[CES 2012] Prototype Sony Bravia: Inovasi Teknologi Baru, Crystal LED

svg%3E

Pada CES 2012 kali ini selain merilis jajaran produk Blu-Ray dan TV Bravia terbaru, Sony juga memamerkan prototipe Sony Bravia berukuran 55 inci. Apa yang membuat TV ini istimewa? Inilah TV Bravia pertama yang mengusung teknologi Crystal Clear, sebuah teknologi panel terbaru yang diharapkan Sony akan merevolusi seluruh TV layar datar di masa yang akan datang.

Saat ini umumnya teknologi panel LCD hadir dengan teknologi LED backlit. Prinsip kerjanya, sebuah panel LCD yang terdiri dari ribuan pixel RGB akan disinari oleh lampu LED. Kemudian, panel tersebut akan menampilkan visual gambar pada televisi Anda.

svg%3E

Nah dengan teknologi Crystal Clear ini, Sony mengubah cara kerja TV tersebut dengan mengganti tiap-tiap pixel RGB yang disinari lampu LED langsung dengan lampu LED berwarna RGB yang meliputi Merah, hijau dan Biru.

Implementasi lampu LED sebagai media visual dapat dilihat di stadion sepakbola yang biasa menayangkan skor atau animasi menarik. Tapi yang membedakannya adalah jumlah lampu LED yang digunakan. Dalam satu televisi beresolusi Full HD 1080p berteknologi Crystal Clear nantinya akan ada sekitar 6 Juta lampu LED . Menurut Sony, visual gambar yang dihasilkan akan lebih tajam, memiliki kontras warna lebih baik dan memiliki sudut pandang hingga 90-derajat.

Mengingat produk ini masih berupa prototipe, belum ada kepastian apakah Bravia ini akan diproduksi dan dijual massal.