Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Infinix Zero 20

Reader Rating0 Votes
0
8.2

Infinix Zero 20 masih menjadi opsi yang amat menggiurkan untuk tahun 2023. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan harganya yang ramah kantong, wajar jika smartphone ini cukup diminati oleh konsumen di Indonesia. Apalagi, secara brand Infinix sudah mulai naik daun.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak review Infinix Zero 20 dari Yangcanggih.com!

Desain modern minimalis

Zero 20 hadir dalam tiga pilihan warna. Yang ada di artikel kami kali ini adalah Space Gray, klasik namun tetap mengedepankan nuansa modern minimalis yang tidak lekang oleh waktu. Finishing-nya matte, cocok untuk Anda yang lebih suka tampil kalem.

Infinix Zero 20

Namun jika Anda ingin terlihat berbeda, Infinix menawarkan varian Green Fantasy dengan material kulit bertekstur, serta Glitter Gold yang tampil dengan warna emas berkilau seperti suasana sore hari yang cerah. Tinggal pilih mana yang lebih sesuai dengan karakter Anda.

Kualitas rancang bangun dari Zero 20 terbilang solid. Sama sekali tidak tampak murahan. Tepian atau bodi bagian sampingnya dibuat flat, seperti kebanyakan smartphone masa kini. Di belakang, Anda akan menemukan bingkai kamera dengan ukuran yang lumayan besar, namun tidak berlebihan.

Infinix Zero 20 Space Gray 1

Finishing matte pada cover belakangnya sedikit licin namun tidak mudah kotor oleh bekas jari. Beralih ke depan, Infinix membenamkan layar 6,7 inci yang masih memiliki poni waterdrop. Tentu bakal lebih kekinian jika layarnya sudah punch-hole. Bezel di sekitar layar juga belum bisa disebut tipis.

Kalau tidak menggunakan softcase, Infinix Zero 20 masih lumayan pas di genggaman tangan. Namun kalau softcase bawaan yang terdapat pada paket penjualannya sudah dipasang, lain cerita. Jadi tebal dan bongsor. Smartphone ini punya dimensi 164,4 x 76,7 x 7,98 mm. Bobotnya 196 gram, lumayan berisi.

Infinix Zero 20 Space Gray 5

Di sisi sebelah kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Sementara di bawah port USB-C, audio jack 3.5mm, dan lubang speaker. Di atas juga ada satu lubang speaker lainnya. Slotnya ada tiga, dua untuk SIM-card dan satu terdedikasi khusus untuk microSD.

Infinix Zero 20 Space Gray 2

Layar 90Hz

Seperti disebutkan di atas, Infinix menawarkan layar berukuran 6,7 inci pada Zero 20. Panelnya AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Pada pengaturan, Anda bisa memilih antara 60Hz, 90Hz, atau auto switch.

90Hz Infinix Zero 20

Kualitas gambarnya tergolong standar saja. Tingkat kecerahannya lumayan, tapi belum layak disebut istimewa. Sementara ketajaman dan sajian warnanya masih khas smartphone 2-3 jutaan rupiah. Kalau untuk penggunaan sehari-hari tentu sudah cukup.

Sementara untuk urusan audio, ponsel ini dibekali speaker stereo dengan kualitas yang cukup oke untuk sekadar menemani Anda menonton video di YouTube atau bermain game mobile.

Kamera utama 108 MP, kamera selfie 60 MP OIS

Di atas kertas, konfigurasi kamera yang ditawarkan Infinix Zero 20 terlihat amat menarik. Kamera utama di belakang mengandalkan sensor 108 MP yang ditemani kamera ultra-wide 13 MP dan depth sensor. Di depan, ada kamera selfie 60 MP lengkap dengan dukungan OIS dan autofocus. Itulah alasan Infinix menyebut ponsel ini cocok untuk vlogging.

Infinix Zero 20 Space Gray 3

Hasil foto kamera utama menurut kami bagus. Pemotretan di kondisi cahaya yang ideal maupun agak minim amat layak untuk dipamerkan ke media sosial. Detailnya tinggi, warnanya juga natural alias tidak diangkat berlebihan, dan dynamic range-nya juga oke.

Auto Mode Infinix Zero 20 (3)

Auto Mode Infinix Zero 20 (1)

Auto mode Infinix Zero 20 (6)

Auto Mode Infinix Zero 20 (5)

Pemotretan di malam hari pun tidak mengecewakan. Zero 20 masih bisa bersaing (atau bahkan lebih unggul?) melawan nama-nama besar lainnya yang memang mengedepankan kemampuan kamera. Detailnya masih dapat, warnanya pun mirip suasana aslinya. Noise dan penghalusan gambar akibat proses peredaman noise memang tidak bisa dihindari di beberapa bagian. Namun secara keseluruhan, untuk kelas harganya mode malam Zero 20 patut diapresiasi.

Night Mode Infinix Zero 20 (8)

Night Mode Infinix Zero 20 (7)

Night Mode Infinix Zero 20 (3)

Oh iya, kamera utamanya juga mampu merekam hingga resolusi 2K di 30fps, atau 1080p 60fps. Tapi karena tidak ada OIS, Anda wajib mengaktifkan mode ultra-steady kalau ingin hasilnya lebih stabil.

Lalu, bagaimana dengan kamera selfie-nya? Lagi-lagi layak mendapat pujian. Agak mengejutkan memang melihat smartphone yang harganya sekarang tidak sampai 3,5 juta rupiah bisa punya spesifikasi kamera depan seperti ini.

Selfie Infinix Zero 20

HDR Selfie Infinix Zero 20

60 MP ditambah OIS bukan sekadar gimmick belaka. Hasil fotonya bagus, dynamic range-nya juga diatas rata-rata kamera selfie pada smartphone lainnya di kelas harga setara. Untuk yang gemar nge-vlog, kamera ini menyediakan fitur HDR video, jadi Anda bisa mendapatkan rekaman yang lebih bagus saat menantang arah datangnya cahaya.

Performa bertenaga

Infinix Zero 20 dipersenjatai chipset MediaTek Helio G99, RAM 8 GB + 5 GB, dan storage 256 GB. Tambahan 5 GB tersebut pastinya lewat fitur MemFusion alias RAM Expansion, jadi totalnya bisa sampai 13 GB. Sementara ruang penyimpanan 256 GB masih kurang, Anda bisa memasang microSD.

Performa Zero 20 sesuai ekspektasi kami. Seperti pada ponsel lainnya yang berbekal Helio G99, kinerjanya gesit dan bertenaga. Multitasking pun lancar. Kami belum menemukan keluhan berarti terkait performa selama menggunakan smartphone ini sebagai daily driver.

Untuk gaming pun cukup mantap. PUBG Mobile lancar, Mobile Legends tentu dilibas. Game berat seperti Genshin Impact pun masih terasa menyenangkan. Dengan setting grafis Lowest 60fps, game ini bisa berjalan dengan lumayan stabil di kisaran 40 fps.

Perlu diketahui pula bahwa Infinix Zero 20 merupakan ponsel dengan manajemen suhu yang baik. Tidak ada panas yang berlebihan selama kami bermain game, apalagi sampai throttling. Rahasianya, Infinix menggunakan sistem pendingin VC Liquid-Cooled dengan ruang uap yang besar.

Beralih ke baterai, kapasitas 4.500 mAh mungkin terasa agak nanggung. Bagi kami tidak masalah, karena daya tahannya sudah mantap untuk pemakaian dari pagi hingga malam hari. Charging-nya juga cepat. Dengan teknologi 45W SuperCharge, hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen.

Kesimpulan

Infinix Zero 20 1
Infinix Zero 20

Sepertinya tidak berlebihan jika kami menyebut Infinix cukup sukses meracik Zero 20 menjadi salah satu smartphone paling menarik di segmennya. Semua terasa menonjol. Performa oke, kamera layak berada di jajaran yang terbaik untuk kelas harganya, desainnya bagus, dan fiturnya juga lengkap.

Bagi yang bermiant, Infinix Zero 20 dijual dengan harga Rp3.399.000.

Kelebihan Infinix Zero 20:

  • Desain modern
  • Layar 90Hz widevine L1
  • Kamera bagus untuk memotret di berbagai kondisi
  • Kamera selfie terdepan di kelasnya
  • Performa cukup kencang
  • Memori besar: 8/256 GB
  • Baterai awet
  • Pengisian daya 45W, charger sudah termasuk dalam kemasan
  • Ada NFC

Kekurangan Infinix Zero 20:

  • Bodi agak tebal, apalagi kalau dipasang softcase
  • Bloatware melimpah
  • Belum ada kepastian update Android

Infinix Zero 20 cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Zero 20 punya desain bagus, performa gaming oke, dan kamera mantap. Harganya juga terjangkau sehingga cocok untuk anak muda.
  • Karyawan yang mobile: Dengan baterai yang tahan lama dan kemampuan charging cepat, ponsel ini layak untuk diajak bekerja secara mobile. Fiturnya juga lengkap.
  • Penggemar fotografi: Bagi yang gemar foto-foto untuk diunggah ke media sosial, kamera Zero 20 tergolong salah satu yang terbaik di kelas harganya.
  • Vlogger: Kamera depannya 60 MP dan sudah didukung OIS. Cocok untuk yang gemar nge-vlog.
Infinix Zero 20 1
Infinix Zero 20
Infinix cukup sukses meracik Zero 20 menjadi salah satu smartphone paling menarik di segmennya.
Desain
8
Performa
8
Kamera
8.5
Baterai
8
Harga
8.5
Reader Rating0 Votes
0
8.2

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button