Quantcast
KomputerAIGPUNewsProduct NewsTech News

Nvidia Hadirkan Pembaruan ChatRTX dengan Dukungan Google Gemma dan CLIP dari OpenAI

Nvidia menggulirkan pembaruan ChatRTX. Di versi terbarunya tersebut asisten virtual dengan teknologi kecerdasan buatan ini semakin canggih dengan dukungan Google Gemma dan CLIP dari OpenAI.

Nvidia ChatRTX

Fitur Nvidia ChatRTX

Perlu diketahui terlebih dulu Nvidia ChatRTX berbeda dengan ChatGPT, Google Gemini dan Microsoft CoPilot yang saat ini sangat populer. Bedanya, ChatRTX bisa digunakan secara offline di PC pengguna. Tidak memerlukan koneksi internet seperti ChatGPT, Google Bard dan Microsoft Pilot.

Nvidia ChatRTX

Ini karena ChatRTX dibangun dengan sepenuhnya memanfaatkan kecanggihan kartu grafis Nvidia GeForce. Untuk itulah ChatRTX juga lebih unggul dari segi privasi dan kemampuan analisa data.

ChatRTX dirancang untuk bisa melakukan analisa data (file teks, gambar, dokumen dll) secara internal di direktori internal PC pengguna. Dengan keunggulan model bahasa besar atau Large Language Model (LLM), pengguna dapat mengajukan pertanyaan terkait catatan dan dokumen kepada aplikasi ChatRTX yang sudah tersimpan di PC mereka. ChatRTX akan merespons kebutuhan tersebut dengan cepat dan relevan.

Lewat versi terbaru ChatRTX Nvidia menghadirkan beberapa LLM tambahan. Termasuk Gemma, model AI yang dikembangkan oleh Google. Gemma menggunakan hasil riset dan teknologi yang menjadi fondasi Google mengembangkan model Gemini dan diciptakan untuk pengembangan AI ke berbagai perangkat.

Kemudian, ChatRTX kini juga mendukung ChatGLM3, LLM terbuka dan dwi bahasa (bahasa Inggris dan Mandarin) berbasis kerangka framework model bahasa umum.

ChatRTX juga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan data mereka menggunakan perintah suara. ChatRTX mendukung Whisper, aplikasi sistem pengenalan suara otomatis yang menggunakan AI untuk memproses percakapan. Pengguna tinggal mengirimkan perintah suara ke aplikasi Whisper dan ChatRTX akan meresponsnya dalam format teks.

Pembaruan paling menarik adalah dukungan LLM CLIP dari OpenAI. Fitur ini memungkinkan ChatRTX untuk mencari foto dan aset visual lainnya yang tersimpan di PC melalui rangkaian kata, istilah, dan frase, tanpa penggunaan label metadata yang kompleks.

Ketersediaan Nvidia ChatRTX

Jika penasaran ChatRTX versi terbaru saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh gratis lewat situs Nvidia berikut. Selamat mencoba!

Satu komentar

  1. Apa yang membuat Nvidia ChatRTX berbeda dari platform seperti ChatGPT, Google Gemma, dan Microsoft CoPilot?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button