Review ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Laptop gaming dengan performa kencang dan Hemat Daya

9.3

Di ajang Computex 2021 untuk pertama kalinya AMD mengumumkan platform AMD Advantage. Ini adalah standar baru laptop gaming yang mengusung semua teknologi dari AMD. Kini, laptop gaming dengan sertifikasi AMD Advantage dari para pabrikan mulai bermunculan di pasaran. Kami berkesempatan mencoba salah satunya yakni ROG Strix G15 Advantage Edition dari pabrikan ASUS. Bagaimana performa laptop gaming ini? Simak ulasannyas sebagai berikut.

svg%3E

Desain ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Di sektor desain ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition sekilas terlihat mirip dengan saudaranya ROG Strix G15. Material bodinya alumunium. Tapi, tampilannya terlihat lebih sporty dengan desain tekstur yang menyilang dari kiri atas dan Armor Cap berwarna merah di bagian sasisnya. Armor Cap ini bisa diganti. Tersedia tiga pilihan warna Armor Cap yakni merah, silver dan hitam.

Untuk menonjolkan aura gamingnya ASUS menyematkan pencahayaan LED RGB di bagian bawah bodinya. Pencahayaan RGB tersebut bisa diatur output warnanya sesuai selera.

Laptop gaming ini memang bukan kategori tipis dan ringan. Bobotnya sekitar 2,5 Kg. Sementara ketebalannya sekitar 2.72 cm. Di bodinya juga bisa ditemukan sederetan port konektivitas.

 

Port yang dibawanya antara lain satu port audio 3.5mm dan dua port USB 3.2 Gen1 Type-A di sisi kiri bodi. Di bagian belakang tersedia satu port USB 3.2 Gen1 Type-A, satu port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort / power delivery, satu port HDMI 2.0b dan satu port LAN RJ45. Di bagian kanan tidak ada port konektivitas. Satu nilai positif yang menjadikan pengalaman gaming lebih optimal karena tidak akan menggangu saat bermain game menggunakan mouse gaming.

Layar ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

svg%3E

Bagian layar juga sedikit berbeda dengan versi G15 standar. Panel layarnya hadir dengan bezel yang lebih tipis. Rasio panel layar ke bodinya mencapai 85%. ROG Strix G15 standar rasio panel layar ke bodinya sekitar 81.5%. Imbasnya, secara keseluruhan dimensinya bisa lebih ringkas sekitar 7% dari generasi ROG Strix sebelumnya meski sama-sama membawa panel layar 15 inci. Dengan bezel layar yang tipis laptop gaming ini memang tidak dilengkapi dengan webcam.

Untuk panel layarnya ROG Strix G15 Advantage Edition datang dengan panel layar IPS 15.6 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Refresh rate panelnya 300Hz lengkap dengan dukungan AMD Freesync.

Tampilan di layarnya amat baik. Gambar terlihat tajam dengan warna yang akurat dengan dukungan standar cakupan warna sRGB 100%. Bisa juga diandalkan untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video. Untuk gaming tentu amat memuaskan. Berkat refresh rate yang tinggi visual dilayarnya sangat minim blur dan terhindar dari efek tearing.

Keyboard dan Trackpad ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

svg%3E

Bergeser ke area keyboard ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition membawa keyboard bergaya chicklet. Keyboardnya ini sangat nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Keyboard tersebut juga telah dilengkapi dengan RGB backlit yang yang mendukung Aura Sync. Jadi, jika memiliki aksesoris gaming ROG seperti mouse atau headset gaming dengan fitur Aura Sync yang sama output warnanya bisa diselaraskan lewat Armoury Crate. Tersedia juga tombol kendali media yang tersusun rapih di bagian kanan keyboard dan beragam tombol pintas yang sangat fungsional.

svg%3E

Bergeser ke area trackpad, ukuran trackpad yang dibawanya cukup besar. Permukaannya dilapisi material matte yang terasa sangat halus. Respon touchpadnya ini dengan jari juga amat baik. Klik kiri kanan mouse juga nyaman ditekan dan tidak berisik.

Fitur ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Selain pencahayaan RGB dan Armor Cap yang bisa diganti, seperti laptop gaming ASUS yang lain di ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition juga bisa ditemukan Armoury Crate. Armoury Crate merupakan pusat pengaturan untuk laptop ini.

 

svg%3E

Beragam pengaturan yang sangat komplit bisa ditemukan di sini. Gamer bisa dimungkinkan untuk mengatur performanya otomatis dengan tiga opsi Silent, Balanced dan Turbo. Pengaturan Manual juga dimungkinkan. Selain, itu, tersedia juga pengaturan lain seperti mengatur pencahayaan RGB Aura Sync, melakukan pembaruan sistem hingga membuat profil yang bisa menyesuaikan skenario penggunaan.

Di sektor audio ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition telah membawa speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Performa audionya juga terasa cukup detil dan bertenaga saat digunakan untuk gaming atau menikmati konten multimedia.

Performa ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

svg%3E

ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition adalah laptop gaming pertama dengan sertifikasi AMD Advantage yang kami coba. Tapi, laptop gaming ini berhasil memberikan kesan yang sangat memuaskan.

Perlu diketahui ada beberapa syarat yang telah ditetapkan AMD untuk AMD Advantage. Paling utama prosesor dan kartu grafis yang wajib digunakan adalah kombinasi prosesor Ryzen Mobile 5000-series dan kartu grafis Radeon RX 6000M. Ruang penyimpanan juga wajib menggunakan SSD NVMe untuk waktu booting yang lebih singkat.

ROG Strix G15 Advantage Edition hadir dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dan Kartu grafis AMD Radeon seri tertinggi RX6800M 12GB. RAM yang didukungnya 16GB dengan opsi upgrade hingga maksimum 32GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia SSD PCIe Gen3 dengan kapasitas 512GB. Memang cukup terbatas untuk ukuran laptop gaming kekinian yang saat ini sudah mulai banyak menggunakan kapasitas 1TB.  Hasil benchmarknya sebagai berikut.

Dengan spesifikasinya tersebut tidak bisa dimungkiri ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition mampu menyajikan performa yang sangat kencang untuk beragam kebutuhan. Dari produktivitas, Gaming AAA, hingga konten kreasi bisa ditangani dengan tanpa masalah. Di pengujian gaming seperti Shadow of Tomb Raider, Cyberpunk 2077 dan Metro Exodus semua bisa dimainkan dengan lancar di pengaturan grafis paling optimal.

Satu hal yang sangat kami kagumi adalah sistem pendinginnya. AMD memang memasang standar tinggi untuk manajemen thermal pada laptop yang telah memenuhi standar platform AMD Advantage. Di pengujian gaming saat semua komponen berkerja maksimal sistem pendinginnya ini terbukti berhasil menjaga suhu laptop tetap stabil. Kipas pendinginnya juga relatif senyap.

 

svg%3E

Tidak hanya internal laptop, area permukaan keyboard juga bisa dijaga suhunya. Berkat IR sensor khusus temperatur keyboard bisa dipantau secara otomatis. Dengan begitu sistem pendiginnya akan memastikan area keyboard tidak panas. Hasilnya, saat gaming memang kami nyaris tidak merasakan sensasi hangat di area permukaan keyboardnya terutama di area WSAD. Menurut ASUS, sensor pintarnya ini bisa menjaga temperatur permukaan keyboard hingga dibawa 40 derajat celicius saat sesi gaming yang panjang. Secara keseluruhan kinerja sistem pendinginnya memang di atas rata-rata laptop gaming pada umumnya.

Baterai ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Keunggulan lain yang kami temui dari laptop ini adalah konsumsi dayanya yang sangat efisien. Salah satu syarat AMD Advantage memang mewajibkan waktu guna hingga sekitar 10 jam untuk memutar video. Pada prakteknya, untuk pengujian standar produktivitas harian saja kami bisa mendapatkan waktu guna nyaris 11 jam. Pengujian dilakukan dengan skema hanya bekerja dengan aplikasi notepad untuk mengetik, sesekali browsing, terhubung ke WiFi, mengaktifkan opsi battery saver, menggunakan mode Silent, tidak menggunakan backlit keyboard, mematikan LED RGB, dan tingkat kecerahan layar sekitar 30 persen. Tergolong tahan lama untuk sebuah laptop gaming.

Kesimpulan

Lewat AMD Advantage kali ini AMD memang berhasil menaikkan standar laptop gaming. Tidak hanya fokus pada performa, tapi juga pada manajemen thermal dan daya tahan baterai. Ini menjadikan laptop gaming AMD Advantage menjadi satu paket yang sangat optimal untuk gaming. ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition dengan AMD Ryzen 9 dan Radeon RX6800M menjadi salah satu buktinya. Laptop gaming ini memang sangat kencang. Namun, diimbangi dengan sistem pendingin jempolan dan daya tahan baterai di atas rata-rata. Jika Anda seorang gamer yang mengedepankan performa gaming sangat bertenaga, kinerja yang dingin, dan baterai tahan lama ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition wajib untuk dilirik.

ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition Cocok untuk:

Gamer hardcore: Kombinasi spesifikasi yang sangat bertenaga, panel layar 300 Hz dan sistem pendingin yang sangat mumpuni menjadikannya sangat ideal untuk memainkan game AAA di pengaturan grafis optimal.

Konten kreator: Berkat teknologi AMD Smartshift technology, kombinasi prosesor AMD Ryzen dan AMD Radeon mampu dioptimalkan menyesuaikan kebutuhan komputasi pengguna. Jadi, tidak hanya untuk gamer performanya juga sangat mumpuni untuk konten kreasi. Layarnya juga sudah mendukung 100% sRGB.

Gamer penggemar AMD: AMD Advantage menjadi jawaban penantian panjang para fans AMD. Gamer pada akhirnya kini bisa menikmati laptop gaming yang seluruhnya menggunakan teknologi unggulan dari prosesor dan kartu grafis AMD.

Kelebihan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition:
+ Performa sangat bertenaga
+ Desain menarik
+ Panel layar 300 Hz
+ Port konektivitas lengkap
+ Sistem pendingin sangat baik
+ Baterai tahan lama

Kekurangan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition:
– Kapasitas SSD relatif kecil untuk laptop gaming kekinian
– Tidak dilengkapi webcam

Jika Anda seorang gamer yang mengedepankan performa gaming sangat bertenaga, kinerja yang dingin, dan baterai tahan lama ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition wajib untuk dilirik. 
9.3