News

Mencari Makanan Halal di Lokasi Wisata Manca Negara Dibantu Chatbot Pintar

Makanan halal merupakan keharusan bagi umat muslim. Akan tetapi, menemukan makanan halal ketika bepergian ke manca negara tidak semudah yang dikira. Bukan hanya toko yang menjualnya sedikit, lokasinya juga tidak mudah ditemukan – terkadang restorannya berukuran kecil dan terhimpit di antara bangunan lain. Sudah begitu, rasanya bisa jadi tidak cocok dengan selera.

Have Halal, Will Travel akan membantumu menemukan lokasi makanan halal di tujuan wisata manca negara.

Hal serupa sempat dirasakan oleh Mikhail Goh, seorang muslim yang belajar ke Korea Selatan lima tahun yang lalu. Akibat kesulitan yang selalu dialaminya tersebut, akhirnya Mikhail Goh membuat website informasi Have Halal, Will Travel (HHWT). Pada website tersebut, kamu bisa menemukan beragam restoran yang menyediakan makanan halal di beberapa destinasi wisata, seperti Seoul, Tokyo, Osaka, Kyoto, London, Singapore, Busan (Korea Selatan), Kuala Lumpur, Hong Kong, Maldives, Australia, dan tentu saja Indonesia.

HHWT Perkenalkan Chatbot Untuk Menjawab Pertanyaan

Tingginya popularitas Have Halal, Will Travel di kalangan pencari informasi makanan halal membuat pengelolanya cukup kewalahan. Pasalnya, banyak pengunjung yang menanyakan hal serupa dan sering dijelaskan berulang kali. Untuk menanggulanginya, HHWT memperkenalkan Sofia, Chatbot yang akan secara otomatis menjawab pertanyaan trivia yang sering ditanyakan.

Bila kamu masuk ke dalam website HHWT, kamu akan segera menemukan bar biru di bagian bawah halaman website. Pada bar tersebut tercantum nama Sofia, yang akan terbuka menjadi kolom chat bila kamu klik. Cukup tanyakan melalui chat tersebut dan Sofia akan memberikan jawaban serta link menuju artikel yang berhubungan. Misalnya bila kamu menanyakan Ramen halal di Tokyo (Ya, ternyata ada Ramen halal di sana), maka Sofia akan memberikan beberapa rekomendasi artikel yang bisa kamu kunjungi di HHWT. Semuanya dirangkum dalam kolom chat tersebut.

Tersedia 24 Jam Perhari, 7 Hari Perminggu

Sebagai Chatbot, tentu saja Sofia harus selalu siap untuk menjawab beragam pertanyaan yang dilontarkan oleh pengunjung HHWT. Untuk itu, Sofia selalu bisa dihubungi kapan saja. Berbeda dengan manusia yang perlu libur, Sofia dapat selalu dihubungi selama 24 jam per hari dan 7 hari per minggu.

Sofia akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan, seperti lokasi makanan tertentu.

Untuk pembuatan Sofia sendiri, HHWT menggunakan beragam tools yang telah disediakan pada teknologi Cloud dari Microsoft Azure, dengan bantuan mitra teknologi PleoData. Setelah itu, platform tersebut digabungkan dengan Language Understanding Intelligence Services (LUIS) supaya Sofia mampu mengerti hampir semua bahasa yang digunakan untuk bertanya.

Hal menarik dari pembuatan Sofia adalah digunakannya Application Programming Interface (API) dari QnA Maker yang merupakan bawaan dari Microsoft Azure. Hanya dengan menuangkan semua pertanyaan yang biasa ditanyakan, atau FAQ’s, Chatbot bisa langsung terbentuk. Menurut Rachel Tan, Managing Director PleoData, “Teknologi ini memungkinkan perusahaan apapun untuk bisa membuat sebuah chatbot yang berfungsi, hanya dalam waktu kurang dari 7 hari kerja, yang mana merupakan sebuah kemampuan yang cukup luar biasa.”

Setelah Chatbot terbentuk, HHWT merapihkan kontennya supaya selalu sesuai dengan waktu, dan juga membuatnya bisa menjawab pertanyaan sesuai konteksnya. Semua demi lebih mempermudah wisatawan muslim menemukan lokasi makanan halal yang enak di negara wisata tujuannya. Bila kamu bepergian ke luar negeri, kami sarankan untuk tidak melupakan Sofia!

Komentar

Beri komentar

Close