7 Aplikasi Android Pilihan Untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

Aktivitas kerja di kantor belum berlaku sepenuhnya. Sejumlah perusahaan masih memberlakukan sistem kerja bergilir. Beberapa hari di kantor, beberapa hari di rumah.

Selagi masih bisa bekerja dari rumah, tidak ada salahnya para wanita karier meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa meluangkan waktu 15 sampai 30 menit per hari untuk menambah keterampilan berbahasa Inggris.

Sesekali mengikuti tes juga penting, untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa. Berikut 7 aplikasi di Android yang dapat membantu Anda menambah keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

 

  1. British Council English Score

Aplikasi British Council English Score. (Foto: Britishcouncil.org)
Aplikasi British Council English Score. (Foto: Britishcouncil.org)

Sejak di rumah saja, Anda mungkin jadi jarang bersosialisasi dengan rekan-rekan ekspatriat. Jangan sampai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris jadi menurun. Ayo, tes kemampuan Anda menggunakan aplikasi British Council English Score.

Aplikasi ini menawarkan jasa tes Bahasa Inggris secara gratis. Waktu tes hanya sekitar 30 hingga 45 menit, hasilnya dapat diketahui dengan cepat. Tidak sampai 5 menit setelah Anda selesai menjawab semua pertanyaan.

Ada 4 kemampuan berkomunikasi yang diuji. Tata bahasa, kosa kata, membaca, dan mendengarkan. Hasil tes ditampilkan dalam bentuk angka dengan kisaran 0-599. Kemudian Anda juga bisa mengetahui nilai rata-rata dari 4 kemampuan berkomunikasi tersebut.

Nilai rata-rata ini akan dikonversikan ke nilai IELTS. Jika ingin mendapat sertifikat untuk kepentingan pekerjaan, Anda bisa membelinya setelah mengikuti tes. Pembelian dapat dilakukan menggunakan kartu kredit berlogo VISA atau Master.

 

  1. Duolingo

Aplikasi Duolingo. (Foto: Duolingo.com)
Aplikasi Duolingo. (Foto: Duolingo.com)

Duolingo juga bisa Anda gunakan untuk menambah kemampuan bahasa Inggris. Saat akan memulai kursus di Duolingo, Anda akan ditanya apakah baru pertama kali berbahasa Inggris atau sudah mengerti sedikit bahasa Inggris.

Jika menjawab sudah mengerti sedikit, aplikasi Duolingo mengharuskan Anda mengikuti tes untuk mengetahui level kemampuan berbahasa Inggris. Tes terdiri dari kemampuan mendengarkan dan menerjemahkan serta hanya menghabiskan waktu 5 menit.

Akan ada audio. Kemudian Anda diberi pilihan kata serta diharuskan menyusun kata-kata tersebut sesuai kalimat yang sudah didengarkan dari audio. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang hanya memiliki sedikit waktu luang untuk belajar bahasa Inggris.

Aplikasi Duolingo ini menyediakan fasilitas belajar bahasa asing dengan cara menyenangkan. Rasanya seperti belajar sambil bermain. Pengguna yang menjawab tes dengan benar akan mendapat bonus layaknya seperti ketika main gim. Selain bahasa Inggris, Anda juga bisa belajar bahasa asing lainnya seperti Prancis, Italia dan Jepang di Duolingo.

  1. VoA learning English

Aplikasi VoA Learning English. (Foto: Screenshot Google Play)
Aplikasi VoA Learning English. (Foto: Screenshot Google Play)

Biasa mendengarkan musik sembari kerja? Jika ingin menambah kemampuan berbahasa Inggris, Anda bisa menggantinya dengan mendengarkan audio belajar bahasa Inggris di aplikasi VoA Learning English.

VoA selalu menambah 2-5 audio baru setiap hari. Mulai tidak percaya karena merasa ada beberapa grammar yang terlupakan? Segarkan kembali ingatan Anda dengan mendengarkan audio Everyday Grammar bertema Expressing Annoyance. Ini adalah salah satu audio terbaru di bulan Juli 2020.

Selain audio, VoA Learning English menawarkan pula versi video. Sesuai namanya, Voice of America (VoA), cara pengucapan yang digunakan adalah bahasa Inggris berdialek Amerika.  Berencana mengajar bahasa Inggris? Ini adalah salah satu kelebihan VoA Learning English. Aplikasi ini menyediakan fasilitas belajar menjadi guru bahasa Inggris melalui audio dan video berjudul Let’s Teach.

 

  1. BBC Learning English
Aplikasi Audiobooks for English Language Learners.
Aplikasi Audiobooks for English Language Learners.

Jika VoA menggunakan dialek Inggris America, British Broadcasting Corporation (BBC) memakai Inggris British. Bahasa Inggris British masih mempertahankan ejaan yang lebih banyak berasal dari bahasa Prancis.

Salah satu contoh pelafalan yang berbeda adalah huruf ‘r’. Bahasa Inggris British tidak melafalkan huruf ‘r’ dalam kata, terutama pada akhir kata. Sementara dialek bahasa Inggris Amerika melafalkan huruf ‘r, dengan menggulung lidah ke belakang.

Aplikasi BBC Learning English menyediakan 3 program belajar, yaitu praktik harian (daily practice), keterampilan berbahasa (language skills) dan bahasa Inggris dengan tujuan spesifik (English for).

Daily Practice terdiri dari Everyday English, Business English, Learn with the news, dan Learn with drama. Language Skills mengajarkan Pronounciation, Grammar dan Vocabulary. Sama seperti VoA, BBC Learning English menyediakan pula program belajar bahasa Inggris bagi pendidik dan pendidik anak melalui kategori English for.

Jika hanya memiliki sedikit waktu luang, Moms bisa belajar bahasa Inggris melalui video English in a Minute. Video berdurasi 1 menit ini bagus untuk menyegarkan kembali memori dan kemampuan berbahasa Inggris dalam waktu singkat tanpa harus memutar otak. Untuk menguji daya tangkap selama menonton video English in a Minute, Moms bisa memilih menu Take a Quiz. Ini adalah kuis singkat yang hanya berisi 3 pertanyaan.

 

  1. Oxford English Listening Skill

Aplikasi Oxford English Listening Skill. (Foto: Screenshot Google Play)
Aplikasi Oxford English Listening Skill. (Foto: Screenshot Google Play)

Terlalu lama di rumah saja membuat Moms kurang bersosialisasi dengan rekan-rekan ekspatriat atau teman-teman yang biasa berbahasa Inggris? Dampaknya, kemampuan mendengarkan percakapan berbahasa Inggris jadi berkurang.

Tingkatkan kembali kemampuan mendengarkan Moms dengan aplikasi Oxford English Listening Skill. Aplikasi ini menawarkan beberapa pilihan seperti English Listening Test, English Listening Practice, Advance English Listening dan Listening with AudioBooks. Seperti VoA, audio pada aplikasi Oxford English Listening Skill dilengkapi pula dengan percakapan dalam bentuk teks.

Dengan begitu, Anda tidak hanya belajar mendengarkan, cara pengucapan sebuah kata, tetapi juga cara penulisannya dalam waktu bersamaan. Namun, jika ingin menambah kemampuan mendengarkan, Anda sebaiknya tidak membaca teks saat mendengarkan audio berbahasa Inggris.

 

  1. Audiobooks for English Language Learners

Aplikasi Audiobooks for English Language Learners. (Foto: Screenshot Google Play)
Aplikasi Audiobooks for English Language Learners. (Foto: Screenshot Google Play)

Salah satu cara menambah perbendaharaan kata ialah dengan membiasakan membaca buku cerita berbahasa Inggris. Cara ini efektif bagi Anda yang hobi baca novel. Tidak perlu repot berburu buku cerita ke toko buku.

Cukup unduh aplikasi Audiobooks for English Language Learners, Anda sudah bisa mendapat banyak buku cerita digital. Bahkan, aplikasi ini menyediakan 150 buku audio klasik berisi cerita-cerita legendaris yang dipublikasikan sejak tahun 1800-an seperti Alice’s Adventures in Wonderland.

Buku karya Lewis Carroll yang dipublikasikan pada 1865 ini dapat dibaca teksnya sembari didengarkan audionya. Untuk mendengarkan audio, Anda yang memiliki kemampuan multitasking dapat mendengarkannya sembari bekerja di rumah. Atau, saat jeda makan siang.

Audionya dapat didengarkan per bab. Satu bab hanya butuh waktu singkat, sekitar 12-13 menit.

  1. Hello! 500 English Conversations

Aplikasi Hello! 500 English Conversations. (Foto: Screenshot Google Play)
Aplikasi Hello! 500 English Conversations. (Foto: Screenshot Google Play)

Mulai tidak percaya diri dengan kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris? Kalau begitu, Anda bisa fokus belajar percakapan menggunakan aplikasi Hello! 500 English Conversations. Total, ada 500 macam percakapan di aplikasi ini.

Anda bisa menyegarkan kembali ingatan tentang percakapan sederhana seperti saat bertemu orang pertama kali, saat tersesat di jalan hingga menanyakan arah.

Percakapan bisa dipelajari melalui teks dan audio. Anda juga akan mendapat informasi mengenai definisi kata-kata yang ada di dalam percakapan. Kecepatan pemutaran audio bisa dipilih dari 0,5x, lalu 0,75x hingga 2.0x. Semakin besar kecepatannya, semakin besar konsentrasi yang diperlukan untuk mendengarkan audio.

Selain itu ada banyak pilihan frekuensi pemutaran audio percakapan. Beberapa pilihan antara lain hanya sekali putar, berulangkali sampai Anda klik Stop dan putar semua pelajaran terus menerus sampai audio terakhir selesai. Anda juga bisa memilih pemutaran otomatis selama beberapa kali.

Mengingat tiap aplikasi memiliki fungsi dan pendekatan yang berbeda, kami merekomendasikan Anda menggunakan beberapa aplikasi sekaligus.

Verified by MonsterInsights