Quantcast
NewsFoto & VideoKamera MirrorlessProduct News

OM System OM-1 Mark II: Mirrorless Pertama di Dunia dengan Fitur Live GND

Generasi kedua kamera mirrorless OM-1 dari OM-System resmi diumumkan. OM System OM-1 Mark II masih membawa semua keunggulan generasi pertamanya. Pembaruan terlihat di sektor fitur dan desainnya.

OM System OM-1 Mark II

Spesifikasi OM System OM-1 Mark II

Sekilas desain retronya masih mirip generasi pertama. Bedanya, di generasi kedua ini sudah menggunakan merk OM System. Generasi pertamanya masih menggunakan merk Olympus.

OM System OM-1 Mark II

Sedikit peningkatan ada di sektor grip. OM-1 Mark II kini dilengkapi tombol putar berlapis karet yang lebih responsif. Tombol putar tersebut juga akan lebih nyaman digunakan saat pengguna menggunakan sarung tangan.

OM System OM-1 Mark II

Untuk spesifikasi OM-1 Mark II masih tetap menggunakan sensor micro four third (MFT) Stacked CMOS 20 megapixel seperti generasi pertamanya. Sensor tersebut dipasangkan dengan prosesor TruePic X.

Bedanya, ada di memori. Memori OM-1 Mark II diperbesar. Dampaknya kamera ini bisa memotret tanpa henti dengan hasil jepretan foto yang lebih banyak.

OM-1 Mark II mampu menghasilkan hingga 213 jepretan foto format RAW di kecepatan 120 fps. Meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya sekitar 92 jepretan foto.

OM System OM-1 Mark II

Sementara, untuk kecepatan memotret tanpa hentinya masih sama. Mendukung 50 fps di mode AF/AE dan 120 fps dengan AF/AE mode terkunci. Pengalaman memotret tanpa henti kamera ini juga ditingkatkan. OM-1 Mark II kini bisa memotret tanpa henti di kecepatan tinggi ataupun rendah tanpa jeda sedikitpun di jendela bidik. Jadi, kamera ini akan semakin ideal untuk fotografer olahraga dan alam liar.

Sektor autofocus turut mendapat pembaruan. Kinerja autofocus-nya yang pintar dengan AI atau kecerdasan buatan kini diklaim lebih cepat dan akurat. Jadi, semakin mumpuni untuk memotret subyek yang bergerak cepat. Sistem autofocus tersebut juga ditambahkan kemampuan deteksi manusia sebagai opsi.

OM System OM-1 Mark II

Untuk fitur penstabil turut ditingkatkan. OM-1 sebelumnya hanya mendukung kemampuan stabilisasi hingga 7 stop. Kemampuan stabilisasi OM-1 II lebih baik hingga 8,5 stop.

Pembaruan paling menarik dari OM-1 Mark II ada di fitur baru yang bernama Live GND (Graduated ND). Kamera ini menjadi yang pertama di dunia punya fitur tersebut. Fitur Live GND memungkinkan fotografer bisa menghasilkan jepretan foto seperti menggunakan filter ND gradasi secara langsung. Efek gradasi dan transisi cahaya juga bisa diatur sesuai selera dan kondisi pencahayaan.

Selain fitur Live GND OM-1 Mark II tetap masih menyediakan fitur pintar lain seperti Live ND yang kini menyediaka opsi filter hingga ND128. Meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya tersedia opsi filter hingga ND64.

Mode memotret di resolusi tinggi juga masih tersedia. OM-1 Mark II bisa memotret di mode 50 megapixel dan 80 megapixel tanpa perlu menggunakan tripod. Foto resolusi tinggi yang dihasilkan kini bisa dalam format RAW 14-bit. Generasi pertamanya hanya mendukung format RAW 12-bit.

Harga OM System OM-1 Mark II

OM System OM-1 Mark II akan tersedia di akhir Februari 2024. Untuk bodi saja dijual dengan harga US$2400 dan US$3000 paket kit dengan lensa zoom OM System M.Zuiko Digital ED 12-40mm f/2.8 Pro II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button