Quantcast

Review Xiaomi Redmi 4X: Fitur Komplit di Kelasnya, Harga Tetap Terjangkau

Cek Harga

Pilihan smartphone Xiaomi dengan garansi resmi di Indonesia memang belum banyak. Meski begitu, seri yang sudah tersedia saat ini merupakan andalan di kelas masing-masing dan terlihat cukup menarik jika dibandingkan dengan pesaingnya di range harga yang setara.

Selain Redmi Note 4 yang sudah kami review beberapa waktu yang lalu, untuk pasar Tanah Air Xiaomi memiliki Redmi 4X. Lebih murah, lebih ringkas secara ukuran, tapi tetap mengandalkan baterai besar dan hardware mumpuni di kelasnya.

Penasaran seperti apa keunggulan dari Xiaomi Redmi 4X? Simak ulasan kami berikut ini:

Desain standar khas Xiaomi

Nampaknya kita memang tidak perlu berharap banyak pada desain dari seri Redmi. Xiaomi menawarkan konsep yang kurang lebih sama tanpa ada terobosan berarti yang membuatnya berbeda dibanding generasi sebelumnya. Redmi 4X bisa dibilang sangat khas Xiaomi. Tampilan dari depan maupun belakang tidak banyak mengalami perubahan. Hanya saja, sudut-sudut ergonomisnya dibuat lebih membulat agar semakin mengikuti kontur tangan penggunanya.

Seperti biasa, Anda akan menemukan tiga buah softkey di bawah layar. Nilai minusnya ketiga tombol tersebut tidak dilengkapi lampu backlit untuk memudahkan penggunaan di ruangan gelap. Sementara di belakang, ada dua garis antena metalik di atas dan bawah yang sedikit menambah kesan premium. Sensor sidik jari terletak di bawah kamera, mudah dijangkau dengan jari telunjuk. Sementara grill speaker berada di sisi bawah, di sebelah port microUSB.

Secara keseluruhan desain Xiaomi Redmi 4X biasa saja. Bukan berarti jelek. Desain semacam ini terbilang ‘aman’ dan mungkin lebih gampang cocok dengan selera banyak orang. Untungya, Redmi 4X tampil lebih menawan dibanding Redmi 4A karena sudah menggunakan material metal. Bobotnya yang ringan (150 gram) dan ukurannya yang tidak lebar membuat smartphone ini pas di tangan. Terkait ketebalannya, 8,7 mm jelas bukan yang paling tipis di pasaran.

Satu hal yang wajib diperhatikan, cover belakangnya agak licin. Mungkin Anda akan membutuhkan casing tambahan agar Redmi 4X lebih mantap digenggam dan tidak mudah jatuh.

Layar cukup terang dan jernih

Xiaomi Redmi 4X memiliki layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD (720p). Tidak ada yang spesial dari layar ini. Intinya, layar tersebut sudah mencukupi untuk penggunaan sehari-hari. Terang dan cukup tajam dengan keluaran warna yang sedap dipandang.

Sedikit membahas soal tingkat kecerahan layarnya, pemakaian di bawah sinar matahari tidak terlalu mengalami kendala. Di setting maksimal, layar Redmi 4X tergolong mudah dilihat walaupun matahari sedang bersinar cerah. Sebaliknya, jika Anda ingin tingkat kecerahan yang lebih soft dan tidak membuat mata cepat lelah, Xiaomi juga menyediakan Reading Mode yang akan meminimalisir pancaran blue light. Warna dan saturasi dari layar ini juga bisa diatur sesuai kebutuhan.

Sama seperti Redmi Note 4, bar hitam tipis di sekeliling layar masih akan Anda temukan. Tapi selama ukurannya tidak terlalu lebar, menurut kami tidak terlalu mengganggu. Soal perlindungannya, sulit untuk mengetahui secara pasti lapisan kaca seperti apa yang digunakan. Informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber di dunia maya, ada yang menyebutkan ini adalah Gorilla Glass (tapi serinya tidak diketahui).

Beralih ke sektor audio, Xiaomi juga tidak membenamkan fitur unik untuk mengdongkrak kualitas suara yang dihasilkan. Speaker smartphone ini lumayan jernih dan lantang, dan masih lumayan enak didengar saat diatur ke volume tertinggi. Singkatnya, cukup untuk menemani Anda menonton video, mendengarkan musik, atau bermain games.

MIUI 8 yang sederhana

Sama seperti Redmi Note 4, Redmi 4X mengadopsi MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Belum ada informasi kapan update ke Android 7.0 Nougat akan didapat oleh smartphone ini.

Pengalaman yang kami rasakan kurang lebih sama dengan yang kami tulis di review Redmi Note 4. MIUI 8 cukup enak dioperasikan, tapi agak membosankan memang. OS-nya terbilang sederhana serta lumayan bersih dari bloatware (versi resmi untuk pasar Indonesia).

Fitur yang sangat berguna seperti Dual-Apps dan Second Space tetap hadir di sini. Dual-apps sesuai namanya memungkinkan pengguna memakai dua akun yang terpisah dalam satu smartphone. Misalnya dua WhatsApp, dua Facebook, dua BBM, dan seterusnya. Sementara Second Space memungkinkan pengguna memiliki dua profil yang terpisah yang masing-masing punya ‘ruangannya’ sendiri untuk aplikasi, file, dan galeri foto.

Kamera lumayan untuk media sosial

Masuk ke kamera, Redmi 4X mengandalkan sensor 13 megapixel f/2.0 di belakang lengkap dengan Phase Detection Autofocus dan lampu flash. Sementara untuk yang gemar selfie, ada kamera 5 megapixel f/2.2 di depan.

Penawaran yang wajar untuk sebuah smartphone seharga 2 juta rupiah. Hasil fotonya pun lumayan. Di outdoor dengan kondisi cahaya yang baik foto yang dihasilkan terbilang tajam meski kadang terlalu terang. Tinggal bagaimana mengatur titik fokus saja jika Anda menggunakan mode Auto.

Sementara untuk pemotretan di dalam ruangan atau kondisi cahaya temaram, Anda masih akan menemukan noise di sana-sini. Mengatur sendiri lewat mode Manual akan membuat hasil foto sedikit lebih baik. Meski begitu, tak banyak yang bisa Anda utak-atik selain exposure, ISO, dan white balance. Selain mode Manual, ada mode lainnya seperti Panorama, Beautify, HHT, dan Tilt-shift.

Untuk hasil jepretan kamera depan, Redmi 4X tergolong bisa diandalkan untuk selfie di kondisi cahaya yang terang. Lumayan tajam walaupun reproduksi warnanya tidak terlalu kaya . Untuk sekadar diunggah ke sosial media, kamera depan ini sudah mencukupi.

Untuk lebih menggambarkan bagaimana performa kamera dari Xiaomi Redmi 4X, simak beberapa momen yang kami abadikan di bawah ini: (Hasil yang lebih lengkap bisa diakses melalui akun Flickr resmi YangCanggih.com)

Hasil foto Xiaomi Redmi 4X (2)

Hasil foto Xiaomi Redmi 4X (6)

Hasil foto Xiaomi Redmi 4X (3)

Performa mulus

Kami cukup mengerti ketika melihat Xiaomi Redmi 4X dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor octa-core 1.4 GHz dan Adreno 505. Chipset tersebut tergolong bagus di kelasnya. Bahkan, mungkin inilah pilihan SoC yang paling tepat untuk sebuah smartphone seharga 2 juta rupiah.

Namun kalau dibandingkan dengan Redmi Note 4 yang dibanderol sekitar 400 ribu rupiah lebih mahal, terkadang sempat terlintas di benak kami agar menahan diri untuk merekomendasikan Redmi 4X. Sekadar informasi, Redmi Note 4 dipersenjatai Snapdragon 625. Singkatnya, kalau punya dana lebih, kenapa tidak sekalian beli Redmi Note 4? Tapi membeli smartphone tidak melulu soal performa, bukan? Lagipula, beda harga 400 ribu rupiah mungkin sangat dipertimbangkan oleh sebagian besar pengguna.

Meski begitu, secara keseluruhan performa Redmi 4X masih mulus untuk berbagai kebutuhan standar. Snapdragon 435 mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan bisa diandalkan. Untuk multitasking pun nyaman berkat RAM 3 GB. Menyimpan data juga tidak perlu khawatir cepat kehabisan ruang karena smartphone ini dibekali kapasitas 32 GB (ada slot microSD yang sayangnya hybrid).

Bagaimana untuk urusan gaming? Masih lumayan. Kami mencoba game Need for Speed No Limits yang ternyata berjalan lancar tanpa kendala. Namun untuk game yang menuntut grafis lebih tinggi seperti Injustice 2, kadang ada sedikit lag yang tidak terlalu mengurangi keasyikan bermain.

Berikut adalah hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari hardware yang dimiliki Redmi 4X:

Baterai mantap

Nah, ini yang kami suka. Baterai 4100 mAh yang sama kapasitasnya dengan Redmi Note 4. Melihat spesifikasi Redmi 4X yang lebih rendah, termasuk layar yang lebih kecil dari segi ukuran maupun resolusi, di atas kertas baterai tersebut akan mampu membuat smartphone ini menyala lebih lama dibanding Redmi Note 4.

Nyatanya memang demikian. Dengan pemakaian standar seperti browsing, chatting, sosial media, sesekali menelepon, main games, dan menonton video, sangat mudah bagi baterai 4100 mAh membuat Redmi 4X menyala hingga 2 hari.

Sayangnya, Redmi 4X belum memiliki fitur fast charging. Dengan baterai sebesar itu, smartphone ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk dapat terisi penuh dari kondisi di bawah 5 persen hingga 100 persen. Terakhir, kami tak lupa melakukan pengujian tambahan menggunakan aplikasi PCMark Battery Test:

Kesimpulan

Secara keseluruhan Redmi 4X adalah smartphone yang bagus di kelas harganya. Xiaomi lagi-lagi cukup berhasil meracik smartphone terjangkau dengan penawaran yang lebih menggiurkan jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Apakah kami akan merekomendasikan Redmi 4X? Ya, jika Anda memiliki dana terbatas. Namun jika punya dana lebih atau berniat menabung lagi sedikit, Redmi Note 4 yang memiliki spesifikasi lebih baik sayang untuk dilewatkan. Yang pasti semuanya kembali kepada kebutuhan Anda. Karena kami yakin, selain soal budget, tetap ada pengguna yang tidak menyukai layar 5,5 inci dan lebih memilih Redmi 4X karena ukurannya yang lebih kecil, tanpa terlalu mempermasalahkan perbedaan performa.

Dijual dengan harga Rp1.999.000, Xiaomi Redmi 4X cocok untuk Anda yang mencari smartphone terjangkau dengan fitur komplit di kelasnya, dan memiliki baterai yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian penuh (atau lebih).

Yang Canggih:

+ Build quality baik dengan material metal
+ Layar terang untuk penggunaan di bawah matahari
+ Sudah dibekali sensor sidik jari
+ Sensor cukup komplit
+ Kamera lumayan untuk pemotretan outdoor
+ Baterai bisa untuk 2 hari
+ Harga menarik

Yang Kurang:

– Softkey tanpa lampu backlit
– Cover belakang licin
– Belum didukung fast charging
– Dual-SIM hybrid

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X
SoC Qualcomm Snapdragon 435 dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
Layar IPS 5 inci HD
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang 13 megapixel f/2.0 (PDAF dan LED flash) / Depan 5 megapixel f/2.2
Baterai 4100 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth v4.2, A-GPS, GLONASS, WiFi b/g/n, microUSB
OS Android 6.0 Marshmallow (MIUI 8)
Fitur Sensor sidik jari, Dual-Apps
Dimensi 139.2 x 70 x 8.7 mm (150 gram)
Xiaomi Redmi 4X
Smartphone yang tergolong komplit di kelasnya dan didukung baterai berkapasitas besar
Cek Harga

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: