Quantcast

Teruskan Tradisi Laptop Tipis Bertenaga, Asus Perkenalkan VivoBook S510UQ

Kembali ke satu dekade silam, salah satu cara produsen komputer merancang laptop yang tipis dan ringan adalah dengan menggunakan layar berukuran lebih kecil. Maka tidak heran jika laptop yang tipis dan ringan didominasi laptop yang memiliki layar 13,3 inci dan 11,6 inci. Tetapi, meskipun nyaman dibawa-bawa, ukuran layar yang kelewat kecil kadang berpengaruh pada kenyamanan pemakaian. Mengambil konsep Ultrabook dan membawanya ke tingkat yang baru, ASUS memperkenalkan notebook dengan layar lega tapi tetap memiliki bodi yang tipis nan ringan.

Laptop 15,6 inci dengan bobot 1,7kg

ASUS VivoBook S510UQ hadir dengan layar berukuran 15,6 inci di dalam bodi yang hanya setebal 17,9mm dengan bobot sekitar 1,7kg. Ini merupakan terobosan yang positif mengingat kebanyakan laptop dengan layar 15,6 inci biasanya memiliki bobot sekitar 1,9kg atau lebih.

NanoEdge

Satu trik canggih yang dibenamkan ASUS ke dalam VivoBook S510UG ini adalah bingkai NanoEdge. Dengan bingkai layar super tipis (hanya sekitar 7,8mm) yang mengelilingi layarnya, ASUS mampu memasukkan layar 15,6 inci ke dalam chassis atau bodi laptop yang biasanya memuat 14 inci. Jadi walaupun ukuran layarnya mencapai 15,6 inci, bodi ASUS VivoBook S510UG akan terlihat seperti laptop 14 inci kebanyakan pada saat tertutup.

Keuntungan desain yang lebih tipis dan lebih ringan dari kebanyakan laptop 15,6 inci ini amat jelas. Pengguna akan lebih mudah membawanya saat beraktivitas di luar rumah, apakah untuk bekerja atau menikmati hiburan saat bergerak.

Performa mumpuni untuk keperluan hiburan

Untuk menunjang keperluan hiburan, ASUS telah menanamkan Splendid Technology ke dalam layarnya. Dengan teknologi ini, Anda bisa mengatur tampilan layar sesuai kondisi. Misalnya, Anda bisa menggunakan mode Vivid saat menonton film atau melihat foto agar warna yang ditampilkan lebih cemerlang. Bahkan Anda juga bisa mengatur berbagai aspek layar seperti brightness dan contrast secara manual.

Selain layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel), ASUS VivoBook S510UG juga dilengkapi kartu grafis Nvidia GeForce 940MX. Dipadukan dengan prosesor Intel Core i5-7200U dari keluarga Kaby-Lake dan RAM DDR4 sebesar 4GB, laptop ini akan lebih dari memadai untuk bermain game dan menjalankan aplikasi yang menuntut kinerja grafis tinggi lainnya.

Bicara soal kecepatan, ASUS tidak berhenti di situ saja. ASUS VivoBook S510UG juga telah menggunakan gabungan dua tipe penyimpanan sekaligus yang disebutnya dual-storage. Jika biasanya kita harus memilih antara SSD yang berkapasitas kecil tapi kencang dan HDD yang berkapasitas besar tapi lebih lambat, lain halnya dengan laptop ini. ASUS VivoBook S510UG telah dilengkapi gabungan antara HDD 1TB dan SSD 128GB. Jadi kalau butuh akses data cepat, simpan di SSD. Kalau butuh menyimpan data banyak dan besar, taruh di HDD. Praktis kan?

Fitur modern dan cukup lengkap

Hal menarik lain dapat ditemukan di sisi-sisi laptop. ASUS memberikan koleksi port yang cukup lengkap. Anda akan menemukan masing-masing satu port USB 3.1 Type-C dan USB 3.1 dan dua port USB 2.0. Selain itu juga ada port HDMI dan slot kartu SD.

Ada satu tambahan menarik pada touchpad. ASUS menyelipkan pemindai sidik jari atau fingerprint scanner di sisi kanan atas touchpad. Jadi tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi jika ingin masuk Windows. Cukup sentuhkan jari yang telah didaftarkan ke pemindai dan Anda akan langsung masuk ke Windows dalam satu sentuhan.

Untuk menjaga laptop tidak panas dan nyaman digunakan, ASUS membenamkan teknologi IceCool yang menggabungkan kendali kipas yang efisien, pipa panas tipis dan penataan jeroan laptop agar suhu pada tatakan tangan tetap ada di bawah 35°C. Fitur menarik lainnya terletak pada baterai. Anda hanya cukup menancapkannya ke listrik selama 49 menit untuk mengisi dayanya hingga 60%. ASUS juga mengklaim bahwa baterainya akan mampu bertahan 3x lebih awet dibandingkan kebanyakan laptop sekelasnya.

Harga menarik

Lalu berapa harga resminya di Indonesia? ASUS telah memasarkan VivoBook S510UG di Indonesia seharga Rp9.799.000 dengan garansi resmi 2 tahun. Harga yang amat kompetitif dan menarik. Tapi perlu dicermati bahwa paket ASUS VivoBook S510UG dibundel dengan Endless OS. Jadi jika ingin menggunakan OS Microsoft Windows, Anda harus menyediakannya sendiri.

Spesifikasi ASUS VivoBook S510UG
Sistem Operasi Endless OS
Memori 4 GB DDR4 2133MHz SDRAM
Layar 15.6 inci (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel dengan 45% NTSC dan 178? wide-viewing angle display
GPU NVIDIA GeForce 940MX 2GB GDDR5 VRAM
Penyimpanan HDD 1TB 5400RPM SATA HDD dan SSD 128GB SATA3 M.2
Konektivitas Multi-format card reader (SD/SDHC), VGA Web Camera, Wi-Fi 802.11 AC (2×2), Bluetooth V4.1, 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x USB 3.1 Type C port(s), 1 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 2.0 port(s), 1 x HDMI, 1 x Fingerprint
Audio Speaker Stereo 2 W dan mikrofon, ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 Cells 42 Whrs
Dimensi 361.4 x 243.5 x 17.9 mm (WxDxH)
Bobot 1.7 kg dengan baterai

Komentar

comments

No more articles
%d bloggers like this: