Quantcast
ReviewCamera RoomMobile GadgetSmartphone

Review Kamera Samsung Galaxy A55 5G

Smartphone Kelas Menengah yang Memiliki Beberapa Fitur Kamera Smartphone Flagship

Reader Rating1 Votes
1.2
8.1
Cek harga

Menjadi pengganti A54, Samsung Galaxy A55 5G hadir dengan beberapa peningkatan di sektor kamera. Ada beberapa fitur yang diturunkan dari Galaxy S24 Series seperti Super HDR Video dan Dual Recording. Ini menjadikan A55 sebagai smartphone kelas menengah dengan fitur kamera terlengkap dari Samsung.

Berikut spesifikasi kamera Samsung Galaxy A55:

  • Kamera Belakang : kamera utama 50MP, f/1.8, (wide), PDAF, OIS 12MP, f/2.2, 123?, kamera ultra lebar (ultrawide) 5MP, f/2.4, (macro), dengan dukungan mode video 4K@30fps dan penyetabil gyro-EIS
  • Kamera Depan : 32MP, f/2.2, 26mm (wide) dengan dukungan perekaman video 4K@30fps

Fitur kamera Samsung Galaxy A55 5G

Bagi pengguna Samsung, nyaris tidak ada yang berbeda dengan UI kamera A55 5G. Anda tinggal menggeser mode perekaman di bagian bawah, tepat di atas tombol rana. Untuk mengatur setting pengambilan gambar di tiap mode, Anda dapat mengaturnya di layar bagian atas. Ada mode Fun yang dapat menghasilkan foto dengan filter dan lensa Snapchat. Untuk mode pemotretan, ada Pro Video dan Pro Mode yang bisa mengatur setting fotografi dan videografi secara manual.

samsung Galaxy A55 5G dua warna

Hasil foto kamera Samsung Galaxy A55 5G

Kamera utama A55 20240313_150242
Kamera utama A55 20240313_153429
Kamera utama A55 food samsung a55

Kamera utama A55 20240421_151450
Kamera utama A55 portrait

    Tajam, detil dan kaya warna, hasil foto Samsung Galaxy A55 5G tergolong amat baik jika diambil di kondisi cahaya ideal seperti di siang hari di luar ruangan. Fokus juga dapat dikunci dengan cepat dan cukup akurat, sementara exposure juga termasuk akurat. Saat memotret subyek manusia, warna kulit dan detil pada wajah juga berhasil direproduksi dengan baik.

    Hasil foto Samsung A55 di dalam ruangan juga bisa diandalkan, selama cahaya masih cukup. Foto makanan dan mainan yang diambil dari jarak dekat juga dapat diabadikan dengan baik.

    Portrait Mode Samsung Galaxy A55

    Efek bokeh pada mode Portrait Samsung Galaxy A55 5G cukup menyenangkan untuk dilihat, walaupun masih kurang rapi jika memotret subyek dengan rambut yang kurang rapi. Kami merekomendasikan jangan mengatur efek Portrait di tingkat paling sempit agar efek bokehnya terlihat alami. Jika kondisi cahaya amat baik, kami juga anjurkan agar memotret dengan 2x zoom agar subyek terlihat lebih tirus.

    Mode Portrait ini juga bisa diaplikasikan ke benda lain selain manusia untuk mendapatkan efek bokeh. Anda juga bisa mengaplikasikan efek bokeh pada subyek manusia di aplikasi Photo saat melakukan editing.

    Portrait Mode A55 Portrait mode samsung a55 5g
    Portrait Mode A55 portrait mode samsung a55 2
    Portrait Mode A55 20240421_151507
    Portrait Mode A55 portrait mode samsung a55 two
    Portrait Mode A55 20240313_153519

       

      Hasil foto low-light Samsung Galaxy A55

      Night Mode A55| lowlight a55
      Night Mode A55 | night mode samsung galaxy a55
      Night Mode A55 | kamera samsung a55 malam hari
      Night Mode A55 |ultra wide night mode
        Seperti terlihat, detil dan tekstur obyek tetap terjaga. Perlu dicatat, foto dari jarak dekat biasanya akan tajam di bagian tengah dan menurun ketajamannya di sudut-sudut frame. Ini merupakan hal wajar yang ditemukan di produk fotografi dengan lensa kecil seperti smartphone.

        Beralih ke malam hari, hasil foto Night Mode juga tetap baik walaupun ada penurunan ketajaman dan detil sebagai efek pengurang noise. Namun jika hanya untuk dipajang di media sosial, hasil foto A55 masih memadai dan tidak memalukan. Bagi yang tangannya kurang stabil saat memotret, Samsung A55 sudah memiliki fitur OIS atau Optical Image Stabilization yang cukup efektif, termasuk di kondisi agak gelap sekalipun.

        Jika menggunakan kamera ultra lebar, hasil foto di malam hari akan terlihat cukup baik jika tidak diperbesar. Namun jika diteliti, detil dan ketajaman gambar menurun cukup drastis dibandingkan dengan kamera utamanya. Sebagai catatan, Night Mode akan lebih efektif jika memotret subyek tak bergerak. Ini mengingat Night Mode A55 akan mengambil beberapa gambar dan menyatukannya menjadi satu foto. Jadi jika subyek foto bergerak, maka subyek akan terlihat berbayang seperti foto dengan long exposure.

        Kamera ultra lebar Samsung Galaxy A55

        Hasil foto dari kamera 0,5x atau ultra lebar termasuk cukup baik, jika di kondisi cahaya melimpah. Tapi di saat kondisi cahaya meredup atau di dalam ruangan, detil dan ketajamannya langsung menurun. Begitu juga dengan saturasi warnanya yang sering terlihat pudar. Untuk itu, kami selalu menganjurkan menggunakan kamera utama saat mengambil foto dengan subyek manusia. Berikut perbandingan kamera utama dan kamera ultra lebar Samsung A55 .

        Kamera ultra lebar
        ultrawide samsung a55

        Kamera utama
        kamera utama dalam ruangan samsung a55

        Bagi yang gemar selfie, hasil foto kamera depan Samsung Galaxy A55 juga memuaskan. Terlihat efek Beauty yang menghaluskan tekstur wajah tapi masih cukup natural. Tentunya Anda bisa mematikan efek tersebut jika diinginkan. Berikut contoh hasil foto selfie Samsung Galaxy A55.

        Satu lagi keunggulan kamera Samsung Galaxy A55 terletak pada kemampuan rekam videonya yang baik, bahkan pada kondisi minim cahaya sekalipun seperti di video berikut.

        20240423_195815

        Untuk merekam video vertikal guna dipasang di Tiktok atau IG Reels, Samsung A55 juga bisa diandalkan. Bahkan hasil rekaman suara dari mikrofon internalnya juga cukup jernih seperti pada contoh video berikut.

        20240313_153330

        Dari hasil pengujian selama 1 bulan, YANGCANGGIH.COM menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy A55 5G merupakan smartphone seri A dari Samsung dengan kamera terbaik. Dibandingkan Galaxy A54 keluaran tahun lalu, hasil foto kamera utamanya kini lebih baik. Namun tidak demikian halnya dengan hasil foto kamera ultra lebarnya yang masih kurang tajam. Adanya fitur baru di sektor perekaman video juga membuatnya ideal bagi pengguna yang ingin hape dengan kamera bagus tapi hanya memiliki dana 6 jutaan rupiah. Singkatnya, Samsung Galaxy A55 5G juga layak jadi andalan para pencipta konten media sosial yang membutuhkan hape dengan hasil foto dan video keren.

        Kelebihan kamera Samsung Galaxy A55 5G

        • Hasil foto kamera utama bagus
        • Efek bokeh di mode Portrait cukup natural
        • Low light cukup baik, selama memakai kamera utama
        • Hasil video amat baik, dengan stabilisasi yang efektif
        • Dual Recording bisa menyimpan dua file video terpisah

        Kekurangan kamera Samsung Galaxy A55 5G

        • Hasil foto kamera ultra lebar kurang baik, terutama di kondisi minim cahaya
        • Efek bokeh Mode Portrait kurang rapi saat memotret subyek dengan detil kompleks seperti rambut panjang yang terurai
        • Pengurangan noise di kondisi minim cahaya mengikis detil di gambar
        samsung Galaxy A55 5G dua warna
        Review Kamera Samsung Galaxy A55 5G
        Dari hasil pengujian selama 1 bulan, YANGCANGGIH.COM menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy A55 5G merupakan smartphone seri A dari Samsung dengan kamera terbaik. Dibandingkan Galaxy A54 keluaran tahun lalu, hasil foto kamera utamanya kini lebih baik. Namun tidak demikian halnya dengan hasil foto kamera ultra lebarnya yang masih kurang tajam. Adanya fitur baru di sektor perekaman video juga membuatnya ideal bagi pengguna yang ingin hape dengan kamera bagus tapi memiliki dana 5-6 jutaan rupiah.
        Fitur & Performa
        8
        Hasil Foto
        8
        Hasil Video
        9
        Harga
        7.5
        Reader Rating1 Votes
        1.2
        8.1
        Cek harga

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Fitur & Performa
        Hasil Foto
        Hasil Video
        Harga
        Final Score

        Back to top button