Review Smartfren Xtre@m EVDO HotSpot (EM781H)

70

Kami mendapat kabar bahwa agresivitas Smartfren dalam melempar pasar dengan produk ponsel, smartphone dan tablet, telah membuat banyak masyarakat “mengira” Smartfren bukan sebagai operator CDMA, melainkan vendor ponsel. Anggapan yang menarik mengingat dalam rentang waktu hanya beberapa bulan sekali, operator ini selalu hadir dengan produk barunya di luar layanan Internet maupun telepon/SMS.

Seperti Xtre@m EVDO HotSpot yang sempat kami ulas secara singkat lewat video hands-on saat peluncurannya beberapa waktu lalu. Meski bukan masuk ke dalam kategori smartphone, namun kemampuannya untuk berperan sebagai hot spot yang memancarkan jaringan WiFi ke sekitarnya termasuk hal baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. Karena itu, rasanya menarik untuk lebih banyak mengetahui performa dari ponsel yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp400 ribu tersebut.

Desain
HotSpot memiliki desain candy bar yang konvensional. Namun jika Anda memilih warna putih, kesan kaku tersebut bisa sedikit tereliminasi. Kaku bukan berarti jelek, loh. Karena, meski tebal hingga Anda dapat memoisiskannya dalam keadaan berdiri mengguanakan sisi sampingnya, namun bobot yang dimiliki tetap terasa sangat ringan.

Desain sederhana ini memang memiliki kelebihannya sendiri dan seperti ini sedikit banyak justru telah kami rindukan, mengingat selama ini kita lebih banyak disuguhi oleh smartphone dengan layar sentuh yang sangat mendominasi. Keypad yang berjajar rapih di bawah layar, lengkap dengan tombol navigasi 4+1 arah, seakan sedikit membawa kami ke masa lalu yang didominasi dengan ponsel berdesain serupa.

Selain tombol alfanumerik, softkey kiri/kanan dan tombol panggil (bergaris hijau) dan tolak (bergaris merah) yang sekaligus berfungsi sebagai tombol daya, Smartfren juga mendedikasikan tombol cepat akses ke Facebook lewat angka 1 yang zaman dulu lebih sering “dihuni” oleh akses ke fitur panggilan suara.

Di sisi atas, Anda akan menemukan jack audio 3.5mm, lubang tali dan ceruk kecil untuk membuka casing belakangnya yang terasa sangat plastik. Sementara di sisi belakang, terdapat kamera digital yang didampingi dengan speaker dengan tiga garis lubang dengan pola layaknya tombol ekualiser. Sisi lainnya yakni kiri, kanan dan bawah tak terdapat instrumen apapun alias polos saja.

Fitur
Sama seperti lini smartphone dan tabletnya, saat dinyalakan maupun dimatikan, ponsel akan memainkan “jingle” khas Smartfren namun dalam durasi lebih panjang disertai dengan slideshow keunggulan fitur yang mereka tawarkan seperti menelepon gratis ke sesama, gratis facebook & twitter-an, masa aktif 1 tahun serta tarif murah per detik ke operator lain. Bagi kami, hal ini terasa positif karena tak monoton pada logo Smartfren saja seperti selama ini.

Layar pada HotSpot terasa nyaman dipandang baik di dalam ruangan maupun di bawah matahari langsung. Setali tiga uang dengan keypad alfanumeriknya yang terbuat dari plastik tersebut. Tingkat membalnya cukup nyaman saat digunakan mengetik, dengan lebar yang cukup serta pemisah di setiap barisnya sehingga tidak terlalu rapat dan meminimalisir kesalahan ketik. Meski begitu, tetap saja, penggunaan mengetik pesan panjang akan membuat ujung jempol terasa sedikit sakit.

Beberapa fitur yang disematkan ke dalam HotSpot adalah Smartfrenku, tempat Anda mengecek pulsa, masa aktif, hingga melakukan aktivasi paket Internet. Lalu Mobile Email untuk menggunakan akun Gmail dan Yahoo, Media Streaming dengan subpilihan YouTube serta TV & Radio Streaming, Jejaring Sosial untuk para Facebooker, Tweeps dan Kaskuser, Permainan dengan 2 pilihan game yakni Catur Kongming dan Permainan ingatan, Alat mulai dari Catatan hingga UTK, Konektivitas dengan 3 pilihan akses: Hotspot, Bluetooth dan Mode modem, serta fitur standar lainnya.

Unik memang, karena HotSpot meski memiliki kemampuan tethering layaknya mini router atau smartphone Android yang akan memancarkan jaringan nirkabel WiFi untuk dipergunakan oleh device lain, namun tidak memiliki fitur WiFi itu sendiri yang dapat “mengambil” sinyal dari pemancar lain sehingga Anda bisa berinternetan secara gratis. Sisi positifnya, harga jual bisa sangat ditekan. Dari harga Rp599.000 menjadi hanya Rp399.000.

Performa
Meski berharga murah, tak bisa disangkal HotSpot memang mengedepankan fitur multimedia sebagai nilai jual utamanya. Dimulai dari performa streaming, selama Anda mendapatkan sinyal EVDO dengan cukup baik, maka hal ini tak menjadi masalah. Meski catatan harus sedikit diberikan pada streaming TV, karena selain kualitas gambar yang memiliki bitrasi sangat rendah sehingga terlihat pecah, “buffer” atau terhentinya siaran masih kerap terjadi meski tidak terlampau sering dan lama. Bitrasi siaran yang kecil dapat dipahami untuk menghemat bandwith, sementara kemampuan streaming di ponsel dengan kisaran harga seperti ini merupakan suatu hal yang patut diapresiasi.

Sementara masuk ke Multimedia, media player HotSpot memungkinkan Anda untuk memutar file musik dengan harus sedikit repot: sistem tak mampu (atau tak “mau”) membaca berkas-berkas yang didukung secara otomatis baik pada telepon maupun kartu memori, sehingga Anda harus memasukkan file-file yang Anda ingin mainkan ke daftar putar alias Playlist. Untungnya, terdapat pilihan “pilih semua” yang akan menandai seluruh file dalam satu folder.

Ketika mulai memainkan salah satu lagu, kami cukup terkesima. Sekali lagi, untuk ponsel dengan kisaran harga di bawah Rp500 ribu, keluaran suara dari speaker yang dihasilkan tergolong solid dan berdinamika meski diset ke volume tertinggi. Speaker HotSpot tak hanya mengedepankan power atau kerasnya suara seperti ponsel China kebanyakan, sehingga kuping tidak cepat terasa lelah.

Tethering atau hot spot pada ponsel ini mampu berjalan dengan baik dan cepat. Anda bahkan bisa mengaktifkannya dari halaman Beranda dengan menekan softkey kanan. Selama proses berlangsung, Anda juga tetap dapat mengakses beberapa menu utama. Namun sayangnya, meski pada acara peluncurannya disebutkan bahwa fitur hot spot tersebut juga memiliki sistem keamanan password yang akan melindungi jaringan kita “bocor” ke perangkat tak dikenal, kami tak berhasil menemukan di mana pilihan pengaturan keamanan tersebut berada.

Sementara untuk baterai, kami menilai selama proses review, penggunaan daya pada HotSpot tergolong hemat selama Anda tidak menggunakannya untuk tethering atau hot spot. Penggunaan untuk menelepon, Internetan dan mendengarkan musik sebentar memungkinkan baterai HotSpot bertahan lebih dari sehari.

Beralih ke kamera, Anda akan mendapatkan resolusi maksimum 1MP (1280×960) dan VGA (640×480) sebagai pilihan alternatif, serta ukuran yang akan mengikuti resolusi layar untuk memudahkan Anda menetapkannya sebagai wallpaper. Sementara untuk video, hanya disertakan satu ukuran yang tak dapat diubah. Sayangnya untuk video playernya agak terbatas dalam memainkan file-file tertentu.

Tak hanya sekedar kamera, Anda juga diberikan berbagai opsi untuk memberikan variasi pada hasil foto Anda. Apakah itu pengaturan Kecerahan, Efek (Standar, B/W, Foto Tua dan Balik), Keseimbangan putih, Kualitas, Bunyi kamera hingga Timer otomatis pun tersedia. Hasilnya bisa Anda simak pada galeri berikut ini.

Foto

Luar ruang
photo1107152644 photo1107152632

Dalam ruang
photo1107152856 photo1111082915

Video

Kesimpulan
Smartfren Xtre@m EVDO HotSpot menawarkan hal baru dalam dunia ponsel tanah air dengan kemampuannya berlaku sebagai hot spot untuk maksimal 5 perangkat sekaligus. Dengan harganya yang ekonomis, fitur lebih pada HotSpot tersebut harusnya mampu menarik perhatian calon pengguna terutama mereka yang membutuhkan jaringan data berkecepatan tinggi untuk digunakan pada smartphone maupun laptop. Atau sebagai ponsel kedua untuk back-up jikalau paket data pada smartphone atau tablet PC mereka habis.

Yang Canggih
(+) Desain dan pilihan warna menarik
(+) Keypad & layar nyaman digunakan
(+) Fitur hot spot dengan jaringan EVDO Rev.A
(+) Harga murah
(+) Speaker oke

Yang Kurang
(-) Hasil kamera standar
(-) Fitur hot spot tanpa opsi keamanan (password)
(-) Video player terbatas, audio player cukup merepotkan

Komentar

comments

70 KOMENTAR

  1. hp hotspot ku smartfren haier EM 781H 5.6 gak bisa buat facebookan.. minta aplikasi fb untuk hp ini dong.. pleeeeeeassse thxs.

  2. saya mau pakai HP nya sebagai modem, tapi kok ga bisa install di Computer ku
    solusinya gimanaya?

  3. Aku pakai Extream hotspot tapi kalo dipake sebagai modem via USB kok susah konek sih ya, padahal instal driver dll, kayaknya udah lulus. kalau pake Hotspot, lancar banget. ada yang tahu masalahnya, bantuin dong…..

  4. saya pake ekstrim hotspot via USB Modem kok nggak mau nyambung ya, selalu gagal. padahal instal drivernya dah lulus semua,. kalo dipake hotpsot lancar banget. mohon bantuannya

  5. Driver modem dan petunjuknya kan ada di situsnya smartfren. di buku petunjuknya kan di kasih tahu, kalo drivernya musti donlut di situ.

  6. Maaf nih aku jg below EM781H kok blm bisa dipakai modem. Tolong buatin softwarenya doang.. Biar smartfren sesuai tulisan during dos buk nya…. Oke.. ditunggu…

  7. satu lagi kelemahan si xstream hotspot adalah : NO JAVA application!!!!!!!
    kenapa justru si kakaknya (xstream biasa) malah memiliki fitur tersebut.

    Kelebihan tambahannya : Battery mirip keluarga Nokiyem, so kalo nantinya susah cari baterenya, bisa kita akalin dikit! 😛

  8. saya baru beli smartfren hotspot
    dan bisa kok saya kasih password hotspotny
    ini yg ngereview gimana si?

    • betul, memang bisa. sudah ada yang memberi komentar sebelumnya dan sudah saya komentari. terima kasih atas perhatian Anda. 🙂

  9. maaf nih bos, anda jual barang makin mahal kok makin ancur….gimana sih Smartfren anti lelet ini….dn tolong komentar2 kritik juga harus ditanggapi dong…profesionallah bung…makasih

  10. smartfren di daerah randu blatung blora jateng kurang sip,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,masih luuueeeemmmoooot gimana cara biar ndax lemooott

  11. Mas driver untuk modemnya ga ada ya??
    katanya plug & play,, ko ga muncul2??
    OS win 7…
    thank’s sblmnya…

  12. hp smartfren evdo E781A kykna yg lebih memuaskan. cuma media streamingx trnyata bayar alias gag gratis… tp dr segi performancex udah bagus. utk masalah audio yang didengerin pake earphone, emank gag bisa keras alias pelan banget suarax. tp kalu didengerin langsung (gag pake Earphone), suarax bagus bgt, bersih.
    kesimpulanx, aq puas bgt make smartfren xtream evdo E781A…

  13. perlu saya sampaikan melalui tulisan ini up to 14 mega itu lucu juga kedengarannya , saya selalu isi volume based connex evo mode dengan modem mini router rev b tapi hanya bisa maksimal di 1 sampai 2 mbps antara jam 1 malam sampai 6 pagi saja lain itu naik turun sampai ke level menggemaskan, berarti terjadi pembatasan lebar data yg tersedia apabila banyak pemakai lelet apabila sepi pemakai lumayan tidak lelet .dan lokasi sayapun di tengah kota bogor yg tidak beralasan kalau tidak dapat sinyal bagus.jadi bukan masalah sinyal .. mohon iklan dan realisasi dijalankan dengan benar …

    • dalam waktu dekat kami akan merilis artikel “investigasi” kecil-kecilan terhadap cakupan jaringan EVDO Rev.B Smartfren. semoga saja dapat menjadi gambaran yang berguna bagi kita semua.

  14. Saya beli hp smartfren xtream bulan juli 2012, lah 2 bulan kemudian OPERAMINI 6 nya RUSAK.
    Udah ga bisa dipake. .
    kenapa bisa gitu ya?
    aku tanya ama tmen2 yang lain juga gitu.
    Apa operamini 6 nya cuman trailer?
    plis solusinya.

    • Mampir aja ke forum kaskus, disana dijelasin cara perbailinya. Sy jg gtu n skrg dah lancar lagi

  15. ane beli hp yang kaya gituan Smartfren Xtre@m EVDO HotSpot (EM781H)kacau ni hp, aplikasinya ga menariiiiik banget… audio, tv, dan lain2nya ancur banget deh parahnya lagi browser bawaannya kacaw tidak simpel…di instal opra mini ga mau alias tidak bisa
    PAAAAAAAARAAAAAAAAH!!!

  16. saya beli sudah banyak pulsa, tapi kupon rejeki nya 312 terus…benarkah ada program smartfren ini?

  17. gan ane udah punya extre@m evdo rev-a yg 299 lumayan ok sih kamera 2mp layar 2.4″ 240×320 pixel. Sayangnya gada hotspot wifinya. minat beli extre@m hotspot tapi yg mw ane tanyain resolusi layarnya berapa, n luasnya berapa inch?

  18. Saya pakai exstream E781A,,kenapa ya USB nya dicolokkan ke PC/Laptop kadang-kadang bisa konek dan kadang-kadang not recognized,,,

    • berarti ada yg salah dlm port USB ato kabel USB. Kadang juga krn kabel yg menghubungkan HP dgn Kompi ato lappy goyang/tersentuh.

      Coba refresh lagi driver-nya.

  19. kenapa smartfren jambu ketika melihat hasil foto langsung mati dan selalu melepas battrey bila ingin di on kan lagi

  20. hotspot untuk daerah Maguwoharjo ngemplak sleman, daerah desa gebang.. saya masih mengalami keleletan nya, niech. lalu saya coba pasang hotspot diluar dengan ketinggian 3m, masih susah jaringanNya, Ketentuan dan Pengaturan sudah Memenuhi Kewajiban pihak smartfren. jaringan Hybrid.

    Saya berfikir apa iya lokasi rumah saya yang tidak menjangkau / mempengaruhi kinerja dari WiFi? (Saya Masih Kesulitan untuk mendapat Jaringan WiFi dengan lancar) keluhan saya. harap balas. Atau kah masalah Jaringan Smartfren WiFi kurang?

    • betul, semuanya tergantung coverage atau cakupan jaringan operator di suatu daerah. jadi sebenarnya yang membuat lambat hot spot ponsel Smartfren Anda adalah jaringan Smartfren yang memang masih kurang optimal di wilayah Anda.

  21. W mau Tanya neh,”” ni hape memancarkan jaringan wifi..
    – radius berapa?
    – w ga ngerti di jaringan EV-do tu apa?
    – w punya warung bakso dgn ukuran 20m persegi.. And mumpuni ga tuh.
    – pernah ikot nebeng wifi di smartfren yg ini. Tp cuma gw doank yg make.. Cukup bagus… Kira2 kalo 10 user gimana y?? Lemot ga tuh?????

    • halo, maaf sekali saya baru sempat menjawab. 🙂

      1. biasanya sekitar 10 meter dalam satu ruangan yang sama. cocoklah untuk di warung bakso Anda.
      2. jaringan EVDO itu seperti 3G-nya GSM, yakni tingkatan (kecepatan) jaringan yang bisa diberikan oleh operator CDMA.
      3. untuk warung nampaknya kami lebih merekomendasikan mini router Smartfren, yang kelak akan kami ulas dalam artikel terpisah.
      4. jangankan 10, 5 pengguna saja sudah maksimal kok. dan tentu saja semakin banyak pengguna akan semakin lambat. apalagi kalau ada yang streaming video atau mengunduh file, pasti akan semakin lambat lagi performanya.

  22. UNTUNG SAYA BELI SMARTFREN FEDO EXTRE@M yang E781A emang sih gak ada wifi nya,,,, tapi lihat review diatas… aq jadi lega! jadi gak salah pilih! dan gak kecewa! 🙂 Alhamdulilaaaah….. hp smartfren yang E781A kayanya lebih memuaskan….

  23. saya beli hp smartfren c710 isi pulsa 200.000 kata sales dengan nama dani sukma dari kantor smart jl suko salam 57/A-4 suko sidoarjo. dia bilang kartunya bisa di pakai di modem nyatanya nga bisa. trus saya titip uang 290.000 utuk DP modem Evdo rev B ternyata tidak di kirim. padahal janjinya tangal 19 januari hingga sekaranng tiada kabar. saya minta ketegasan dari pihak smartfren

  24. Design OK lah, Buat Telp ma smsga masalah, Cuman klo Hot Spot Baterai BOROSSSSSSSS ABISSSSS…..

  25. Aku baru saja membeli smartfren new x-stre@m seharga 299 ribu rupiah. Begitu dibuka kardusnya ternyata keypad pojok kiri atas sendiri tak berfungsi. Sudah begitu waktu aku pasang earphonenya, suara mp3player maupun radio kurang begitu jelas dan kurang nyaring. Aku pikir ada yg salah dgn earphonenya. Tapi setelah aku coba dgn earphone dr HP lain ternyata sama hasilnya. Akhirnya, oleh staf galeri smartfren diganti dengan HP yg baru (HP + kardus yg ditukar). Namun, setelah dibuka dan aku coba dg earphone yg baru itu, suara drpd earphonenya tetap sama, yakni tdk nyaring, tdk jelas, dan bahkan terdengar hanya satu sisi saja. Aku tanya mengapa bisa begini pada staf yg saat itu melayaniku, “Kok begini semua mbak HPnya? Apa memang HP smartfren x-tre@m dari dulu jg begini wkt dipasang earphone?” Dan jawabannya adalah, “Ya memang begitu semuanya”. Hal ini jelas membuat saya sedikit kecewa dan bertanya apa benar jawaban staf tadi itu, apa staf itu sdh melakukan survey sendiri mengenai smartfren x-tre@m smp2 dia dg tegasnya membuat pernyataan spt itu. Dan lagi, katanya kalau aku beli pulsa 20ribu, lgsg dpt microsd gratis. Tp stlh aku coba 1hari, microsd 2gb nya rusak tak terdeteksi. Tp kalau aku pikir2 mgkn mmg begini ya kalau barang gratisan dan barang dgn harga miring.

    • Saya sedikit kecewa dengan smartfren.
      Sy punya xstream yang gen 1, dan support aplikasi java, dan bisa ditambah aplikasi jar. Alangkah sayang, ternyata xstream hotspot ini tidak support java,terlebih aplikasi opera mini yang seharusnya dapat menjadi nilai lebih. Web browser banyak kekurangan dan tidak suport java script.

      Review sy setelah pemakaian 3 hari:
      Kelebihan :
      -tethering hotspot
      -speakerphone lumayan bagus
      -Batere kapasitas 1200mah, vs lama 950 mah –> belum teruji
      -Tombol tidak mudah salah pencet “cancel” seperti xstrem gen 1
      -Ada theme 2 buah (lumayan)
      -ada sms chating
      -youtube untuk playernya lebih baik untuk visual playernya
      -jack audio 3.5mm
      Kekurangan :
      -Tidak support java app, seperti opera mini dkk –> point yang sangat disayangkan
      -Wap browser, kurang bisa diandalkan untuk internet via hp
      -Lebih tebal
      -Modem tidak lagi otomatis install driver, harus download install manual–> tidak masalah ok ada tethering
      -Batere cepet panas utuk pemakaian
      -Tombol terkesan plastik murah –> build quality kurang vs gen 1
      -Speaker depan untuk terima telepon tidak jernih, suara kasar vs gen 1
      -Media player manual untuk add musik vs gen 1
      -Micro sd card repot untuk melepas karena dibalik batere, vs gen 1
      -Tidak suport internet via wifi –> ngarep mode 🙂

      overall : smartfren kurang memperhatikan hal yang kecil. Mengapa tidak upgrade xstream gen 1 dengan kemampuan tethering. Itu jauh lebih baik.

      Demikian terimakasih

  26. untuk keamanan hotspotnya, ada di menu>konektivitas>hotspot…
    Kalo dari layar utama softkey kanan,hanya untuk mengaktifkan hotspot saja..jadi,klo nyoba, yang tuntas mas/buk..smua menu di coba

  27. Hp ni bsa interntn gratis di area hotspot gak? Trus aplkasny mrip dg hp extream evdo gak ? Java ada ?

    • tidak bisa. seperti yang telah saya tulis di atas, ponsel ini hanya berfungsi sebagai pemancar, bukan penerima. Java juga tidak ada.

    • tidak kok, tidak harus. namun kalau mau digunakan pada laptop, menggunakan kabel memang lebih baik karena sekaligus mengecas (ponsel sebagai modem, bukan tethering).

    • jadi bisa wiffi-an dimana saja kan gak perlu connect ke PC atau laptop untuk bisa thetering ? kemaren saya mau beli hp ini tp orang smartnya bilang kalau untuk bisa thetering harus connect via kabel data

      • betul, karena itu memang nilai jual utama ponsel ini. jika harus terhubung via kabel USB, ponsel kebanyakan juga bisa melakukannya.

  28. untuk mengatur keamanan/password wi-fi tethering,masuk ke menu => konektivitas => hotspot => pengaturan hotspot => keamanan => WPA PSK => masukkan password yang di inginkan => OK.
    untuk mengubah nama jaringan wifi,masuk ke menu => konektivitas => hotspot => pengaturan hotspot => SSID jaringan => masukkan nama yang di-inginkan => OK

    • setahu saya, untuk ponsel platform CDMA yang dipakai bukan Java yah. 🙂 untuk game pada ponsel, hanya bawaan dari pabrik saja dan nampaknya tidak bisa download dari internet.

Comments are closed.