KomputerLaptopNewsProduct NewsReview

Review Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

8.7
Cek Harga

Persaingan laptop di kelas menengah di bawah harga 10 jutaan semakin sengit. Acer berhasil mencuri perhatian lewat Swift Go 14 (SFG14-41). Laptop ini terlihat premium dengan warna yang trendi dan prosesor AMD Ryzen. Apakah Swift Go 14 (SFG14-41) mampu menjadi pemenang di kelasnya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Desain Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Swift Go 14 (SFG14-41) hadir dengan garis desain bodi yang ramping sekaligus ringan. Material sasis bodi yang full metal memberikan kesan premium sekaligus nilai tambah di kelas harganya.

Secara keseluruhan dimensinya termasuk ringkas. Bodinya hanya setebal 15.9 mm. Sementara, bobotnya sekitar 1,25 Kg. Saat diajak mobilitas laptop ini sangat mudah dibawa. Hemat tempat di dalam tas. Pun tidak membuat pundak terasa pegal saat kami masukkan ke dalam tas.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Satu poin tambah ada di kelir warna bodi. Merah muda yang cantik dan tidak pasaran. Mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya saat kami bawa bekerja di kedai kopi. Cocok bagi pengguna yang ingin tampil beda.

Meski bodinya ramping port konektivitas tidak dikompromi. Termasuk komplit dan bisa dijumpai di sisi kiri kanan bodi. Laptop ini membawa satu port HDMI, dan empat port USB. Port USB yang dibawanya terdiri dari dua port Type-C USB 3.2 Gen 2, dua port port USB 3.2 Gen 1. Absennya slot kartu memori mungkin akan disayangkan untuk sebagian pengguna yang membutuhkan.

Layar memadai untuk produktivitas

Di sektor layar laptop ini membawa panel IPS Acer ComfyView 14 inci. Resolusinya Full HD dengan rasio aspek 16:9. Refresh rate layar hanya mendukung 60 Hz. Cakupan warna 100% sRGB menjadi nilai tambah. Jadi, Anda bisa mendapatkan visual yang tajam sekaligus cukup kaya warna.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Layarnya ini sudah memadai untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan menikmati konten hiburan. Tambahan lapisan matte di panelnya cukup efektif untuk meminimalkan pantulan. Setidaknya, bisa mengurangi efek mata lelah saat menatap layarnya dalam jangka waktu lama.

Tepat di atas layarnya Acer menyematkan Webcam yang resolusinya Full HD. Kualitas kameranya cukup baik untuk mendukung konferensi video. Kegiatan konferensi video juga semakin optimal dengan mikrofon terintegrasi yang dilengkapi fitur pintar Acer Temporal Noise Reduction (TNR). Fitur ini berguna untuk menekan suara bising dari sekitar sehingga suara bisa terdengar lebih jelas.

Keyboard dan touchpad cukup nyaman

Swift Go 14 (SFG14-41) membawa keyboard dengan gaya chicklet. Ukuran setiap tombolnya cukup besar dengan jarak yang pas. Untuk mengetik cukup nyaman dan tidak membuat tangan cepat pegal.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Bagi yang gemar bekerja di kondisi temaram keyboardnya juga sudah dilengkapi lampu backlit dengan dua opsi pengaturan tingkat kecerahan. Selain itu, tersedia tambahan sensor sidik jari sebagai pengaman yang menyatu dengan tombol power.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Touchpad juga cukup nyaman digunakan. Responsif dengan sapuan jari. Saat ditekan untuk klik kiri atau kanan cukup empuk. Kembali ke selera masing-masing pengguna, mungkin bagi sebagian orang ukuran touchpad yang dibawanya ini agak kekecilan.

Performa pas untuk harian

Beralih ke sektor performa Swift Go 14 (SFG14-41) yang kami ulas berikut ditenagai prosesor Ryzen 5 7530U. Besaran RAM 16GB dengan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 512GB. Satu nilai tambah masih tersedia satu slot NVMe untuk memperluas kapasitas ruang penyimpanan. Untuk hasil benchmark Swift Go 14 (SFG14-41) sebagai berikut.

Dari pengujian kami performanya termasuk memuaskan. Terasa gegas untuk menjalankan beragam aplikasi harian seperti Microsoft Office untuk mendukung produktivitas. RAM yang besar juga memungkinkan multitasking terasa lebih lancar. Cukup jarang kami temui laptop sekelasnya dengan RAM 16GB. Bahkan, jika dibutuhkan untuk sekedar penyuntingan foto dan video sederhana spesifikasinya masih mencukupi.

Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

Untuk sekedar mengisi waktu luang kartu grafis terintegrasi Radeon Graphics juga masih bisa diandalkan. Beberapa judul game kompetitif seperti misalnya Valorant masih bisa dijalankan di resolusi dan pengaturan grafis rendah hingga medium. Sementara, di sektor audio speaker yang dibawanya terasa agak kurang bertenaga.

Tampil ramping dan ringan manajemen termal laptop ini cukup baik. Sistem pendinginnya mampu menjaga performa tetap stabil di beragam skenario penggunaan. Memang kipas pendinginnya terdengar sedikit agak bising saat beban komputasi bertambah. Permukaan keyboard juga akan terasa sensasi hangat. Tapi, ini tidak akan menganggu pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Baterai rata-rata

Untuk ketahanan baterainya cukup rata-rata. Dari pengujian kami dengan tingkat kecerahan layar 50%, terhubung ke WiFi, tidak menggunakan keyboard backlit, membuat dokumen di Microsoft Word, dan browsing saja baterainya mampu bertahan hingga sekitar 7 jam. Cukup disayangkan Acer belum menyediakan fitur pengaturan performa seperti laptop dari pabrikan lain. Padahal, fitur ini cukup berguna untuk mengatur performa dan efisiensi daya sesuai skenario penggunaan.

Kesimpulan

Swift Go 14 (SFG14-41) menawarkan tiga nilai lebih untuk sebuah laptop di kelas harga 9 jutaan Rupiah. Mulai dari rancangan bodi tipis dan ringan dengan sasis alumunium, RAM 16GB yang besar, dan prosesor AMD Ryzen yang bertenaga.

Laptop ini memang tidak kaya fitur. Namun, secara keseluruhan di kelas harganya Swift Go 14 (SFG14-41) berhasil menawarkan keseimbangan yang sempurna antara build quality, performa, dan harga untuk sebuah laptop produktivitas harian.

Kelebihan Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

+ Rancangan bodi full alumunium
+ Bodi tipis dan ringan
+ Performa kencang untuk harian
+ RAM 16GB besar di kelas harganya
+ Dilengkapi keyboard backlit
+ Punya sensor sidik jari
+ Warna pink tidak pasaran
+ Webcam Full HD

Kekurangan Acer Swift Go 14 (SFG14-41)

– Speaker kurang bertenaga
– Tidak ada slot kartu memori

Laptop ini cocok untuk:

Pelajar dan mahasiswa: Dengan harga 9 jutaan Rupiah performa laptop ini sangat mencukupi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pekerja
: Dimensi bodi yang tipis dan ringan menjadikannya cocok untuk para pekerja yang mobilitasnya tinggi. ‘

Konten kreator pemula: Panel layar IPS 100% sRGB serta Performa yang memadai untuk penyuntingan foto dan video sederhana cukup ideal untuk para konten kreator pemula.

Secara keseluruhan di kelas harganya Swift Go 14 (SFG14-41) berhasil menawarkan keseimbangan yang sempurna antara build quality, performa, dan harga untuk sebuah laptop produktivitas harian.
8.7
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button