Review AHApad: Huawei IDEOS S7 Slim [First & Exclusive!]

Bakrie Connectivity sebagai penyedia layanan broadband AHA tak hanya melempar pasar dengan produk modem dan smartphone saja. Hari ini (10/8) mereka meluncurkan produk tablet PC, bekerja sama dengan Huawei sebagai penyedia device IDEOS S7 Slim untuk versi CDMA (akhir pekan lalu Huawei juga melakukanpenjualan perdana device yang sama namun berjalan di jaringan GSM) setelah sebelumnya sempat hadir tablet Pixcom berbundling AHA di ICS 2011. Kebetulan saya berkesempatan untuk menjajal performa tablet Android ini lebih awal, sehingga bagi Anda yang tertarik bisa menjadikan review saya berikut sebagai pertimbangan.

svg%3E

Desain

Sejak mengetahui keberadaan adik dari IDEOS S7 ini beberapa bulan lalu, saya sudah menjulukinya “Si Putih nan Seksi”. Meski tak sepenuhnya dikelir putih, penampilan AHApad memang jauh lebih “menggoda” dibanding kakaknya tersebut dengan bodi belakang berwarna putih susu.

Tanpa melihat pada spesifikasi, saya melakukan “feel test” atas dimensi dan bobot AHApad. Meski sama-sama dibekali layar sentuh 7 inci, AHApad sedikit lebih ramping dibanding S7, lebih tipis dan lebih ringan pula. Ini dikarenakan Huawei membuang “kickstand” yang pada S7 terbuat dari besi, sehingga alhasil lebih “bersahabat” untuk dipegang dalam waktu cukup lama.

Bodi belakangnya ini terbagi menjadi 2 bagian, dipisahkan oleh garis metalik tempat kamera dan logo “Huawei” bersemayam. Bagian yang di-branded AHA adalah penutup atau cover baterai. Terbuat dari plastik cetakan, cover ini agak ringkih karena selain mudah kotor (walau sampai sejauh ini saya dapat dengan mudah membersihkannya pula), ia juga mudah tergores. Solusinya apalagi jika bukan penggunaan softcase kulit. Baterainya sendiri memiliki desain yang unik, di mana bagian konektornya dibuat menonjol sehingga ketika dipasang, ia akan terkunci dengan mantap dan tidak mudah terlepas.

Beralih ke bagian depan, perbedaan mencolok dengan pendahulunya adalah penempatan touch-sensitive button yang berada di sebelah kanan. Ini karena Huawei membuang tombol panggil, trackpad dan tombol tolak. Sedangkan pada bagian sisi kiri layar hanya diisi oleh kamera depan dan sensor cahaya.

Speaker, port miniUSB, HDMI dan Power

 

Port pengisi daya kini terletak di sisi atas sebelah kiri, sedangkan tombol powernya sendiri terletak di ujung kanannya. Huawei masih mempertahankan dual-speakernya di kedua sisi bodi. Jack 3.5mm tetap mudah diakses dari sisi kanan atas, sedangkan untuk menghubungkan tablet dengan perangkat lain bisa dilakukan dari sebelah kiri, di mana port HDMI dan miniUSB tersedia. Atau melalui universal dock yang terletak di sisi bawah, bersebelahan dengan slot microSD yang bersifat hotswap.

Paket Penjualan & Garansi

svg%3E

AHApad dibekali dengan berbagai aksesoris penunjang kinerja dan – ini yang saya sangat apresiasi – garansi menyeluruh terhadap semua komponen di dalam kotak. Meski begitu untuk mengejar harga jual yang lebih murah, Huawei maupun AHA tidak menyertakan kabel HDMI dan microSD dalam paket penjualannya. Bahkan earphone atau handsfree pun tak ada.

Selain perangkat, baterai, buku manual (berbahasa Indonesia), panduan aplikasi AHApad, panduan seru (quick guide) AHApad, kartu perdana (UIM card sudah terdapat di dalam device) serta garansi, AHApad menyertakan kabel USB bercabang 3: untuk keperluan pengisian daya (charger), miniUSB dan microUSB. Entah mengapa terdapat kabel miniUSB di sana, mengingat di sekujur tubuh AHApad sama sekali tidak terdapat port yang cocok.

Kabel-kabel tersebut memiliki kepala berupa colokan USB standar, di mana kabel untuk pengisian daya jauh lebih panjang dibanding 2 lainnya. Bentuk adaptornya sebenarnya cukup menarik, selain karena berwarna putih, lis merah yang mengelilinginya juga mempercantik tampilannya. Saya pikir lis ini akan menyala ketika saya melakukan pengecasan. Ternyata tidak.

Garansi menyeluruh

Nah, ngomong-ngomong soal garansi menyeluruh di atas, ternyata Huawei memberikan jaminan penggantian atau perbaikan tak hanya pada peranti utama (tablet minus baterai) seperti kebanyakan vendor pada umumnya, melainkan aksesorisnya pun juga diberikan garansi. Seperti baterai dan charger yang diberikan masa garansi 6 bulan dari tanggal pembelian, dan 3 bulan untuk kabel data dan handsfree. Tabletnya sendiri dilindungi selama 12 bulan masa garansi.

OS & Fitur

AHApad berjalan dengan sistem operasi Android. Jika saudara tuanya dibekali oleh Eclair yang dapat di-upgrade ke Froyo, maka versi Slim-nya ini sudah dibekali Froyo yang upgradable ke Gingerbread. Selain menu utama yang standar Android, user interface milik AHApad jauh lebih segar dibanding pendahulunya.

Menu utama

 

svg%3E
Menu utama

Layar utamanya dibagi menjadi 5 kategori: Beranda, Web, Hiburan, Komunikasi dan Favorit. Tiap kategori terdapat 2 halaman yang dapat dikostumisasi dengan shortcut maupun widget. Nah, widget yang disediakan Huawei ini termasuk atraktif, atau mereka sebut dengan “Emotion Widget”. Ada Emotion Bookmark (internet), Weather (cuaca), Email, RSS Reader, Foto, Jam, Kalender & Kegiatan, Memo, Musik, hingga Video. Semuanya bisa Anda maksimalkan menurut kategorinya masing-masing seperti widget musik & video di kategori Hiburan pada gambar di bawah.

Emotion Widget Musik & Video di Kategori Hiburan

svg%3E
Emotion Widget Musik & Video di Kategori Hiburan

Salah satu hal baru yang juga ditawarkan AHApad adalah adanya sistem cluster ketika kita tahan dan geser ikon untuk menjadi shortcut di layar utama, sehingga proses pengaturan letak tiap ikon menjadi lebih mudah dan rapih.

svg%3E

Cukup banyak fitur khas AHA dalam AHApad, mulai dari AHA CherryView yang memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality), AHA Games (permainan yang disediakan di situs khusus dari AHA dengan pembayaran tertentu), AHA Mail (akun surat elektronik AHA Anda), AHA myTV (menonton video streaming TV dalam negeri maupun luar serta live streaming beberapa TV lokal), AHA Office In The Box, AHA Shop, AHA Star, AHA Vibe, The Game of Life, serta masih banyak yang lainnya seperti Ngomik dan Halo Taksi.

svg%3E
Homescreen

Kontak dalam AHApad juga dapat disinkronisasikan dengan teman-teman di akun Facebok Anda. Foto kontak yang nampak pun akan selalu terbarui sesuai dengan foto profil mereka di Facebook, sedangkan di dalam tiap-tiap kontak akan mengikuti data yang telah mereka input dalam Facebook mereka, seperti nomor telepon dan email. Meski begitu, Anda juga dapat menambah atau menyuntingnya sendiri, kok!

Task Manager

Sedangkan salah satu fitur yang saya sukai dari tablet Huawei adalah Task Manager-nya yang tergabung dengan halaman Notifikasi. Keduanya mudah diakses dan sangat berguna dalam mengatur atau memonitor aplikasi-aplikasi berjalan, proses pengunduhan, hingga jalan pintas untuk mengatur WiFi, Bluetooth, GPS, Jaringan Ponsel, Data, Kunci Orientasi dan Tingkat Kecerahan Layar. Hemat memori, karena mungkin Anda tak perlu aplikasi Task Manager dari pihak ketiga lagi!

Ada beberapa parameter pengujian performa yang saya lakukan pada AHApad. Pertama yang saya nilai adalah kinerja dan respons device terhadap perintah. Beberapa bulan lalu saya berkesempatan untuk menguji prototype S7 Slim GSM di mana saya temukan bahwa perangkat tersebut sering mengalami lag jika kita memasukkan perintah tertentu seperti menutup aplikasi dari Task Manager. Nah, pada AHApad, hal ini sangat jarang saya temui. Hanya sesekali saja, itu pun waktu awal-awal AHApad baru digunakan.

Hasil Benchmark

svg%3E
Hasil Benchmark

Menguji kecepatan jaringan AHALalu saya melakukan benchmarking menggunakan aplikasi pihak ketiga Quadrant Standard (bisa diunduh gratis via Market) untuk mengetahui kinerja AHApad dalam menjalankan program dan grafis. Hasilnya tidak mengecewakan, karena AHApad masih berada di atas Samsung Galaxy S dengan skor 871. Wajar saja jika melihat spesifikasi AHApad yang didukung prosesor ARMv7 1GHz dan Graphic Processor Unit Qualcomm Adreno 200.

svg%3E

AHApad dibundling kartu AHA berbonus akses internet selama 60 hari dengan kecepatan maksimal 600Kbps, namun 7 hari pertama bisa digeber hingga 3.1Mbps. Jadi, saya pun menguji performanya dengan mengunduh aplikasi dari Market, membuka video di YouTube hingga melakukan tes kecepatan dengan aplikasi Speed Test yang saya unduh dari Market. Hasilnya? Proses unduh dapat berjalan mulus dan cepat sesuai dengan besaran file-nya. Ketika saya menonton video Adzan Maghrib di tvOne yang sedang ramai diperbincangkan pun, video tak pernah terhenti untuk buffering. Sedangkan hasil tes kecepatan menggunakan aplikasi SpeedTest cukup bervariasi, namun yang pasti belum pernah saya temukan mampu menyentuh angka 3Mbps baik unggah maupun unduh.

svg%3E
Asphalt 5

Tentu tak lupa saya mencoba performa grafis dan suara dengan memainkan game HD Asphalt 5 Free Version yang juga saya dapatkan di Market. Tidak berlebihan jika saya mendapat “feel” yang sama ketika memainkannya di Samsung Galaxy Tab 7″. Tanpa lag, grafis baik dan semburan suara dari dua speaker HiFi-nya yang sungguh berdinamika dapat memuaskan saya.

Kamera

Ada yang menarik di sektor ini. Banyak sumber termasuk GSM Arena menyebutkan Huawei IDEOS S7 Slim CDMA disokong kamera utama dengan resolusi 2MP, padahal pada perangkat yang saya uji memiliki pilihan resolusi hingga 3.2MP (juga tertulis di boks AHApad). Sayangnya, saya tak pernah cukup puas untuk hasilnya sejak generasi pertama mereka.

svg%3E
Indoor-Night

svg%3E

svg%3E
Outdoor-Day

 

Absennya fitur autofocus dan flash membuat hasil foto malam atau dalam kondisi kurang layar nampak kasar (grainy). Kontrasnya terasa berlebih, bahkan ketika foto outdoor di siang hari. Oh ya, Anda juga dapat menggunakan kamera depan dengan mengaturnya dari menu Pengaturan Kamera. Resolusi yang ditawarkan adalah maksimal VGA (beberapa sumber menyebutnya CIF).

Hasil videonya ternyata jauh lebih baik, selain didukung pula dengan pengaturan yang saya rasa sangat lengkap. Mulai dari yang standar macam efek warna, durasi (30 detik untuk MMS, 10 menit untuk diunggah ke YouTube, atau maksimal hingga 30 menit), White Balance, hingga kualitas video mulai dari D1, WVGA, VGA, CIF dan QCIF; Enkoder video (MPEG4 atau H264) dan Enkoder audio (AMRNB, QCELP, EVRC serta AAC). Gambarnya mampu tampil cukup smooth di ruangan bercahaya temaram sekalipun, sedankan kualitas audionya cukup jelas, jernih, serta dimainkan dalam 5.1ch surround. Cukup oke deh kalau dihubungkan ke HDTV via kabel HDMI-nya!

svg%3E

Kesimpulan

svg%3E

Dibanderol dengan harga Rp.2,888,000 membuat AHApad masuk dalam daftar rekomendasi saya untuk Anda yang mencari tablet alternatif dengan harga terjangkau keluaran vendor besar (meski berasal dari China) dan mutu yang baik. Apalagi bundling AHA dengan banyak bonus yang ditawarkan membuatnya sangat worth untuk dimiliki.

svg%3E

Sedangkan untuk daya tahan baterai, saya mengisi AHApad dari kapasitasnya 0% hingga penuh dapat bertahan selama seharian dengan pemakaian cukup sering untuk keperluan review.

Pros:
+ Layar 7″ kapasitif dengan multitouch dan grafis oke
+ User Interface yang segar & mudah digunakan
+ HiFi Speaker berkualitas baik
+ Desain keren (kecuali penampang depannya yang terlalu minimalis) dan ramping
+ Port HDMI
+ Baterai cukup awet
+ Gratis akses data dari AHA
+ Pilihan pengaturan lengkap pada kamera video
+ Hasil rekaman video baik
+ Akses internet relatif cepat & stabil

Cons:
– Tak disertakan handsfree, microSD dan kabel HDMI dalam paket penjualan
– Tak disertakan game HD
– Memori internal hanya sekitar 3.71GB (2.33GB + 1.38GB)

  1. batrai gua ilang…… kira kira ada gak ya kalau dibeliin………………… dan dimana

  2. Gun Mau tanya nih
    kenapa waktu pertama dinyalain munculnya cuma IDEOS aja berjam2 malah, g bisa masuk ke beranda alias g bisa masuk kewindowsnya???
    soalnya aku kemarin instal aplikasi yg tdk didukung n malamnya aku shut down eh paginya sdh g bisa masuk cm dilayar tulisan IDEOS aja ampe berjam2 g masuk2 gmn nih HELP

  3. gan mo tanya nich… gw punya s7 slim model 201u, kaya nya bm karna pake bahasa italia… ( salah beli kaya ane0, trus sekarang bermasalah, .. yaitu ga bisa di cas… indikator batrei menunjukkan batre tercas atau indikatornya bergerak dari kanan ke kiri ( jika tablet dlam kondisi hidup0 demikian juga jika di cas dalam kondisi, namun jika carger di lepas maka akan keluar pesan menyatakan batre kosong dan minta di cas …kenapa ya….

  4. cara setting internet di huawei ideos s7 slim pake kartu smartfren gimana ya gan caranya

  5. 1.mungkin OS-nya tidak stabil. coba di-upgrade saja.
    apakah “upgrade” disini maksudnya upgrade ke android 2,3 atau juga mungkin Gingerbread atau gimana?????
    2. Kalau mau upgrade apakah saya harus ke services senter Huawei ato gimana?
    3. Anyway, terima kasih banyak atas jawaban dan saranya. Semoga tuhan membalas kebaikan anda.

    1. 1.upgrade ke versi yang lebih tinggi. misalnya milik Anda versi 2.3.1 dan bisa di-upgrade ke 2.3.4, maka upgrade tersebut akan memperstabil kinerja tablet Anda. AHA Pad sudah Gingerbread (2.3) kok.
      2.ya, gratis kok.
      3.wah, terima kasih atas doa Anda. semoga saya dapat memberikan jawaban terbaik bagi pembaca yangcanggih.com.

  6. mau tny lg mas,aku kan uda hps aplikasi yg nga di maikan lg d sudut kanan atas beranda..tp kok stp 2-3 hr skl msh suka restart sendiri ..mohon bantuannya..

    1. 2-3 hari sekali? begini saja, coba hubungi service center Huawei terdekat di daerah Anda (daftarnya ada pada booklet di paket pembelian), lalu tanyakan apakah sudah tersedia upgrade OS untuk tablet tersebut. namun jika 2-3 hari sekali, saya rasa tidak terlalu mengganggu yah?

  7. Aku baru aja beli Ideos S7 slim tanggal 8 Feb tapi yang GSM, aku sebenarnya lebih tertarik yang CDMA sebab diantara semua operator yang bisa pake internetan cuman smartfren yang paling bagus signalnya dirumahku. Aku tinggal di Makassar dan untuk beli dan milih tablet CDMA masih susah sekali. Harus pesan dulu ke Jakarta.
    Pertanyaan saya adalah.
    1. Kenapa ideos punya ku sering sekali RESTART? Apa kira2 penyebabnya?
    2. Apakah tidak cepat merusak batrei kalau kita pakai sementara di charge?
    Saya kira itu aja, atas jawabanya saya ucakan terima kasih.

    1. 1.mungkin OS-nya tidak stabil. coba di-upgrade saja.
      2.dalam jangka panjang tentu saja iya, namun jika sesekali saja saya rasa tidak apa-apa.

      1. 1.mungkin OS-nya tidak stabil. coba di-upgrade saja.
        apakah “upgrade” disini maksudnya upgrade ke android 2,3 atau juga mungkin Gingerbread atau gimana?????
        2. Kalau mau upgrade apakah saya harus ke services senter Huawei ato gimana?
        3. Anyway, terima kasih banyak atas jawaban dan saranya. Semoga tuhan membalas kebaikan anda.

  8. cara upgrade tabled k spack yg lbih tinggi gmn mas..!
    cra-cranya gmn..!
    minta tlong y ajari..!
    pngen nambah ilmu mas..!

    1. wah, tidak bisa singkat mas. coba deh kunjungi komunitas khusus IDEOS S7 Slim CDMA ini di salah satu forum. di sana Anda bisa berdiskusi, sharing atau tanya-tanya lebih mendalam sampai puas, bahkan sesekali kopi darat.

  9. gan mau tnyak,apa di Huawei IDEOS S7 Slim tu ada tombol risetnya? kalau ada terletak di sebelah mna ya? mksi.

  10. mas maaf mau tanya lg yah,, root nya pakek superoneclick berapa yah soalnya udah tak root pakek 2.55 jg lom berhasil,, trus punya saya kok ngecaznya lama banget masak mulai jam 12 mlm sampek jam 7 pagi dari 19% kok cmn ngisi 85%. mohon pencerahanya, mksh bnyak

    1. soal pengisian baterai, apakah Anda mengecas menggunakan charger bawaan, yakni kabel data dan adaptornya? masalah seperti yang Anda alami biasanya terjadi karena kurangnya daya sehingga menyebabkan pengisian menjadi jauh lebih lama. hal ini terutama jika Anda tidak menggunakan kabel/adaptor/charger bawaan, atau mengambil sumber listrik yang banyak terbagi (steker yang menumpuk). solusinya, jika Anda sudah menggunakan charger bawaan, coba pindah lokasi sumber listrik. semoga membantu.

    1. pertama kali yang perlu dicatat adalah, kondisi tablet Anda harus dalam keadaan sudah di-ROOT. kemudian:
      1.unduh dan pasang aplikasi Root Explorer dari Android Market atau App Planet
      2.masuk ke aplikasi tersebut lalu buat folder dengan nama usb_device
      3.kemudian, unduh dan pasang aplikasi Q5 Memory Manager dari Market
      4.hubungkan flashdisk dengan kabel ke tablet, masuk ke aplikasi yang baru diunduh (Q5), pilih Mount File System lalu Rescan Device
      5.parameternya adalah; Block Device (dm-24), File System Format (vfat) dan Mount Point Name (usb_drive)

      semoga berhasil!

  11. Mass mohon pencerahan, sy ad rencana beli huawei ideos s7 slim 201u ini, dlam waktu dekat ini pertanyaan saya sebagai berikut :

    1. apkh huawei ideos s7 slim 201u udah bisa di upgrade ke 2.3 Gingerbread?
    ap kekurang2annya klo ud di upgrade ke 2.3 Gingerbread?
    2. Apkh sdh bisa di upgrade di service center resmi huaweinya? brp biayanya?
    3. Apkh huawei ideos s7 slim 201u sdh ad bhs Indonesianya?
    4. Jika bisa di upgrade ke 2.3 Gingerbread, apkh bisa Videocall via Internet (bkan pakai VOIP)?
    Many thks in advance yah Mas

    1. 1.sayang sekali belum ada informasi mengenai upgrade ke gingerbread. coba hubungi Huawei Service Center di nomor 021-63863766 (ITC Roxy Mas) atau jika Anda berada di kota lain, bisa informasikan kepada saya untuk cabang yang terdekat dengan kota Anda.
      2.jika dari poin 1 didapatkan informasi sudah bisa di-upgrade, tidak dikenakan biaya untuk layanan tersebut. namun berdasarkan pengalaman saya, Anda sebaiknya datang pagi agar bisa dilayani paling awal, karena prosesnya memakan waktu sekitar 2 jam. jangan lupa untuk mem-back up data-data Anda karena akan hilang.
      3.ya, sesuai peraturan Depkominfo, semua perangkat yang dipasarkan di Indonesia, harus memiliki opsi menu Bahasa.
      4.bisa ditanyakan sekaligus pada poin no.1. terima kasih kembali, semoga membantu. :)

  12. saya ingin memasang kartu smart di apa pad saya. gimana caranya ?
    saya juga ingin memasang custom rom atau naik ke 2.3 punya alamatnya ?
    Terimakasih.

    1. ada informasi mengenai AHA Pad yang dapat dipasangkan dengan smartfren. namun saya tetap merekomendasikan untuk tetap menggunakan operator bawaannya.
      berikut informasi HSC Jakarta (untuk kota lain silakan informasikan di sini):
      JAKARTA | ITC Roxy Mas lt.2 no.22 Jakarta Pusat, telp. 021-63863766 | Ruko Roxy Mas blok B1 no.9 Jakarta Pusat, telp. 021-63858088 | Jl. Rawa Gelam III No.8 Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur, telp. 021-46826081 | ITC Kuningan lt.4 blok A2 no.1 Jakarta Selatan, telp. 021-93577087 | ITC Cempaka Mas lt.4 blok C no.210 Jakarta Pusat, telp. 021-93577056 | PGC 2 Zona Biru lt.3 no.722 Cililitan Jakarta Timur, telp 021-92296266 | PGC 2 lt.3 no.642 Cililitan Jakarta Timur, telp 021 -30019603 | ITC Fatmawati lt.1 no.198 Jakarta Selatan, telp. 02193560773 | Jl. Boulevard Barat Daya blok LC VII no.14 Kelapa Gading Jakarta Utara, telp. 021-4525799/899 | Mal Ambassador lt.2A blok B no.1 Kuningan Jakarta Selatan, telp. 021-57939465 | Jl. Panglima Polim Raya no.116i Jakarta, telp. 021 72792277.

    1. coba sentuh dan tahan gambar yang Anda ingin simpan, maka akan keluar jendela pilihannya.

  13. siang mas, mau tanya lagi ni…bagusnya sewaktu kita cas hrs dimatikan atau boleh sambil dimainin ya???tq

    1. halo. untuk proses pengecasan, tak ada masalah jika sambil digunakan. namun secara logika, proses pengisiannya pun menjadi lebih lama. jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja, jika memang masih bisa ditunda, cas tablet dalam kondisi mati agar lebih optimal dan cepat. namun jika sedang “nanggung”, gunakan saja sambil mengecas. :D

    1. kemungkinan aplikasinya tidak stabil. apakah hal tersebut hanya terjadi ketika Anda “memainkan agak lama” satu jenis game saja atau hampir semua aplikasi? sebagai tambahan, jangan lupa juga untuk menyisakan ruang memori internal cukup besar serta menutup aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan agar kinerjanya dapat lebih stabil.

      1. hampir semua baik aplikasi maupun games..untuk mengetahui aplikasi yang akan di tutup liat di mana ya??terus sewaktu kita mau menginstal aplikasi atau games, bagaimana caranya untuk memilih di install di internal atau eksternal??makasih..

        1. 1. di sudut kanan atas pada halaman Beranda (Home screen) ada logo notifikasi. pilih dan Anda akan melihat pintasan pengaturan (bar atas), kolom pemberitahuan (bar kiri) dan task manajer (bar kanan). nah, lewat task manajer tersebut Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang masih berjalan. jika sudah tidak digunakan, sentuh saja logo ‘X’ untuk menutupnya.

          2. secara otomatis, aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal di kartu memori akan diinstal di sana. namun jika ingin lebih yakin, coba saja instal aplikasi yang memiliki fungsi App2SD (app to SD card) seperti Super a Tool Box ini.

  14. usb on the go tuh brapa an ya harganya
    ..gimana cara update android os 2,2 ke 2,3 di s7 slim,,,,……..
    mohon info nya ya …thank

    1. coba cari di Forum Jual Beli situs komunitas, biasanya ada yang jual dengan kisaran harga Rp 75-150 ribu. untuk update langsung datang saja ke Huawei Service Center terdekat.

  15. saya sudah beli usb otg tapi kok ttep tidak bisa liat file diflashdisk yah,, trus superuser saya kok error yah, superoneclick apa yg ccok untuk ideos s7 slim mohon petunjuknya,, makasih

  16. Gimana setting POP3 di Ideos S7 Slim supaya messagenya tidak hilang setelah master e-mailnya dibuka di laptop.

  17. bos mau nanya:
    1 apa beda aha cool pad,aha fix pad,aha pad soalnya harganya beda2.
    2 aha pad bisa dipake buat microsoft ga ya?
    3 kalo saya mau beli batrai tmbahan lagi berapa duit ya harganya?
    4 aha pad bisa bisa disambungkan sama flaskdisk/card reader/handphone lain ga ya?
    tlg dijawab ya bos…soalnya ane mau beli ni gadget bos…tq sebelumnya bos…adios

    1. 1.beda produk, vendor dan spesifikasi tentunya.
      2.maksud Anda OS Microsoft atau “Office”? kalau OS tentu tidak bisa diganti. namun kalau untuk keperluan office, bisa menggunakan aplikasi serupa yang banyak tersebar di Market.
      3.biasanya sih sekitar Rp.250 ribuan.
      4.bisa, ada yang jual di forum-forum kok. namanya USB OTG (on the go).
      terima kasih kembali, semoga membantu.

  18. Saya Pake Huawei Ideos S7 Slim,gadget yang saya idam2 kan. tinggal tunggu Versi 2.3 nya aja.solanya kalau pake Custom rom tampilan nya malah gak enak di lihat. ada Status Bar di bagian atas membuat pandangan semakin sempit. tampilan asli Huawei / AHApad sudah terbilang bagus. saran saya kalau mau kinerja cepat ( tidak Lag) jangan pasang Emotion Widget nya. dijamin sekali geser bisa kepleset… wkwkwkwk

    1. wah, saran yang bagus. tapi kalau menurut saya, beberapa emotion widget-nya justru memudahkan. memang sesuai selera sih.. :D btw, pakai yang GSM atau CDMA nih?

  19. Bung ane mo tanya tentang s7 slim,
    kalo ngirim atau nerima file pake bluetooth koq gagal terus,padahal udh di pairing sbelumnya?

    1. bisa gan, e-KTP yah tapi, yang ada chip-nya. tinggal gunting sesuai bentuknya dan disisipkan saja.. :D

  20. Mas, dikarenakan saya sering di daerah yang tidak ada sinyal cdma saya putuskan pakai yang versi gsm,

    ada pertanyaan mas, bagaimana cara supaya dapat setting proxy wifi, karena wifi dikantor saya apabila mau konek harus diseeting proxy dan portnya

    di huawei ideos7 slim yang saya pakai tidak ada proxy adanya ip statis, bagaimana cara supaya bisa setting proxy, terima kasih sebelumnya

    salam,

  21. gmn biar ahapadnya bisa tahan seharian? kasi tips donk…
    ahapadku hanya bisa idup ampe 5jam saja…
    apa yg salah:(

    1. tergantung kebiasaan pemakaian juga. kalau saya sih biasanya: 1.selalu menonaktifkan WiFi, Bluetooth dan GPS setelah selesai digunakan; 2.mengaktifkan “Data” hanya ketika ingin meng-update berita di RSS Reader, browsing, dsb.yang memerlukan hubungan ke internet namun sedang di luar jangkauan hot spot; 3.coba untuk menggunakan wallpaper statis. Live Wallpaper akan “sedikit” menghambat kinerja (seperti terjadinya lag) dan menguras baterai; 4.gunakan kecerahan layar paling minimum atau setel ke otomatis. layar adalah salah satu yang paling menyedot baterai. jangan lupa untuk setel “screen out” kapan layar akan nonaktif setelah interval waktu tertentu; 5.manfaatkan benar fungsi halaman Task/Tugas (jendela pojok kanan atas). saya selalu menutup aplikasi-aplikasi berjalan yang ter-list di sana dengan menyentuh simbol X. nah, semoga bermanfaat. jika sudah dicoba, share lagi yah bagaimana hasilnya. :) [jawaban ini sekaligus menjawab pertanyaan Arief di atas. mengenai layar, betul sekali IDEOS S7 White sudah menggunakan kapasitif sehingga mendukung multitouch.]

  22. Salam kenal mas,
    aku tertarik mau beli aha pad,karena kalau aku bandingin dengan tablet dikelasnya dia yang paling unggul, yang mau aku tanya,gimana performanya ketika kita melakukan video call ya mas, pakai skype misalnya,

    terima kasih

  23. Salam kenal mas,

    Ane baru dikasih ideos s7 tipe 105 white, berarti itu udah capacitive ya mas? ada solusi gak biar baterai gak boros, karena punya ane boros neh mas..
    kalo external memori yang benar micro SD up to 16 gb atau 32 gb?

  24. Mau nanya ya Gan …
    Huawei nya bisa untuk Video Call melalui no contact gak ya ?
    Mohon infonya …

    Thanks

    1. pertanyaan yang sama sudah pernah diajukan sebelumnya. untuk homescreen memang tidak bisa dirotasi, begitu juga menu utama. namun mulai dari sub menu hingga ketika menjalankan aplikasi, bisa dirotasi kok.

  25. salam kenal mas Rateka,

    saya mau nanya tentang aha pad ini, nah memory internal kan kecil, dan RAM yg 512, kira2 ntar lama2 ngaruh ke kinerja ga setelah banyak aplikasi yg terinstall….satu lagi aplikasi bs diinstall di memory eksternal atau harus di memory intenal?? klo di memory internal….waduh gaswat jg ntar…hehehehe.
    trims ya mas….good review.

    1. halo, bro aga. secara default sistem akan menyimpannya ke memori internal. namun jangan khawatir, di Market ada aplikasi “App2SD” yang bisa memindahkan aplikasi-aplikasi tersebut ke microSD, gratis! sedangkan soal kinerja, saya sesekali suka merasakan performanya melambat ketika dipakai cukup lama. solusinya sih cukup dengan restart biasanya sudah kembali normal.

  26. Salam kenal Bung Rateka,

    Ane mau nanya perbedaan yang paling mencolok antara huawei ideos S7 slim sama ideos7 yg biasa apa? Terutama dari spek’a.

    Thanks.

    1. salam kenal juga bung Noe. pertama yang paling mencolok adalah desain, di mana S7 memiliki ketebalan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan S7 Slim, termasuk adanya kickstand agar S7 mampu diposisikan berdiri dengan mudah. selain itu, secara default S7 disuntikkan OS Android versi Eclair (2.1) yang dapat di-upgrade ke Froyo; namun untuk keluaran terbaru nampaknya sudah Froyo semua yah (punya saya masih versi awal, namun sudah berhasil saya upgrade). ketiga adalah layar, di mana S7 masih menggunakan resistif (kecuali S7 White Series yang sudah di-upgrade ke kapasitif) dibanding S7 Slim yang support multitouch lewat layar kapasitifnya. terakhir adalah harga, S7 bisa Anda dapatkan di kisaran Rp.2 jutaan sedangkan S7 Slim masih di atas Rp.3 juta.

  27. mau tanya donkk.. spesifikasi beda huawei ideos s7 white series(bukan ahapad tp whiteseries special edition) sm yg slim itu apa sih??
    aku mw beli., cuma masih bingung..
    kalau beda spesifikasinya ga jauh sih mendingan beli yg white..
    kalau yang slim itu lebih mahall.. heee..
    makasih sebelumnya.. ^_^

    tolong diblas yaa..

    1. halo Ratih, maaf lama dibalasnya sampai kirim 2x. :) untuk spesifikasi produk yang Anda maksud kurang lebihnya: Google Android 2.2, Games 3D, H.264, MPEG4 (720P HD), Internal 8 GB, Web 2.0, MP3 , PCM, AMR, AAC, JPEG, BMP, PNG, GIFF, TIFF, UI emotion Widget, TFT 262K WVGA 800×480, HSPA 7.2 Mbps, Qualcomm Snapdragon 8250 1GHz, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR (A2DP), stereo Hi-Fi, MIC, Micro USB, Jack audio stereo, Slot SIM card, Gravity sensor, Trackpad optical, Sensor light, Kamera CMOS 2M pixels depan dan belakang, Baterai Li-ION 3.7V 2200mAh, Layar sentuh CAPASITIVE lebar 7 inci. jika dibandingkan dengan S7 Slim nampaknya hanya soal selera dan kebutuhan yah. jika S7 White masih mempertahankan kickstand, pada S7 Slim Anda harus menggunakan case tambahan untuk membuatnya berdiri. selain itu perbedaan terdapat pada dimensi dan bobot, plus UI S7 Slim yang lebih segar dibanding pendahulunya. namun S7 White series nampaknya patut dijadikan pilihan.

  28. mau tanya donkk.. spesifikasi beda huawei ideos s7 white series(bukan ahapad tp whiteseries special edition) sm yg slim itu apa sih??
    aku mw beli., cuma masih bingung..
    kalau beda spesifikasinya ga jauh sih mendingan beli yg white..
    kalau yang slim itu lebih mahall.. heee..
    makasih sebelumnya.. ^_^

  29. untuk jalanin video spt .mkv coba install MX Video Player. video 720p lancar ga gan?
    colokan HDMInya mini atau normal ukurannya?
    bisa colok flash disk ngga?
    terima kasih sebelumnya.

    1. halo bro Bambang. saya belum sempat mencoba menonton video dengan format tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga. untuk colokan HDMI bisa dilihat di foto-foto yang telah saya muat di Review, yakni menggunakan ukuran mini. untuk UTG (USB on The Go) baru akan saya coba dengan menggunakan konektor yang dijual di sini. terima kasih kembali. :) [UPDATE: saya hari ini telah mengunduh dan memasang aplikasi gratis dari Market tersebut lalu menjalankan film Battle of Los Angeles.mkv di AHApad. film dapat tertampil dengan lancar tanpa lag.]

    1. seharusnya bisa, mba Renni, karena tersedia universal dock di sisi bagian bawah tablet. kembali kasih. :)

  30. Salam kenal, mas Rateka… :)

    Pertanyaan saya cuma satu nih: screen IDEOS 7 Slim ini hanya bisa di posisi landscape dan tidak bisa di rotasi ke portrait yah?

    1. halo bro Adit. maaf nih ‘terselip’ sehingga lama responsnya. untuk secara default seperti pada homescreen, menu utama dan sub menu, tampilannya memang landscape walaupun kita sudah mematikan kunci orientasi. namun jika sedang menjalankan aplikasi dan dibutuhkan format potrait, tablet akan langsung menyesuaikan, kok.

  31. Mas Rateka,

    Menyambung pertanyaan beberapa teman tentang Flash nih. Minggu lalu saya nyoba aha-pad di counter aha ambassador dan penasaran dengan hal berikut :
    – Buka http://www.nissan.co.id gagal krn web tsb butuh flash 10.3
    – Masuk Market dan coba download Adobe Flash 10.3
    – Proses download selalu unsuccessfull, baik melalui koneksi internet EVDO maupun wifi (saya coba download software lain berhasil)

    Karena SPM/SPG yg ada waktu itu tidak mengerti hal-hal teknis dan handset demo yg kedua tidak bisa maksimal dicoba, maka saya jadi penasaran nih : sebenarnya penyebab kegagalan tersebut apakah :
    – Handsetnya tidak mendukung flash 10.3 (meskipun tidak terlalu butuh, tetapi kadang diperlukan juga)
    – atau Koneksi internet yang buruk untuk download

    Sempat maupun tidak sempat dicoba, tetap terima kasih

    Ari

    1. halo mas Ari, maaf yah agak lama responsnya. karena saya penasaran juga nih terhadap kasus yang dialami mas Ari, sehingga merasa perlu mencoba sendiri. oke, begini field report saya: saya mencoba membuka laman yang mas Ari maksud, http://www.nissan.co.id dan mengalami hal serupa (membutuhkan flash player). lalu saya ikuti tautan yang diberikan hingga sampailah saya di halaman market. saya pun langsung melakukan pengunduhan & instalasi.. hasilnya? berhasil. saya sekarang sudah bisa membuka laman Nissan Indonesia tersebut dengan lancar jaya. [tambahan: saya menggunakan koneksi WiFi, tethering dengan Samsung Galaxy S II]

      jadi kalau pertanyaan mas Ari, kira-kira apa penyebabnya? analisa saya adalah karena itu barang demo, maka mungkin banyak aplikasi terinstal di dalamnya. nah, besaran Adobe Flash Player 10.3 adalah 11.98MB, mungkin memori yang tersisa pada memori tablet demo tersebut tidak mencukupi. saya pernah mengalami hal ini ketika mencoba menginstal salah satu game di Market yang besaran file-nya cukup besar. demikian, semoga membantu.

  32. Yang ini apa udah bener mas:

    Memori internal hanya sekitar 3.71GB (2.33GB + 1.38GB)

    Saya punya Ideos Slim S7 yang versi GSM, ROM nya 3GB, SD Card Internal 5GB = 8GB totalnya

    1. tentu saja benar. saya memiliki screenshotnya kok. :) jadi kalau nunu mau dikirimkan ke alamat email nunu, bisa saya kirimkan.

  33. bos,,,tanya,,,bisa meningkatkan kemampuan grafis ideos s7 slim..??? krn wkt memainkan game PES 2011,,prtama main lancar,,stlh bbrpa saat terjadi lag/putus2….pa ada tips khusus supaya main games lbh lancar grafisnya?? makasih sblmnya.

    1. jujur saja, saya mengalami hal yang sama ketika memainkan game Alien Invasion yang diunduh dari Market. padahal game ini tak seberat PES atau game-game HD lainnya, namun semakin tinggi level yang saya mainkan semakin sering dan lama pula lag terjadi. saya rasa ini masalah hardware AHApad yang masih terbatas, karena solusi menutup aplikasi-aplikasi berjalan yang tidak digunakan pun ternyata tidak berdampak.

    1. halo eka. saya tidak menemukan lokasi penjualan resmi di situs http://www.aha.co.id, namun sudah dipastikan bahwa AHA men-cover wilayah Denpasar dan sekitarnya. untuk lokasi pembelian mungkin saya hanya dapat menjawab: di pusat perbelanjaan ponsel di sekitar Denpasar.

  34. jadi AHAPAD itu versi CDMa-nya Ideos S7 Slim yah mas?
    atau AHAPAD bisa juga pake kartu GSM seperti XL?
    Ideos S7 Slim gak bisa pake kartu AHA yah mas?

    1. mudahnya: Huawei IDEOS S7 Slim memiliki produk untuk 2 jaringan berbeda: GSM (yang dibundling dengan XL) dan CDMA (yang dibundling dengan AHA). apakah keduanya bisa saling bertukar kartu? ooo..tidak bisa… :)

  35. bos mau nanya nih…itu bisa buat nelpon n sms ga aha pad nya…sorry masih newbie nih…terima kasih

    1. bisa dong, ada slot RUIM-nya alias bukan sistem inject. jadi bisa ganti2 nomor AHA seperti menggunakan ponsel biasa. :)

    1. bagaimana, sudah ada yang mendapatkan AHApad dengan harga spesial di atas, kemarin? monggo, berbagi di sini..:)

  36. kabel hdmi nya bisa pakai kabel hdmi tipe D (seperti yang dipakai BB playbook)
    charger dengan 3 kakinya, bisa dipakai untuk mencharge beberapa tipe device, tidak hanya untuk ahapad. Jadi kalau punya device dengan mini usb port untuk chargingya, bisa pakai chargernya ahapad juga, cepet banget tuh penuhnya..

  37. Mas sudah dapet info, mengenai harga promo untuk huawei ideos slim ini, kalau sudah boleh tolong di share ?

    thanx b4

  38. mas, saya kan udah beli ahapad ini.. mantep banget lah overall..
    mu nanya gimana caranya factory reset ini tablet?

    1. wah, boleh dong bagi2 review singkat kepada teman2 di sini? :) untuk factory reset, silakan masuk ke Aplikasi (Menu Utama), pilih Pengaturan lalu masuk ke Pengaturan Privasi. nah, sudah terlihat kan di situ pilihannya?

  39. Terima kasi atas infonya mas,
    Boleh tambah pertanyaan, kalau AHA untuk unlimited perbulanan berapa ya?
    dan apakah ideos7 slim ini secara spesifikasi sama dengan ideos7 slim yan harga promosi saat launching seharga 1,9 juta(free unlimited internet 1 tahun dari xl) hanya beda gsmdan cdma saja. >>nyesel ga ikut beli.
    Kapan ada promo lagi ya??

    1. untuk tarif AHA bisa dicek di http://www.aha.co.id gan,mulai dari 80ribuan kalau tidak salah. namun saran saya sih pilih yang kecepatan maksimalnya hingga 3.1Mbps. sama kok dengan versi GSM,hanya beda di jaringannya saja.soal promo baik untuk yang AHApad maupun versi GSM akan saya tanyakan ke pihak AHA dan Huawei,karena beberapa hari lalu saat acara penandatanganan MoU dengan TAM,pihak Huawei Indonesia mengatakan sebelum Lebaran akan ada promo serupa lagi.

  40. Review yang mantap Mas Rataka!
    Mohon bisa diulas lebih mendalam mengenai aplikasi office-nya. Bisa untuk edit dokumen atau hanya sekedar viewer sebagaimana aplikasi bawaan AHATOUCH.

    Thanks!

    1. terima kasih mas ananta sudah mampir. mengenai ulasan lebih dalam, memang akan saya tulis dalam artikel terpisah dengan bentuk tips memaksimalisasi AHApad. namun karena masih ada produk yang harus saya review, jadi agak tertunda nih. ditunggu saja. :)

  41. hallo mas… untuk penggunaan operator Smart gimana? dari spesifikasinya hanya bisa EVDO 800MHz sedangkan EVDO Smart kalo ndak salah di 1900MHz yah? saya rencana sih bakal beli ni AHA Pad kalo Smart bisa lancar dipakenya di unit tsb..

    thanks a lot for the review…

  42. itu bener harganya di bawah 3 jt ? ko situs2 FJB banyak jual diatas 3,1 jt..
    BTW belinya dimana ?

    1. harga launching dan dari pihak AHA-nya memang segitu, gan.. kalau di FJB dijual lebih mahal, biasalah itu. jika tertarik dan ingin mendapatkan harga sesuai banderol, agan bisa datang ke AHA Zone di Koepoe-koepoe.com (Ambasador Lt. 2/36A), Newton cell (Ambasador Lt. 3/67), PROSHOP (Harco Mangga 2 Lt. 2), Willcom (Harco Mangga Dua blok B1 No. 90, Lt. 1 & blok A1 No 87, Lt. 1). untuk lokasi di kota lain bisa cek di sini.

  43. Mas Rataka,

    Kalau dibandingkan performa antara ideos 7 slim dengan dell streak 5″ bagus mana ya?
    (harga ideos7 slim 2,9 juta sedangkan dell 5″ 3,2 juta)
    dan apakah kedua nya bisa untuk mengedit microsoft office

    maklum newbie mas
    mohon pencerahannya

    1. saya coba bandingkan secara spesifikasi yah.. dari OS saat pertama kali launching (saya datang saat itu), DS5 masih menggunakan Donut (1.6). yang dijual di pasaran saat ini sih sepertinya sudah 2.2 alias Froyo, namun mentok di situ. sementara IDEOS S7 Slim di-launch dengan OS 2.2 yang upgradable ke 2.3. jadi secara potensi masih unggul IDOES S7 Slim. dari segi prosesor mungkin tidak banyak berbeda, namun memori jelas menang DS5 (16GB). begitu juga kamera, DS5 mendukung resolusi 5MP sedangkan IDEOS S7 Slim masih bermain di 3.2MP.

      namun kalau menurut saya pribadi, layar DS5 sangat nanggung, hanya 5 inci. bisa jadi seharusnya dia dimasukkan ke jajaran smartphone saja, jangan tablet (belakangan mereka menghadirkan Streak 7 yang lebih cocok disebut tablet). selain itu, IDEOS S7 Slim kan tablet keluaran anyar dibanding DS5 yang dirilis setahun lalu – dan harga yang masih lebih mahal pula. meski begitu, semua kembali kepada kebutuhan Anda sih. soalnya saya belum pernah mengoprek langsung DS5.

      sedangkan untuk mengedit berkas office, sudah banyak aplikasi gratis di Market kok yang bisa digunakan. malah di perangkat juga bisanya sudah terinstal, seperti di IDEOS S7 Slim yang memiliki aplikasi Olive Office Premium.

  44. Halo Mas Rateka Lee,

    saya mau tanya nih, untuk ideos s7 slim dan ahapad apakah sama2 uda ada fitur untuk pinch and zoom. Apa beda kelengkapan accesoris dari paket penjualan antara s7 slim dengan ahapad (cont : ahapad kan tidak dilengkapi handsfree sedangkan s7 slim uda ada di paket penjualan nya), thanks

    Salam Kenal
    Kevin

    1. halo bro kevin. pich to zoom ada kok karena memang sudah multitouch, dan prosesor 1GHz Snapdragonnya bikin zoom bisa dilakukan dengan lancar. soal kelengkapan asesoris, saya kurang tahu juga nih.. soalnya belum sempat “hands on” paket penjualan yang versi GSM. nanti saya coba tanya ke orang Huaweinya deh ya, jawaban akan saya update di sini.

      salam kenal juga.. :)

  45. mau tanya bos, bisa pake sim selain aha/esia ga, & kekuatan baterainya berapa lama, makasih atas infonya.

    1. bisa kok, karena device ini tidak dikunci. soal baterai seperti saya tulis di-review, maksimal dalam sehari pasti sudah habis. tergantung aktivitas dan setelan kecerahan layar juga sih.

  46. mantep reviewnya bos !!!

    ini pakenya snapdragron 8650 kayaknya.
    UI nya ga standar2 amat lah. mantappp..

    coba sekalian di bundling kabel hdmi, sampai rumah tinggal colok ke LCD bisa enak nonton film HD. :)

    ini hdmi nya udah mirror belum ya?

    1. UI yang saya tulis standar memang hanya bagian menu utama saja sih gan, karena sisanya benar-benar segar (kebetulan saya juga menggunakan IDEOS S7). menu utama-nya standar Android: background warna hitam dengan ikon aplikasi berjajar secara alfabetis dan diakses dengan cara digulir. tapi ngomong-ngomong soal film HD, saya sudah mencoba memasukkan beberapa file video dengan format mkv dan avi, ternyata tidak bisa dimainkan di sini. jadi hanya file video standar saja seperti MP4, namun resolusi yang dimainkan sudah bisa HD.

      1. thanks review nya mas rateka.. kenapa ya ga bisa play file mkv, bukannya kompatibilitas utk play itu dari software nya? selain itu dgn dukungan processor yg ada bukan harusnya kuat?

        1. wah, pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban nampaknya yah, bung ferdi? hehehe… karena saya juga tidak tahu mengapa secara default Huawei “memutuskan” tidak men-support file mkv untuk dimainkan.. namun bukan sama sekali tidak bisa, loh… karena bung Ferdi bisa menginstal aplikasi video player gratisan yang banyak tersebar di Market. lancar-lancar saja, kok. bahkan jika ada file teks-nya yang dimasukkan dalam satu folder, player tersebut dapat membacanya. btw, terima kasih kembali sudah meninggalkan komentar.

Comments are closed.