5 Aplikasi Android Pengisi Ramadhan

Bulan suci Ramadhan telah datang. Jika Anda pengguna ponsel Android, silakan berburu aplikasi gratis bernuansa Islami di Android Market untuk mengisi Ramadhan Anda agar penuh berkah dan makin bermanfaat. Berikut kami pilihkan 5 di antaranya untuk Anda. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Live Ramadan
Pengembang: Cubiic SAL | Versi: 1.6 | Besar file: 738 KB

Live Ramadan merupakan “gerbang” bagi setiap Muslim untuk mengenal lebih jauh mengenai agamanya, mulai dari sejarah nabi Muhammad s.a.w., resep makanan halal yang bisa menjadi inspirasi hidangan Anda selama Ramadhan, hingga waktu salat dalam sehari.

Sunrise/Sunset Finder
Pengembang: 3lywa | Versi: 2.2.1 | Besar file: 581 KB

svg%3E

Sering bepergian ke berbagai kota dalam sehari? Jika Anda pagi hari di Ramadhan sahur di Jakarta, namun harus berbuka di Seoul, Anda tentu memerlukan informasi akurat mengenai kapan waktu sunrise (matahari terbit) dan kapan waktu sunset (matahari terbenam) di kota-kota seluruh dunia, sehingga Anda tak terlewat waktu berbuka dan tak kebalablasan saat sahur. Namun lebih dari itu, bagi Anda penghobi fotografi, aplikasi ini juga sangat berguna untuk berburu foto saat-saat indah matahari terbit atau terbenam tersebut.

Muslim Pro: Azan & Quran
Pengembang: Bitsmedia Pte. Ltd. | Versi: 0.9.6 | Besar file: 12 MB

svg%3E
Muslim Pro: Azan & Quran

Satu lagi aplikasi all in one untuk Ramadhan. Muslim Pro: Azan & Quran – sesuai namanya – memuat notifikasi waktu salat dengan mengalkulasinya sesuai lokasi dan waktu lokal tempat Anda berada. Selain itu, aplikasi yang file-nya cukup besar ini juga memiliki fitur penunjuk arah Kiblat animasi, kalender Hijriah untuk penentuan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, serta kitab suci Al Quran dengan teks arab, latin serta terjemahan ke 5 bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Turki dan tentunya, Indonesia. Sayangnya, walau aplikasi ini mendapat rating cukup baik (4.6 s/d tulisan ini dibuat), beberapa kesalahan dilaporkan oleh pengguna seperti terjemahan bahasa Inggris yang salah, atau tidak berfungsinya penunjuk kiblat.

Muslim Names
Pengembang: eAlim | Versi: 2.0 | Besar file: 1.3 MB

svg%3E
Muslim Names

Apakah Anda atau pasangan Anda sedang mengandung saat ini? Tentu merupakan momen yang mengharukan jika anak Anda lahir di bulan suci. Karena itu, siapkan nama-nama yang baik untuk anak Anda, karena nama adalah doa. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mencari refernsi nama Islami lengkap dengan artinya. Selain itu, Anda dapat mencari nama berdasarkan alfabet.

Watch Live Kaaba [24 Hours]
Pengembang: Abid Shaikh | Versi: 1.8 | Besar file: 292 KB

svg%3E
Watch Live Kaaba

Salah satu rukun Iman yang menjadi impian hampir setiap Muslim adalah pergi ke tanah suci, mengunjungi kiblat di kala salat yakni Ka’bah, serta beribadah Haji di sana. Masjidil Haram, tempat Ka’bah berada, selalu penuh dengan kegiatan spiritual selama Ramadhan, termasuk di dalamnya salat sunnah Tarawih. Nah, jika Anda belum berkesmpatan berkunjung di sana, aplikasi besutan Abid Shaikh ini nampaknya bisa jadi obat yang cukup menyejukkan karena kita bisa menyaksikan kegiatan di sana secara langsung selama 24 jam. Namun, perhatikan koneksi internet Anda. Direkomendasikan menggunakan WiFi atau minimal jaringan seluler 3G dengan paket data unlimited.

svg%3E

Verified by MonsterInsights