Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Kelebihan dan Kekurangan Kamera S24 Ultra Serta Hasil Foto Kamera Smartphone Tercanggih Samsung di Awal 2024

Reader Rating3 Votes
7
9

Samsung Galaxy S24 Ultra yang menjadi smartphone tercanggih Samsung di tahun 2024 datang lebih awal dibandingkan S23 Ultra yang baru hadir di bulan Februari 2023. Samsung Galaxy S24 Ultra ini hadir dengan sedikit perubahan spesifikasi di susunan kameranya.

  • Kamera utama 200 megapixel dengan lensa 23mm f/1.7
  • Kamera ultra lebar 12 megapixel dengan lensa 13mm f/2.2 (tanpa O.I.S)
  • Kamera telephoto 3x zoom 10 megapixel dengan lensa 69mm f/2.4
  • Kamera telephoto 5x zoom 50 megapixel dengan lensa 115mm f/3.4
  • Kamera depan 12 megapixel dengan lensa 25mm f/2.2
  • kamera samsung galaxy s24 ultra

Selain peningkatan spesifikasi dan kemampuan kamera, Samsung Galaxy S24 Ultra juga mengedepankan fitur AI atau Artificial Intelligence. Fitur AI ini tidak hanya aktif saat memotret, tapi juga setelah memotret.

samsung galaxy s24 ultra camera

Fitur AI di Samsung S24 Ultra

Ada beberapa fitur AI ini di sektor fotografi Samsung S24 Series. Jika di aplikasi photo editor beberapa ponsel Samsung sebelumnya ada object eraser, kini ada fitur Generative Edit yang mirip seperti fitur Generative Fill di Adobe Photoshop versi PC. Jadi tidak hanya sebatas menghapus obyek atau bayangan saja, fitur Generative Edit bisa menggeser obyek ke lokasi yang diinginkan dan mengisi kekosongan ruang yang sebelumnya ditempati obyek tersebut.

Selama kami mencoba, kinerja AI di fitur Generative Edit ini tidak selalu baik. Seringkali ada detil yang tertinggal, sehingga amat terlihat bekas penyuntingan AI. Samsung mengatakan bahwa sistem AI ini akan terus mempelajari dari input pengguna, jadi seharusnya kinerja AI ini akan meningkat. Tapi setidaknya fitur Object Eraser bekerja dengan cukup efektif. Tidak mengherankan mengingat ini bukanlah fitur baru.

Fitur AI lain di kamera S24 Ultra berupa AI Nightography Zoom. Jadi saat memotret dengan kamera telephoto di malam hari atau kondisi minim cahaya, kamera Samsung S24 Series akan memanfaatkan fitur O.I.S dan sensor yang lebih besar untuk menghasilkan foto yang lebih tajam dan jernih. Fitur ini juga bekerja saat mengambil foto Portrait di malam hari. Dari pengalaman kami memotret dengan S24 Ultra, ini adalah fitur yang brilian dan bekerja dengan amat baik.

Berikut contoh foto dengan kamera telephoto Samsung Galaxy S24 Ultra di malam hari.

3x zoom3x zoom

5x zoom5x zoom

10x zoom10x zoom

Untuk pemotretan dengan kamera telephoto di malam hari, hasilnya cukup memuaskan untuk sebuah kamera hp. Detil di foto terlihat amat baik, apalagi hanya untuk sebatas dibagikan di media sosial. Secara keseluruhan, fitur AI Nightography Zoom ini terbukti efektif dan akan berguna bagi Anda yang suka memotret di malam hari.

3x zoom3x zoom

5x zoom5x zoom

10x zoom10x zoom

Hasil foto Samsung S24 Ultra

Tidak ada kejutan untuk hasil foto S24 Ultra di kondisi siang hari atau cahaya ideal. Hasil foto terlihat amat baik dengan reproduksi warna yang matang tapi tidak berlebihan sehingga enak dilihat. Apapun kamera yang dipakai, hasilnya selalu baik, termasuk kamera ultra lebar yang biasanya mengalami penurunan kualitas juga terlihat mampu mengimbangi kualitas foto kamera utama S24 Ultra, seperti terlihat dari hasil foto langsung dari kamera di bawah ini.

Ultrawideultrawide

1x zoomnormal 1x zoom

3x zoom3x zoom

5x zoom5x zoom

10x zoom10x zoom

Kamera dengan zoom 10x Samsung Galaxy S24 Ultra masih mampu memperlihatkan meja dan beberapa barang yang ada di ruangan kantor yang terhalang kaca. Sebagai catatan, foto ini diambil dari kantor di seberang jalan dengan jarak sekitar 300 meter. Ini merupakan jawaban akan kekhawatiran pengguna S23 Ultra akan kualitas zoom 10x S24 Ultra yang kini merupakan zoom hybrid dari optikal dan digital.

Foto Portrait dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Hasil foto S24 Ultra untuk obyek manusia juga terlihat amat baik, dengan reproduksi warna kulit yang alami. Detil pada wajah juga tertangkap dengan baik.

ultra wide

ultra wide 0,6x

1x zoom

normal zoom

3x zoom
3x zoom

5x zoom
5x zoom

10x zoom
10x zoom

Untuk foto Portrait, kamera telephoto 3x dan 5x S24 Ultra mampu menghasilkan foto yang amat baik untuk ukuran sebuah hp. Penggunaan mode Portrait juga cukup efektif menghilangkan latar yang mengganggu, menggantikannya dengan efek blur atau bokeh yang halus dan cukup rapi walaupun detil rambut subyek foto cukup kompleks.

Beralih ke kamera depan, hasil foto selfie kamera depan S24 Ultra juga amat baik. Kami mencobanya di dalam ruangan dengan pencahayaan yang masih oke, berkat lampu studio yang ada di dekat subyek. Berikut hasil foto selfie Samsung S24 Ultra.

20240118_143302

Detil pada wajah terlihat amat baik dan warna kulit juga masih alami, tanpa efek pencantikan yang berlebihan.

Kualitas Video Samsung Galaxy S24 Ultra

Sama seperti S23 Ultra, Samsung S24 Ultra mendukung mode perekaman video hingga 8K. Kami mencoba merekam video 4K yang kemudian dipublikasikan di Tiktok, sehingga ada penurunan kualitas. Tapi ternyata hasil video saat Lyodra bernyanyi ini amat baik dan menuai komen positif.

@yangcanggih Satu kelebihan kamera Samsung Galaxy S24 Ultra adalah kamera telephoto dengan zoom 5x yang cocok buat konser. Bagus ga temen2? #samsung #GalaxyS24 #galaxys24launch #kelastekno #lyodra #sangdewi #serunyabelajar #reviewsamsung ? original sound – YANGCANGGIH.COM

Selama video, kami mencoba merekam dalam berbagai zoom dan hasil video hingga zoom 10x amat baik. Jika dibutuhkan ada zoom 30x yang terasa cukup jika dalam kondisi cahaya melimpah.

Kesimpulan Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Sama seperti S23 Ultra, Samsung kembali mengeluarkan hp dengan kamera yang berkualitas amat baik. Bahkan layak jadi kandidat hp dengan kamera terbaik di tahun 2024.

Perubahan spesifikasi kamera telephoto dari 10x zoom menjadi 5x zoom dan peningkatan resolusi sensor menjadi 50 megapixel untuk kamera 5x zoom menjadikan kamera telephoto S24 Ultra lebih berguna karena hasilnya akan lebih tajam dibandingkan kamera 10x zoom yang lebih rentang terhadap guncangan. Tapi bagi pengguna yang menyukai memotret dengan kamera 10x zoom juga tidak dilupakan, mengingat adanya hybrid zoom 10x yang hasilnya ternyata tidak jauh berbeda dengan S23 Ultra.

Secara keseluruhan, kualitas foto yang dihasilkan kamera S24 Ultra akan memuaskan pengguna smartphone yang mendambakan kamera terbaik di ponselnya.

Kelebihan kamera S24 Ultra

  • Hasil foto di kondisi cahaya terang amat baik untuk semua kamera
  • Kamera telephoto 5x yang lebih berguna dengan sensor baru
  • Hasil foto malam hari amat baik, bahkan untuk kamera telephoto 3x dan 5x
  • AI Nightography Zoom bekerja cukup baik
  • Hasil video yang amat baik, membuatnya cocok untuk vlogger dan pencipta konten
  • Ada fitur Pro Video yang bisa mengatur aspek perekaman video, hingga mikrofon
  • Kinerja gegas saat menavigasi menu dan fungsi kamera
  • Fokus cepat dan akurat
  • Mode Portrait dengan efek bokeh yang rapi

Kekurangan kamera S24 Ultra

  • Minim fitur fotografi kreatif seperti light trail tanpa tripod
  • Foto makro masih harus mengandalkan kamera ultra lebar yang tidak sebaik kamera utama
  • Dimensi bodi ponsel cukup besar bagi pengguna dengan tangan kecil
  • Kamera telephoto 3x agak tanggung, dengan sensor 10 megapixel yang lebih kecil dibandingkan kamera telephoto 5x.
  • Hasil foto dengan kamera ultra lebar dan pada mode zoom digital 10x di kondisi malam hari berkurang signifikan untuk detil dan ketajamannya.
  • Mode 200 megapixel hanya efektif di kondisi cahaya ideal, tidak di kondisi minim cahaya
  • Fitur AI Generative Edit masih kurang oke

 

samsung galaxy s24 ultra camera
Review Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra
Desain & UI
8.5
Fitur kamera
8.5
Hasil Foto
9.5
Hasil Video
9.5
Reader Rating3 Votes
7
9

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain & UI
Fitur kamera
Hasil Foto
Hasil Video
Final Score

Back to top button