Xiaomi Mi TV Master Mini LED: TV 82 inci Pertama di Dunia dengan Teknologi Panel Layar Mini LED

Xiaomi kembali mendobrak dunia audio visual. Setelah meluncurkan TV dengan panel transparan, kini Xiaomi meluncurkan Mi TV Master Mini LED. TV ini adalah yang pertama di dunia dengan teknologi panel layar mini LED.
svg%3E

Desain Xiaomi Mi TV Master

Xiaomi Mi TV Master akan tersedia dengan dua pilihan resolusi yaitu 4K dan Extreme Edition yang resolusinya 8K. Keduanya hadir dengan ukuran panel yang sama besar yakni 82 inci.

Untuk model yang resolusinya 8K, panelnya mendukung warna 10 bit, HDR10 dan HLG. Warnanya juga sangat akurat dengan standar cakupan warna DCI-P3 hingga 98%. Selain itu, panelnya juga sudah mendukung tingkat kecerahan 2000 nits dan rasio kontras 400.000:1.

Sementara, untuk model 4K panel layarnya sudah mendukung warna 10-bit, standar warna DCI-P3 93%. Tingkat kecerahan yang didukungnya hingga 1000 nits dan mendukung input 4K 120Hz yang kompatibel dengan konsol seperti Playstation 5.

Fitur Xiaomi Mi TV Master

Lalu apa istimewanya teknologi panel Mini LED? Mini LED adalah sumber pencahayaan atau lampu backlit panel LCD. Ukurannya sangat kecil, lebih kecil dari Quantum Dots dan nyaris seukuran piksel. Mini LED akan tersusun dengan beberapa zona di belakang panel.

Dengan ukuran sumber pencahayaan yang sangat kecil setingkat ukuran piksel, ini artinya Mini LED bisa menawarkan kontras dan tingkat kecerahan yang lebih baik jika dibandingkan layar OLED. Bahkan, mini LED bisa menghasilkan area gelap yang lebih pekat jika dibandingkan OLED.

svg%3E

Khusus untuk Xiaomi Mi TV Master 8K, panelnya membawa micro LED dengan 960 zona. Sementara, untuk model 4K hanya 240 zona. Walau begitu, tingkat kecerahan masing-masing zona di kedua TV ini bisa diatur hingga 4096 tingkatan.

Spesifikasi Mi TV Master

Untuk spesifikasinya Mi TV Master 8K ditenagai chipset Novatek 72685, GPU Mali-G51 MP4 dan mendukung koneksi 5G. TV ini juga telah dilengkapi AI yang menawarkan 22 preset pengaturan kualitas gambar. Untuk model 4K prosesor yang digunakan MediaTek 9650 dengan dukungan grafis Mali G52 MC1.

Untuk di model 8K pengguna juga bisa menemukan speaker dengan konfigurasi 2 x 20W Bass, 2 x speaker frekuensi rendah, 2 x speaker frekuensi medium dan 2 x speaker tweeter.

Harga Xiaomi Mi TV Master

Xiaomi Mi TV Master saat ini hanya tersedia untuk pasaran China terlebih dulu. Untuk harga jual Xiaomi Mi TV Master 8K US$7350 dan 4K US$1450.

Verified by MonsterInsights