Quantcast
TipsWindows 10

[Tips] Menonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Background Windows 10

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa berjalan di background pada sistem operasi Windows 10 tanpa kita sadari. Jadi, aplikasi-aplikasi ini bisa tetap mengirimkan informasi, notifikasi, dan memastikan Anda mendapat pembaruan meski sama sekali tidak digunakan.

background apps Windows 10 1

Perlu diketahui setiap aplikasi yang berjalan di background pasti menyedot resource dari sistem PC seperti RAM, CPU, dll. Akibatnya kinerja sistem laptop secara keseluruhan bisa terasa agak lambat. Resiko lain jika online lewat hotspot menggunakan smartphone tentu saja akan menyedot paket data. Bahkan, dampak yang paling menyebalkan adalah aplikasi-aplikasi yang berjalan di background ini menyedot daya baterai sehingga baterai menjadi lebih cepat habis.

Nah, untuk bisa mengatur aplikasi-aplikasi yang berjalan di background pada sistem operasi Windows 10 caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Buka Settings
2. Kemudian pilih Privacy
3. Di jendela menu Privacy gulirkan tampilan ke bawah hingga menemukan menu Background Apps
4. Untuk menghentikan semua aplikasi yang berjalan di background Anda bisa langsung menonaktifkan tombol pintas Lets Apps Run in The Background.

background apps Windows 10 3

5. Opsi lain pengguna juga dimungkinkan untuk memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh berjalan di Background. Opsi inilah yang paling kami sarankan. Pasalnya, memang ada beberapa aplikasi yang menurut kami wajib tetap aktif berjalan meski di background. Aplikasi tersebut seperti misalnya aplikasi keamanan Windows 10 dan Antivirus. Keduanya penting untuk keamanan dan melindungi privasi. Selain itu, aplikasi Mail dan Calender juga boleh diaktifkan untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

Penting juga untuk diketahui menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di background bukan berarti Anda sama sekali tidak dapat menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut kedepannya. Aplikasi ini masih tetap bisa digunakan, hanya saja jika memilih untuk menonaktifkannya aplikasi tersebut tidak akan berjalan di Background saat tidak digunakan.

Selamat mencoba!

5 komentar

  1. ka mau tanya saya baru beli laptop dan sales nya menginstal autocad berhubung saya gak terlalu perlu saya uninstall tapi ada problem gak semua file dari aplikasi nya bisa dihapus saya udah coba ikutin tutorial di youtube tapi tetap gak bisa

  2. Sudah di turn off. Tapi saat buka task manager tampak ada 56 aplikasi bacground masih jalan, gimanain nih kakak

    1. @nyoman
      harus dibedakan antara proses yang berjalan untuk windows atau aplikasi. biasanya yang di atas aplikasi yang aktif. kalau yang background, harus dimatikan dari setting tiap aplikasi atau windows

Back to top button