut OPPO, layar lengkung ini menggunakan teknologi COP Flexible AMOLED, yang artinya dibuat dengan cara membengkokkan bagian layar secara langsung untuk mengurangi bingkai, demi mencapai efek borderless pada layar.

Layar OPPO Reno8 T 5G menampilkan kurva 56 derajat serta tinggi busur 1,9mm, agar lebih seimbang antara visual yang menawan dan kenyamanan saat digenggam. Selain itu, teknologi COP Flexible AMOLED juga menghasilkan rasio layar-ke-bodi sebesar 93 persen dengan bezel yang amat tipis.

OPPO Reno8 T 5G 3 1

Bezel bawahnya hanya 2,32mm saja, bisa dibilang lebih tipis dari beberapa smartphone flagship. Sementara untuk bezel kiri dan kanan hanya 1,57mm. Efek borderless-nya bisa dibilang cukup berhasil dicapai. Konten yang ditampilkan jadi tampak lebih penuh.

Yang tidak kalah menarik, layar lengkung smartphone ini dilindungi Asahi Glass DT-Star2. Sebelum Reno8 T 5G dijual ke konsumen, OPPO akan menguji layar melalui 23 pengujian kualitas ketat di lima kategori berbeda, sehingga dijanjikan lebih tahan lama.

Layar ini juga dilengkapi fitur AI Adaptive Eye Protection System dan sertifikasi Netflix HD serta Amazon Prime HD. Oh iya, sensor sidik jari tersembunyi di dalam layar. Sedikit membahas sektor audio, Reno8 T 5G sudah memiliki speaker stereo dengan kualitas yang jernih.

Kamera 108 MP, oke untuk foto-foto

Dari sektor fotografi, OPPO Reno8 T 5G menawarkan sensor utama 108 MP f/1.7 ditemani kamera microlens dengan pembesaran hingga 40x dan depth sensor 2 MP. Sementara di depan, terdapat kamera selfie 32 MP. Fitur-fitur khas seri Reno Selfie HDR, Bokeh Flare Portrait, Dual-View Video, dan yang lainnya tetap tersedia.

OPPO Reno8 T 5G

Secara default, kamera 108 MP akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP. Tapi kalau ingin menangkap gambar dengan resolusi maksimal dan detil yang lebih tinggi, OPPO menyediakan mode Hi-Res untuk mengaktifkan resolusi 108 MP.

Saya sendiri lebih sering memotret dengan mode Auto saja. Selain lebih praktis, hasil fotonya tergolong baik. Gambar tampak tajam, warnanya natural serta enak dilihat, kendali exposure dan dynamic range-nya pun cukup oke, pokoknya aman untuk pemotretan dengan cahaya berlebih.

Auto (OPPO Reno8 T 5G) (1)

IMG20230306185312

Auto (OPPO Reno8 T 5G) (3)

Untuk low-light pun cukup bagus, meski belum bisa disebut istimewa. Asalkan masih ada cahaya yang memadai di sekitar objek, Reno8 T 5G mampu menangkap detil dengan tetap menjaga nuansa gelap di sekitar atau langit malam hari, sehingga tidak berubah menjadi terang dan keabuan.

IMG20230306184352

indoor (OPPO Reno8 T 5G) (5)

indoor (OPPO Reno8 T 5G) (2)

Night Mode (OPPO Reno8 T 5G) (2)

Night Reno8 T 5G

Night Selfie (OPPO Reno8 T 5G)

Portrait? Jujur saja saya tidak banyak mencoba karena biasanya mode ini sudah menjadi makanan OPPO. Microlens pun demikian. Asalkan cahayanya terang, dunia mikroskopis bisa Anda abadikan dengan jelas. Yang cukup disayangkan adalah tidak adanya kamera ultra-wide. Bagi saya, kamera ultra-wide lebih sering terpakai pada skenario sehari-hari dibanding microlens.

Portrait (OPPO Reno8 T 5G)

microlens (OPPO Reno8 T 5G)

Beralih ke videografi, Reno8 T 5G hanya mampu merekam hingga resolusi 1080p di 30fps. Tidak bisa 60fps, apalagi 4K. Untuk sebuah smartphone seharga 6 juta kurang seribu rupiah, tentu ini berpotensi kuat dianggap kekurangan oleh sebagian besar pengguna. Hasil videonya bisa dilihat di bawah:

selfie video (OPPO Reno8 T 5G)

indoor 1080p (OPPO Reno8 T 5G)

Night Video (OPPO Reno8 T 5G)

Kinerja mulus, baterai tahan lama

Performa OPPO Reno8 T 5G didukung chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, RAM 8 GB LPDDR4X plus ekspansi RAM 8 GB, dan storage internal 128 GB atau 256 GB UFS 2.2. Perpaduan yang tentu bisa diandalkan untuk memberikan kinerja yang mulus pada berbagai keperluan.

Tapi saya yakin, banyak orang yang bakal merasa chipset ini kurang menarik di kelas harga Reno8 T 5G. Sebagian besar pesaing OPPO rata-rata sudah menggunakan chipset yang performanya lebih kencang di harga 5-6 jutaan, bahkan ada juga yang harganya justru lebih murah.

Tentu semua itu kembali pada kebutuhan masing-masing. Pada dasarnya Snapdragon 695 adalah chipset yang bagus dan masih sangat mumpuni untuk pemakaian sehari-hari. Untuk gaming pun cukup oke, terutama pada judul-judul populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Asphalt, dan sebagainya.

Bagaimana untuk Genshin Impact? Masih bisa kok! Bahkan lumayan stabil meski frame rate yang didapat berada di kisaran 40an fps pada setting grafis Lowest 60fps. Intinya, masih sangat playable. Dan selama bermain pun suhunya cenderung aman, alias tidak panas berlebih.

Baterainya sebesar 4.800 mAh lengkap dengan dukungan 67W SuperVOOC yang chargernya sudah termasuk dalam paket penjualan, jadi tidak perlu lagi keluar dana ekstra. Baterai Reno8 T 5G tergolong awet. Dengan gaya pemakaian kami, sangat mudah untuk bertahan seharian penuh tanpa khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

PCMark Battery OPPO Reno8 T 5G

Kemampuan charging-nya pun ekstra cepat. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi kurang lebih 10 persen.

Sekadar informasi tambahan, OPPO Reno8 T 5G berjalan dengan sistem operasi ColorOS 13 terbaru, yang sudah berbasis Android 13. Ada banyak fitur menarik yang dibawanya. Update pun terjamin, yaitu hingga 2 kali update Android dan 4 tahun update security. Untuk pemakaian jangka panjang, ponsel ini layak jadi pilihan.

 

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya terhadap OPPO Reno8 T 5G, terutama soal konfigurasi lensa kamera dan kemampuan perekaman video. Namun selebihnya, Reno8 T 5G tetap layak disebut sebagai ponsel yang menarik. Desainnya mewah, ramping, dan punya layar yang tidak pasaran. Dari segi paket penjualan pun komplit.

Bagi yang berminat, OPPO Reno8 T 5G dijual dengan harga Rp5.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp6.499.000 untuk varian 8/256 GB.

OPPO Reno8 T 5G
OPPO Reno8 T 5G
Desainnya mewah, ramping, dan punya layar yang tidak pasaran. Dari segi paket penjualan pun komplit.
7.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Fitur dan Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button