Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Infinix Hot 40i

Infinix Hot 40i
7.5
Cek Harga

Infinix dikenal sebagai brand yang selalu menyediakan smartphone terjangkau dengan performa yang oke di kelasnya. Contohnya Infinix Hot 40i. Dengan harga hanya 1,6 jutaan rupiah, Anda disuguhkan perangkat dengan RAM dan storage besar, serta chipset yang bisa untuk menemani main game harian.

Namun apakah keunggulan Hot 40i hanya seputar performanya saja? Dalam artikel kali ini, YANGCANGGIH.com akan mengulas lebih jauh. Yuk, langsung saja simak!

Desain lebih baik

Infinix Hot 40i tampil dengan bahasa desain khas Infinix yang menyajikan kamera belakang berukuran besar. Secara keseluruhan, desain Hot 40i menurut kami lebih menarik dibandingkan pendahulunya, Hot 30i.

Infinix Hot 40i

Peningkatan desainnya bisa Anda temukan pada area kamera belakang yang memakai frame menonjol dengan tekstur dan finishing yang memberi kesan premium pada bagian tepiannya. Selain itu, tepian yang berkilau ini juga bisa Anda temukan pada empat sisi cover belakangnya. Infinix menyebutnya dengan nama Glow Line.

Cover belakang Hot 40i sendiri mengadopsi lapisan yang tidak mudah kotor oleh bekas jari. Tidak licin saat digenggam dan sensasinya nyaman. Ada empat opsi warna yang tersedia, antara lain Palm Blue seperti yang kami gunakan pada review kali ini, Starlit Black, Horizon Gold, serta Starfall Green.

Untuk material tentunya masih dominan plastik. Wajar untuk sebuah smartphone terjangkau. Build quality-nya cukup baik, lumayan solid dan tidak terkesan murahan. Sementara dimensi dan bobot dari Hot 40i terasa pas di genggaman. Ketebalannya 8,3mm, masih amat ideal untuk dimasukkan ke saku celana.

Infinix Hot 40i 3

Di bagian depan terdapat layar 6,56 inci dengan punch hole di tengah yang membuatnya terlihat lebih modern. Bezel di sekitar layar masih agak lebar, tapi bagi kami wajar karena hal ini juga banyak ditemui pada ponsel lainnya dengan harga setara.

Di bagian bawah terdapat port USB-C bersama dengan port audio jack 3.5mm, lubang mikrofon, dan speaker. Sementara di sisi sebelah kanan ada tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari, dan tombol pengaturan volume. Smartphone ini memiliki triple slot, dua untuk nano-SIM dan satu untuk microSD.

Infinix Hot 40i 1

Paket penjualannya pun lengkap. Anda langsung mendapatkan kepala charger, kabel USB, dan pastinya softcase.

Layar dengan Magic Ring

Infinix Hot 40i mengusung layar IPS 6,56 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 90Hz. Penawaran yang menurut kami memang sudah menjadi standar smartphone di atas 1,5 juta masa kini. Untuk resolusi memang masih HD+ saja, tapi tidak ada masalah karena masih terlihat tajam dan membuat kinerja menjadi lebih ringan.

Yang menjadi keunikan dari layar smartphone ini adalah fitur bernama Magic Ring. Fungsinya mirip Dynamic Island pada iPhone, atau Mini Capsule di ponsel realme. Intinya, Magic Ring akan menampilkan notifikasi dengan memanfaatkan area di sekitar punch hole kamera depan.

Infinix Hot 40i 5

Beberapa hal yang bisa disajikan di Magic Ring adalah animasi ketika membuka ponsel dengan fitur face unlock, ikon yang muncul sangat mengisi daya, atau peringatan ketika baterai mau habis. Fitur tersebut bisa Anda akses melalui halaman Special Function di Settings.

Satu hal yang wajib Anda ketahui sebelum membeli Hot 40i, layarnya hanya punya sertifikasi Widevine L3+. Artinya nonton dari layanan streaming seperti Netflix belum bisa HD. Sedikit membahas audio, sayangnya Infinix Hot 40i masih mengandalkan speaker mono saja. Belum stereo.

Kamera lumayan pada kondisi cahaya yang ideal

Infinix Hot 40i didukung kamera utama 50 MP di belakang bersama dengan kamera AI yang menurut kami cuma sebagai pelengkap saja. Terlihat seperti ada tiga kamera, tapi sebenarnya yang satu lagi adalah lampu flash. Sedangkan untuk selfie tersedia kamera depan 32 MP.

Infinix Hot 40i 4

Seperti kebanyakan smartphone 1 jutaan lainnya, tidak ada fitur bawaan yang unik pada kamera Hot 40i. Kami pun tidak berharap banyak. Tidak perlu istimewa, yang penting cukup untuk update media sosial.

Hasilnya, kamera utama Hot 40i masih bisa diandalkan untuk mengabadikan momen pada kondisi cahaya yang ideal. Ya, syaratnya adalah pencahayaan yang bagus. Untuk low light bukannya tidak memungkinkan, tapi tentu akan ada kompromi dari segi detail dan warna.

Hasil foto outdoor di siang hari tergolong lumayan. Gambar juga cukup tajam asal tangan Anda benar-benar stabil karena kamera ini rawan blur. Goyang sedikit saja, hasil fotonya seperti kurang fokus.

IMG_20240318_174933_182

IMG_20240319_174558_014

IMG_20240330_170208_478

Untuk dynamic range khas ponsel 1 jutaan. Terkadang exposure-nya terlihat berlebihan. Tidak jarang pula kami mendapati foto dengan warna yang agak washed out dan kurang akurat. Memang perlu sedikit usaha ekstra untuk mendapatkan foto yang sesuai keinginan.

IMG_20240329_211733_203

IMG_20240314_175218_065

IMG_20240405_172725_960

Memotret pada kondisi cahaya temaram atau low light wajib menjaga tangan tetap diam sampai proses selesai. Noise bakal Anda temukan di beberapa bagian. Meski begitu, mode Malam pada ponsel ini cukup oke untuk sekadar membuat hasil foto terlihat lebih terang dan jelas.

IMG_20240405_181410_757

IMG_20240319_181314_556

Sedikit membahas video, Hot 40i dapat merekam hingga resolusi 1080p 30fps baik menggunakan kamera belakang maupun depan. Tidak ada OIS maupun EIS, jadi wajar hasilnya bakal tidak stabil jika diajak merekam sambil bergerak.

Main game lancar

Infinix Hot 40i dipersenjatai chipset UNISOC Tiger T606 yang dinilai sudah mampu memberikan kinerja yang memadai, termasuk untuk main game. Chipset ini dipasangkan dengan RAM 8+8 GB dan storage 256 GB.

RAM dan storage besar memang menjadi daya tarik utamanya. Anda bisa lebih leluasa dalam melakukan multitasking dan menyimpan banyak file seperti foto, video, atau aplikasi. Lalu, bagaimana dengan kinerjanya?

Pada pemakaian standar sehari-hari, Hot 40i relatif nyaman. Pengoperasian terasa gesit saat membuka dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Bahkan, beberapa game yang kami mainkan bisa berjalan dengan lancar.

Mobile Legends bisa dimainkan pada setting HFR Super dengan cukup stabil. Sementara PUBG Mobile juga masih mulus di setting Frame Rate High. Bermain dalam durasi yang agak lama cenderung aman. Kami belum menemui penurunan yang berarti ketika suhu mulai hangat.

Soal baterai, Infinix Hot 40i dibekali kapasitas 5.000 mAh bersama dengan kemampuan fast charging 18W. Baterai ini dapat menemani aktivitas kami seharian penuh dengan gaya pemakaian normal. Fast charging 18W sendiri menurut kami merupakan penawaran yang standar di kelasnya.

Infinix Hot 40i

Kesimpulan

Anda sedang mencari smartphone 1 jutaan yang desainnya bagus dan bisa untuk main game? Infinix Hot 40i sangat layak untuk dipertimbangkan. Dari segi performa sudah tergolong baik untuk menangani beberapa game populer di Android. Desainnya pun lebih modern dan tidak terkesan murahan. Sebagai bonus, Anda mendapatkan fitur Magic Ring pada layarnya.

Bagi yang berminat, Infinix Hot 40i dijual dengan harga resmi Rp1.699.000.

Kelebihan Infinix Hot 40i:

  • Desain cukup bagus
  • Nyaman digenggam
  • Performa oke di kelasnya
  • RAM dan storage besar
  • Layar 90Hz dengan fitur Magic Ring
  • Sensor sidik jari di samping
  • Ada NFC
  • Paket penjualan komplit
  • Harga relatif murah untuk spesifikasi yang ditawarkannya

Kekurangan Infinix Hot 40i:

  • Kualitas kamera utama bisa lebih ditingkatkan lagi
  • Kamera kedua di belakang hanya pemanis saja
  • Speaker mono
Infinix Hot 40i
Infinix Hot 40i
7.5
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button