Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNewsProduct News

Pentax K-3 Mark III Monochrome: DSLR Pertama dengan Sensor Monokrom untuk Foto Hitam Putih

Ricoh mengumumkan kehadiran Pentax K-3 Mark III Monochrome. Mengusung sensor monokrom kamera ini bisa dijadikan pilihan untuk para penggemar foto hitam putih.

Pentax K-3 Mark III Monochrome

Spesifikasi Pentax K-3 Mark III Monochrome

Kamera dengan sensor monokrom memang bukan hal baru. Sebelumnya, sudah ada Leica M-Monochrom yang merupakan kamera digital rangefinder pertama dengan sensor full frame monokrom. Pabrikan Phase One juga pernah meluncurkan sistem kamera medium format Achromatic khusus untuk foto hitam putih.

Tapi, untuk segmen DSLR memang K-3 Mark III Monochrome adalah yang pertama. Kamera ini hadir dengan sensor yang sama seperti Pentax K-3 Mark III standar yakni BSI CMOS APS-C yang resolusinya 25.7 megapixel.

Pentax K-3 Mark III Monochrome

Bedanya, sensor tersebut tidak dilengkapi dengan filter warna. Menurut Ricoh, dengan melepas filter warnanya kamera ini bisa menawarkan tingkat ketajaman gambar dan tonal yang lebih baik.

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna, Pentax K-3 Mark III Monochrome membawa tiga mode Custom Image yang dirancang khusus untuk fotografi hitam putih. Ketiga mode tersebut antara lain mode Standard, Hard dan Soft. Hard Mode bisa dipilih untuk menghasilkan foto hitam putih dengan kontras tinggi. Sementara, Soft Mode untuk foto hitam putih high-key dengan kontras rendah. Menariknya, semua mode tersebut bisa diatur tonal, kontras dan tingkat ketajaman sesuai selera masing-masing pengguna.

Pentax K-3 Mark III Monochrome

Jika bosan memotret K-3 Mark III Monochrome bisa digunakan untuk merekam video hitam putih. Di modus video kamera ini mendukung perekaman video hingga resolusi 4K/30p.

Fitur lain di kamera ini sudah tersedia dua slot kartu memori SD, layar sentuh 3.2 inci, dan sistem autofocus 101 titik.

Harga Pentax K-3 Mark III Monochrome

Pentax K-3 Mark III Monochrome akan tersedia di akhir April 2023 dengan harga US$2199.95 atau sekitar 32 Juta Rupiah. Lebih mahal US$200 dari versi standarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button