Quantcast
Mobile GadgetGadget GuideNewsProduct NewsTablet Android

Huawei MatePad Air dan MatePad 11 2023, Pilih Mana? [Gadget Guide]

Dalam waktu dekat Huawei akan meluncurkan tablet MatePad Air di Indonesia. Kehadiran tablet ini memang cukup berdekatan dengan MatePad 11 2023 yang rilis di bulan Mei lalu. Nah, tablet manakah yang paling cocok untuk kebutuhan Anda? Berikut panduan singkat memilih antara MatePad 11 2023 dan MatePad Air.

Huawei MAtePad Air

Pilih desain bodi tipis atau bobot ringan?

Satu perbedaan utama dari Huawei MatePad 11 2023 dan MatePad Air ada di dimensi bodi. Rancangan bodi MatePad Air hanya setebal 6.4 mm dengan bobot 508 gram. Bodinya yang lebih tipis akan menghemat tempat di dalam tas saat dibawa mobilitas. Sementara, MatePad 11 2023 ketebalan bodinya 7.3 mm. Tapi, bobotnya sedikit lebih ringan yakni 485 gram saja.

Huawei MatePad Air

Satu nilai tambah MatePad Air juga hadir dengan dua opsi warna bodi yakni hitam dan putih. MatePad 11 2023 hanya warna bodi hitam saja.

Huawei MatePad Air 1

Layar MatePad Air Lebih memanjakan mata

huawei matepad air 4

Sektor layar keduanya juga berbeda. Sekilas ukuran layarnya mirip. Tapi, jika dicermati layar MatePad Air 11 lebih besar. MatePad Air 11 datang dengan panel layar IPS berukuran 11.5 inci. MatePad 11 2023 menggunakan layar IPS berukuran 10.95 inci.

Layar MatePad Air 11 juga lebih memanjakan mata. Ini karena panel layarnya sudah mendukung resolusi lebih tinggi 2.8K 2880 x 1840 pixel, gamut warna DCI-P3, dan refresh rate 144 Hz. Resolusi yang lebih tinggi menjadikan visual di layarnya terlihat lebih tajam. Dengan refresh rate 144 Hz yang tinggi semua efek animasi dan gerakan yang tampil di layar juga terlihat lebih mulus dan nyaman di mata.

Layar MatePad 11 2023 mendukung resolusi 2.5K 2560 x 1600 pixel, gamut warna DCI-P3 dan refresh rate yang hanya 120 Hz.

Rasio layar MatePad Air optimal untuk produktivitas

Keunggulan lain layar MatePad Air ada di rasio layar. Rasio layarnya 3:2. Sementara, MatePad 11 2023 rasio layarnya 16:9.

Huawei MatePad Air

Dengan rasio layar 3:2 berarti MatePad Air menawarkan area pandang yang lebih luas. Sebagai gambaran saat membuka spreadsheet di aplikasi Microsoft Excel MatePad Air bisa menampilkan hingga 25 kolom dan baris sampai O. MatePad 11 2023 hanya 20 kolom dan baris sampai M.

Butuh performa kencang?

Huawei MAtePad Air 2

Perbedaan keduanya kemudian terlihat di spesifikasi. MatePad Air ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888, RAM 8GB LPDDR5 dan memori internal 128GB untuk ruang penyimpanan. MatePad 11 2023 performanya dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 865, RAM 6GB LPDDR4X dan memori internal 128GB.

Spesifikasi keduanya termasuk kencang di kelasnya dan cukup untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Tapi, di atas kertas spesifikasi MatePad Air dengan Snapdragon 888 dan RAM LPDDR5 akan menawarkan performa lebih kencang. Menjadikannya lebih serbaguna untuk produktivitas, multimedia hingga gaming.

MatePad Air Performance

Konferensi video lebih optimal dengan fitur FollowCam

MatePad Air dan MatePad 11 2023 dibekali kamera depan dengan sensor 8 megapixel yang sama.

Huawei MatePad Air 8

Bedanya, kamera MatePad Air menggunakan lensa Wide Angle yang lebih lebar. Huawei juga menambah dukungan fitur FollowCam. Fitur ini bisa memastikan Anda selalu di dalam frame saat konferensi video berlangsung.

Dukungan Display Out ke monitor atau TV

Huawei MatePad Air 11 8

Di MatePAd Air Huawei juga menambahkan dukungan fitur Display Out secara nirkabel atau lewat kabel Type-C. Fitur ini tidak tersedia di MatePad 11 2023. Dengan begitu MatePad Air bisa terhubung ke monitor atau TV untuk tampilan yang lebih besar. Lebih nyaman untuk mendukung produktivitas dan akan mempermudah untuk yang sering melakukan presentasi di kantor, sekolah atau kampus.

Kapasitas baterai besar

Terakhir adalah ketahanan baterai. MatePad 11 2023 ditenagai baterai dengan kapasitas 7250 mAh. Baterai MatePad Air kapasitasnya 8300 mAh. Dengan kapasitas baterai lebih besar MatePad Air 11 bisa menawarkan waktu guna yang lebih lama.

Paket penjualan komplit di kelasnya dengan WPS Office PC-Level

Huawei MatePad Air

Meski kedua tablet ini memiliki cukup banyak perbedaan, keduanya menawarkan paket penjualan yang sangat komplit. Huawei MatePad 11 2023 dan MatePad Air dalam paket penjualannya sudah termasuk Smart Detachable Keyboard, pena stylus M-Pencil generasi Ke-2 dan mouse bluetooth.

MAtePad Air WPS Office 1

Untuk mendukung produktivitas sehari-hari kedua tablet ini secara esklusif juga dilengkapi aplikasi WPS Office yang mirip di PC. Beberapa contoh fungsi dokumen kompleks yang dapat dilakukan pada kedua tablet ini yang sebelumnya tidak dapat dilakukan pada tablet dengan aplikasi office dengan interface mobile seperti fitur- custom margin di Word, pemakaian pivot table dan chart di Excel, hingga efek animasi yang kompleks di PowerPoint. Bahkan, pengguna dapat membuka beberapa dokumen dengan format yang sama sekaligus, misalnya buka beberapa Word pada waktu bersamaan. Ini sebelumnya tidak dapat dilakukan pada Office versi mobile yang ditemukan di tablet-tablet lain.

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button