Quantcast

Review Coolpad Fancy 3

Beberapa produsen smartphone asal China belakangan ini mengedepankan kamera selfie sebagai penawaran utama di produk mereka. Coolpad pun demikian. Pada Desember 2016 lalu, Coolpad melangkahkan kaki mereka untuk ikut mencoba peruntungan di ranah smartphone selfie melalui Fancy 3.

Bagi Anda yang belum tahu, Coolpad Fancy 3 hadir dengan kamera depan 8 megapixel f/2.2 wide angle. Lalu, apakah smartphone ini memiliki kemampuan untuk berbicara banyak di tengah banyaknya pesaing yang juga hadir dengan kamera selfie mumpuni? Simak ulasan kami:

Desain tipis dan elegan

Coolpad Fancy 3 bukanlah smartphone kelas atas yang dibanderol dengan harga tinggi. Meski begitu, dari segi desain smartphone ini layak mendapat acungan jempol. Didominasi material aluminium magnesium yang kokoh dan ringan, Fancy 3 memiliki bodi yang cukup tipis dengan ketebalan 8,7 mm.

Secara keseluruhan penampilan Coolpad Fancy 3 adalah salah satu yang paling elegan di kelasnya. Coolpad menyisipkan frame berwarna silver metallic di sisi-sisinya yang mampu menambahkan kesan mewah. Smartphone ini mengusung konsep unibody, yang artinya Anda tidak bisa begitu saja membuka cover bagian belakang.

Menggenggam Fancy 3 terasa mantap. Cover belakangnya memang agak licin, tapi belum dalam taraf yang membuatnya mudah terlepas dari tangan. Di bagian belakang ini juga terdapat sensor sidik jari yang sangat mudah untuk diakses. Sementara posisi speaker ada di bawah logo Coolpad.

Beralih ke bagian depan, Anda akan menemukan layar 2.5D dengan tiga tombol softkey di bawahnya. Sedikit catatan dari kami lapisan kaca pada bagian depan ini sangat mudah kotor oleh sidik jari sehingga Anda harus rajin-rajin membersihkannya. Oh iya, soal ketersediaan warna, Coolpad Fancy 3 memiliki opsi Grey dan Gold.

Layar cocok untuk berbagai kebutuhan

Coolpad menggunakan layar IPS berukuran 5 inci pada Fancy 3 dengan ratio screen to body 70,6 persen. Resolusinya masih sebatas 720p, belum Full HD. Meski begitu, tampilannya cukup tajam dengan keluaran warna yang enak dipandang. Layar ini juga responsif, dan tingkat kecerahan maksimalnya sudah mencukupi untuk digunakan di bawah sinar matahari.

Tidak ada yang spesial memang dari layar Coolpad Fancy 3. Apa yang ditawarkan sudah mencukupi untuk mendukung berbagai kebutuhan, seperti browsing, menonton film, atau bermain games. Sayangnya Coolpad tidak menjelaskan apakah layar ini sudah dibekali perlindungan dari Gorilla Glass dan semacamnya atau tidak.

Beralih ke sektor audio, lagi-lagi kami tidak menemukan fitur khusus yang dibenamkan oleh Coolpad di Fancy 3. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker-nya tergolong standar. Lumayan jernih, tapi agak kurang nyaman didengar ketika diatur ke volume yang tinggi.

UI sederhana, tersedia fitur yang berguna

Berbasis sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan CoolUI 8.0, antarmuka Coolpad Fancy 3 tampil cukup sederhana tanpa App Drawer. Sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone Android lainnya, ketika menarik jendela dari atas ke bawah Anda hanya akan melihat kolom notifikasi. Untuk akses ke pengaturan lainnya, Anda bisa menggeser dari bawah ke atas.

Coolpad Fancy 3 memiliki beberapa fitur yang berguna. Contohnya adalah Smart Control untuk mengaktifkan C-Button yang akan memunculkan shortcut ke berbagai aplikasi dengan cepat. Ada pula Wake-Up Gesture yang menawarkan banyak kemudahan seperti tap dua kali untuk menghidupkan layar, slide ke atas untuk membuka kunci, slide ke bawah untuk memotret, dan masih banyak lagi. Terakhir adalah Action and Screen untuk mengaktifkan fungsi mengambil screenshot dengan tiga jari.

Yang lebih menarik, Fancy 3 juga memiliki fungsi Dual-Apps. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk menggunakan dua akun media sosial sekaligus, misalnya Facebook, Instagram, BBM, serta WeChat. Cocok untuk Anda yang ingin memisahkan akun pribadi dengan akun terkait pekerjaan.

Kamera selfie jadi andalan, tapi tidak istimewa

Seperti disebutkan di atas, Coolpad Fancy 3 adalah smartphone yang mengedepankan kamera selfie sebagai fitur jagoannya. Hadir dengan sensor 8 megapixel f/2.2 wide angle, Coolpad tak lupa menanamkan fitur beautify untuk mempercantik hasil foto.

Hasil foto Coolpad Fancy 3 (12)

Hasil foto selfie-nya memang lumayan untuk pengambilan gambar di bawah cahaya yang cukup, tapi dengan statusnya sebagai smartphone selfie, hasil foto ini belum bisa disebut istimewa. Ketika selfie di tempat yang cahayanya redup, Anda akan sedikit terbantu oleh lampu flash di depan. Fitur Beautify-nya sendiri menurut kami justru membuat foto selfie menjadi tidak natural jika diatur ke level yang tinggi.

Untuk kamera belakangnya, Coolpad menyediakan sensor 13 megapixel lengkap dengan autofocus dan lampu flash. User interface dari kamera ini cukup sederhana, namun tetap dibekali mode Pro yang memungkinkan pengguna mengutak-atik pengaturan seperti ISO, exposure, white balance, saturation, dan contrast.

Hasil fotonya tergolong lumayan di kelasnya untuk pemotretan dengan cahaya yang cukup. Di tempat temaram, kualitasnya kurang tajam dan Anda akan menemukan noise yang untungnya masih bisa ditoleransi. Meski bukan Menurut kami kualitasnya sudah cukup untuk mengabadikan momen sehari-hari dan mengunggahnya ke media sosial.

Masih penasaran dengan kamera belakang dan depan dari Coolpad Fancy 3? Simak hasil foto di bawah ini: (Foto yang lebih lengkap bisa langsung dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com)

Hasil foto Coolpad Fancy 3 (4)

Hasil foto Coolpad Fancy 3 (2)

Performa cukup untuk kebutuhan standar

Coolpad Fancy 3 dipersenjatai SoC MediaTek MT6735CP dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.0 GHz dan GPU Mali-450, RAM sebesar 2 GB, serta memori internal 16 GB. Di atas kertas, kombinasi hardware tersebut memang tidak menggiurkan untuk sebuah smartphone seharga dua jutaan rupiah.

Walaupun demikian, Fancy 3 masih mampu memberikan performa yang gesit untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan standar dalam menggunakan smartphone. Bahkan untuk gaming pun bisa, asal bukan game 3D yang menuntut kinerja hardware tinggi.

Berikut kami sajikan hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai standar

Semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan di smartphone membuat pengguna menuntut perangkat yang menawarkan baterai dengan daya tahan ekstra. Jika itu yang Anda cari, sayangnya Coolpad Fancy 3 bukan jawabannya.

Coolpad membenamkan baterai 2500 mAh. Standar untuk ukuran smartphone 2 jutaan. Karena itu, daya tahannya pun tidak istimewa tapi juga tidak mengecewakan. Seperti kebanyakan smartphone Android lainnya dengan baterai yang kurang lebih sama, Fancy 3 bisa menemani aktivitas Anda sejak pagi hingga sore hari sebelum akhirnya meminta mengisi ulang daya.

Untuk lebih jelasnya, simak hasil pengujian kami menggunakan aplikasi PCMark (Battery Test):

Kesimpulan

Coolpad Fancy 3 datang pada waktu yang tepat di saat smartphone selfie tengah banyak dicari pengguna di Indonesia. Dengan harga yang masih masuk akal untuk penampilan dan spesifikasi yang ditawarkannya, kehadiran Fancy 3 semakin memperkaya opsi yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Desain jelas menjadi keunggulan utamanya. Smartphone ini akan menjadi partner yang cocok jika Anda ingin tampil elegan selama beraktivitas. Kamera selfie-nya hanya dalam taraf lumayan, belum bisa dibilang memuaskan. Hal yang sama juga kami simpulkan untuk kamera belakangnya.

Untungnya Fancy 3 dibekali fitur tambahan seperti sensor sidik jari serta kemampuan untuk mengaktifkan dua akun sekaligus. Perlu diketahui pula bahwa Coolpad Fancy 3 sudah lolos TKDN sebagai smartphone dengan dukungan koneksi 4G LTE.

Dijual dengan harga Rp2.499.000, Coolpad Fancy 3 adalah smartphone yang layak dilirik oleh kaum muda yang gemar selfie dan ingin selalu tampil gaya.

Yang Canggih:

+ Desain menawan dengan bahan aluminium
+ Kamera selfie didukung lampu flash
+ Bisa menggunakan dua akun chatting dan media sosial
+ C-button memudahkan akses ke banyak hal

Yang Kurang:

– Hardware pendukung performa kurang bertenaga
– Sebagai smartphone selfie, hasil foto kamera depannya belum bisa disebut istimewa

Alternatif lain:

Untuk kategori smartphone selfie, jika memiliki budget lebih besar Anda juga bisa melirik Oppo A39 yang dibanderol Rp2.799.000 sebagai opsi alternatif. Simak review dari smartphone tersebut di tautan berikut ini.

Spesifikasi Coolpad Fancy 3
SoC MediaTek MT6735CP dengan prosesor quad-core 1.0 GHz
GPU Mali-450
Layar IPS 5 inci HD
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 8 megapixel (LED flash)
Baterai 2500 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth, A-GPS, Wi-Fi, microUSB
OS Android 6.0 Marshmallow (CoolUI 8.0)
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 145.3 x 72.3 x 8.7 mm
Coolpad Fancy 3
Coolpad Fancy 3 semakin menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia yang mencari smartphone selfie di range harga dua jutaan.

Komentar

comments

No more articles