Quantcast
AplikasiKomputerTipsWeb Service

[Tips] Cara Mengopi Folder di Google Drive

Google Drive merupakan wadah yang sangat berguna jika Anda ingin menyimpan file atau dokumen penting. Semua fungsi yang biasa Anda temukan di aplikasi file manager bisa ditemukan di Google Drive, misalnya mengganti nama file, memindahkan lokasi penyimpanan antar foler, dan sebagainya.

google-drive

Meski begitu, ada satu fungsi yang tidak tersedia, yaitu menyalin (copy) sebuah folder. Anda memang bisa menduplikat file dengan cara klik-kanan di mouse pada file yang dituju, lalu pilih ‘Make a Copy’ atau ‘Buat Salinan’. Sayangnya, fitur tersebut tidak berfungsi untuk folder.

Untungnya ada cara mudah untuk melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan aplikasi web open source garapan Eric YD. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka website labnol.org/xcopy

2. Anda akan diminta untuk memberikan izin agar aplikasi tersebut bisa mengakses file Anda di Google Drive. Berikan aksesnya dengan memilih ‘Review Permission‘ lalu klik Izinkan.

Google Drive Copy Folder

3. Anda akan dibawa menuju halaman script.google.com. Pilih Folder yang ingin di-copy, lalu tentukan folder yang dituju secara spesifik.

4. Klik Copy Folder. Voila! Script tersebut akan berjalan secara background dan mulai meng-copy folder.

Mudah, kan? Selamat mencoba!

Back to top button