Quantcast

Melihat Tahap Awal Kehadiran Rumah Pintar dari Samsung

Inovasi perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara kita berkomunikasi dan mengonsumsi data, tapi juga dapat mengubah cara kita hidup di rumah. Satu fakta penting, setiap hari kita menghabiskan banyak waktu di rumah. Maka tidak heran jika rumah perlu ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga nyaman dan membuat penghuninya betah.

Smart Things
Salah satu cara modern untuk membuat rumah lebih nyaman ditinggali adalah dengan menghadirkan perangkat rumah tangga yang pintar untuk memberikan kemudahan. Sepintar apa? Idealnya, semua perangkat tersebut akan dapat saling terhubung untuk memberikan kemudahan bagi penghuni rumah.

samsung-smart-home-concept

Contoh sederhana, pendingin udara akan dapat terhubung ke Internet dan dipantau dari jauh saat menyala. Atau sensor yang otomatis akan menyalakan lampu saat penghuni memasuki rumah atau mematikan lampu secara otomatis pada jam tertentu. Dan masih banyak skenario lainnya.

Sebagai salah satu produsen perangkat rumah terkemuka di dunia, Samsung rupanya telah menyiapkan platform untuk rumah pintar. Smart Things merupakan jajaran perangkat rumah tangga yang dikembangkan Samsung untuk mewujudkan konsep rumah pintarnya.

Tidak harus merk Samsung
Nah, Samsung Smart Things ini terdiri dari beberapa produk seperti Starter Kit, Hub, Motion Sensor, Multi Sensor, dan Power Outlet. Dengan jajaran produk tersebut dan jaringan Wi-Fi yang terhubung ke Internet, kamu bisa meningkatkan fungsi dasar perangkat di rumah menjadi pintar. Dipadukan dengan aplikasi SmartThings, pengguna bisa menambahkan perangkat, mendapatkan notifikasi informasi dari perangkat pintar, mengatur aksi otomatis, serta mengubah parameter perangkat yang terkoneksi.

Misalnya, kamu bisa menyalakan lampu saat sudah berada di luar rumah menggunakan ponsel. Atau memasang sensor gerak yang dapat memberikan notifikasi jika ada yang melewati suatu area di rumah.

Selain itu, Samsung telah menyiapkan beberapa perangkat rumahan seperti kamera keamanan, robot penyedot debu, serta berbagai produk rumahan pintar lainnya. Menariknya, sistem Samsung SmartHome ini tidak harus menggunakan barang bermerk Samsung.

Saat ini sistem SmartHome belum tersedia di Indonesia. Namun bagi yang kebetulan ke Amerika Serikat, bisa membeli modul Smart Things di sana.

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: