Quantcast
KomputerNewsPC DesktopWorkstation

AMD Radeon PRO W7000 Series: Kartu Grafis Kelas Profesional dengan Arsitektur RDNA 3 dan Dukungan DisplayPort 2.1

AMD mengumumkan kehadiran kartu grafis terbarunya yang ditujukan untuk workstation, yaitu AMD Radeon PRO W7000 Series. Terdiri dari Radeon PRO W7800 dan W7900, keduanya merupakan kartu grafis kelas profesional dan cocok untuk kebutuhan seperti desain maupun aplikasi kreatif.

Fitur AMD Radeon PRO W7000 Series

AMD Radeon PRO W7000 Series

Radeon PRO W7800 dan W7900 dibangun dengan arsitektur AMD RDNA 3, yang diklaim mampu memberikan peningkatan performa secara signifikan dibanding pendahulunya. Selain itu, keduanya juga menjadi GPU workstation pertama yang mengusung AMD Advanced Chiplet Design, sehingga selain kencang juga lebih efisien.

Kartu grafis ini dirancang untuk para profesional untuk membuat dan bekerja dengan model hitungan poligon tinggi, menghasilkan fidelitas gambar dan akurasi warna yang baik, serta menjalankan aplikasi berbasis grafis dan komputasi secara bersamaan tanpa mengganggu alur kerja.

Yang lebih menarik, Radeon PRO W7000 Series adalah GPU workstation pertama yang didukung AMD Radiance Display Engine dengan DisplayPort 2.1. Sekadar informasi, DisplatPort 2.1 menjanjikan transfer data 3x lebih cepat dibanding DisplayPort 1.4, untuk memungkinkan resolusi yang lebih tinggi dan warna yang lebih kaya.

Radeon PRO W7900

Radeon PRO W7900 didesain untuk beban kerja ekstrem, dengan 61 TFLOPS (Peak Single Precision) dan memori 48 GB GDDR6. Sementar Radeon PRO W7800 menawrakan 45 TFLOPS (Peak Single Precision) dengan memori 32 GB GDDR6. Keduanya juga didukung AI Acceleration yang diklaim punya performa 2 kali lebih baik dari generasi sebelumnya, dan teknologi Raytracing generasi kedua.

“AMD Radeon PRO W7000 Series memberi para profesional kemampuan untuk menangani proyek yang lebih besar, render lebih cepat dan menciptakan model yang lebih kompleks yang dimuat dengan lebih banyak piksel, lebih banyak poligon, dan lebih banyak tekstur,” kata Scott Herkelman, Senior Vice President and General Manager, Graphics Business Unit AMD.

Harga AMD Radeon PRO W7000 Series

AMD Radeon W7900 akan dijual dengan harga US$3999, sementara Radeon PRO W7800 harganya US$2499. Kedua kartu grafis ini dijadwalkan meluncur ke pasaran pada pertengahan 2023 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button