Atomos Connect: Solusi Mudah Siaran Langsung Menggunakan Kamera Mirrorless atau DSLR

Kamera mirrorless atau DSLR saat ini sudah bisa dijadikan webcam untuk siaran langsung atau konferensi video. Caranya yaitu lewat software khusus yang telah disediakan para vendor kamera. Tapi, sayangnya tidak semua model kamera bisa kompatibel dengan software tersebut. Solusinya, Atomos meluncurkan sebuah aksesoris yang diberi nama Connect.

svg%3E

Desain Atomos Connect

Atomos Connect adalah alat penangkap video atau video capture card HDMI ke USB. Jadi, rancangannya sangat mirip flashdisk. Alat ini juga sangat ramping dengan ketebalan bodi hanya 12mm.

Fitur Atomos Connect

Untuk menggunakannya Atomos Connect hanya perlu ditancapkan ke port USB laptop atau PC. Kemudian, sambungkan kamera ke port HDMI Atomos Connect. Menariknya, Atomos Connect kompatibel dengan semua model kamera mirrorless atau DSLR. Dengan catatan kamera wajib memiliki port HDMI.

svg%3E

svg%3E

Menurut Atomos, Connect mengusung konsep plug and play. Jadi, sangat sederhana dan bisa langsung digunakan tanpa perlu install software khusus di PC atau laptop.

Atomos Connect bisa menangkap gambar video dari kamera hingga resolusi 4K 30p lewat input HDMI yang dibawanya. Kemudian, di PC atau laptop video akan dikonversi dan ditampilkan di resolusi Full HD 1080p dengan format warna 12-bit.

svg%3E

Atomos Connect komptibel dengan software broadcasting seperti OBS. Untuk siaran langsung lewat OBS pengguna bisa siaran langsung ke platform Youtube, Facebook, Twitch. Untuk konferensi video Atomos Connect juga kompatibel dengan Skype, Microsoft Teams dan Zoom.

Harga Atomos Connect

Atomos
Atomos Connect saat ini sudah tersedia dan dijual dengan harga US$79.