Quantcast
KomputerLaptopProduct NewsReview

Review Dell Inspiron 15 5510

Reader Rating0 Votes
0
8

Lewat Inspiron 15 5510 Dell menawarkan sebuah laptop yang tipis dan ringan dengan layar besar. Dua keunggulannya ini dipadukan dengan spesifikasi kencang di kelasnya. Menjadikannya cukup mencuri perhatian dari aspek desain ataupun performa.  Penasaran bagaimana dengan kebolehan laptop ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Dell Inspiron 15 5510

Kelebihan Dell Inspiron 15 5510

+ Desain premium yang tipis dan ringan
+ Layar memanjakan mata
+ Performa kencang untuk produktivitas sehari-hari
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Dilengkapi lampu backlit pada keyboard
+ Tersedia sensor sidik jari
+ Dilengkapi Thunderbolt 4

Kekurangan Dell Inspiron 15 5510

– Klik kanan pada touchpad agak keras
– Webcam HD
– Harga relatif mahal

Spesifikasi Dell Inspiron 15 5510:

  •  Prosesor Intel Core i7-11390H Processor (12MB Cache, up to 5.0GHz with ITBM3.0)
  • Intel Iris Xe Graphics with shared graphics memory
  • 16GB, 2x8GB, DDR4, 3200MHz
  • 1TB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive
  • Windows 11 Home
  • Microsoft® Office Home and Student 2021
  • Platinum Silver
  • 15.6″ FHD (1920 x 1080) Anti-glare LED Backlight NonTouch Narrow Border WVA Displa
  • Intel Wi-Fi 6 2×2 (Gig+) and Bluetooth 5.1
  • Fingerprint
  • SD card reader, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, Headset Jack 3.5mm, HDMI 1.4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, Thunderbolt 4.0 with DisplayPort and Power Delivery
  • 65 Watt AC Adapter
  • 4-Cell Battery, 54WHr (Integrated)
  • Internal Titan Grey English International Backlit Keyboard with Numeric Keypad
  • Dimensi: 35.6 cm x 22.89 cm x 1.79 cm
  • Bobot: 1.633 kg

 

Desain Dell Inspiron 15 5510

Modern dan minimalis. Itulah kesan pertama kami saat menjumpai laptop ini. Kesan premium juga semakin menonjol dengan material sasis alumunium yang dilapisi warna Platinum Silver.

Dell Inspiron 15 5510

Rancangan bodinya yang langsing hanya setebal 17.99 mm. Sementara, bobotnya hanya sekitar 1,63 Kg. Termasuk tipis dan ringan untuk sebuah laptop di kelas 15 inci. Sangat ideal untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Meski rancangan bodinya tipis port konektivitas yang dibawanya juga cukup komplit. Di laptop ini Dell masih menyediakan port HDMI 1.4 dan tersedia slot kartu memori SD. Satu nilai tambah kami bisa menemukan port Thunderbolt 4 dengan fungsi DisplayPort dan PowerDelivery. Jadi, bisa diandalkan untuk produktivitas bagi yang gemar multitasking menggunakan tambahan satu atau dua monitor.

Layar cemerlang

Inspiron 15 5510 membawa panel layar WVA 15.6 inci yang resolusinya Full HD. Layarnya terlihat kekinian dengan bingkai layar yang cukup tipis. Rasio panel layar ke bodinya mencapai 84.57%. Ini menjadikan area cakupan pandang di layarnya cukup luas. Sangat nyaman digunakan untuk bekerja atau menikmati konten multimedia.

Dell Inspiron 15 5510

Dengan resolusi Full HD tampilan di layar terlihat tajam dengan warna yang cemerlang. Dell juga menyematkan fitur CinemaColor untuk mendongkrak performa layarnya. Fitur ini menawarkan empat preset pengaturan layar yakni Movie, ComfortView, Sport, dan Animation. Setiap mode menawarkan tingkat saturasi warna, temperatur dan kontras yang berbeda.

Untuk penggunaan sehari-hari kami yang lebih banyak mengetik dan menonton konten di Youtube mode Movie sangat nyaman di mata. Kabar baiknya, jika opsi preset tersebut kurang cocok di mata Anda Dell masih mengijinkan pengaturan saturasi, temperatur dan kontras masing-masing preset tersebut sesuai selera pengguna.

Keyboard backlit yang nyaman digunakan

Bergeser ke area keyboard laptop ini membawa keyboard full size dengan gaya chiklet. Ukuran setiap tombolnya cukup besar dan tidak terlalu rata dengan bodi. Jadi, nyaman digunakan untuk mengetik dan tidak membuat tangan cepat lelah.

Dell Inspiron 15 5510

Untuk mendukung kegiatan megetik di kondisi temaram keyboardnya sudah dilengkapi lampu backlit. Di area keyboard juga bisa ditemukan sensor sidik jari untuk pengaman di pojok kanan paling atas.

Dell Inspiron 15 5510

Di bagian bawah keyboard bisa ditemukan area touchpad yang cukup lebar. Toucpad tersebut sangat respon dengan sentuhan jari dan mendukung fitur gestur multisentuh. Satu kekurangannya area klik kanan pada bagian bawah touchpad terasa agak keras saat ditekan.

Performa kencang dengan Intel Core H-Series

Dell Inspiron 15 5510

Dell Inspiron 15 5510 tersedia dengan dua konfigurasi prosesor. Menggunakan Intel Core i5 dan Intel Core i7. Unit yang kami review berikut ini menggunakan prosesor Intel Core i7-11390H. Prosesor tersebut disokong RAM 16GB dan ruang penyimpanan yang lapang dengan kapasitas hingga 1TB. Berikut hasil benchmark dari Dell Inspiron 15 5510.

Tidak bisa dimungkiri laptop dengan prosesor Intel Core Generasi Ke-11 di tahun 2023 memang agak sedikit ketinggalan. Mengingat kebanyakan laptop yang tersedia di pasaran sekarang sudah menggunakan prosesor Intel Core Generasi Ke-12 dan dengan Intel Core Generasi Ke-13 akan tersedia dalam waktu dekat.

Tapi, secara keseluruhan performa Intel Core i7-11390H terbukti masih sangat andal. Memadai untuk mendukung produktivitas harian seperti menjalankan aplikasi office, browsing dan konferensi video. Kinerjanya secara keseluruhan terasa amat gegas dan nyaris tanpa lag. Meski tidak dilengkapi kartu grafis diskrit, performa kartu grafis Intel Iris Xe yang dibawanya juga masih cukup untuk mendukung penyuntingan foto atau video yang sederhana, gaming ringan hingga menikmati konten multimedia di resolusi 4K.

Thermal mode Dell Inspiron 15 5510

Untuk manajemen thermal Dell menyediakan empat opsi pengaturan performa yang bisa diakses lewat aplikasi My Dell. Di antaranya Cool, Optimized, Quiet dan Ultra Performance. Di mode Optimized atau standar kinerja kipas pendingin secera otomatis akan diatur sesuai dengan beban komputasi. Dari pengujian kami mode ini cukup untuk penggunaan harian. Kinerja kipas pendingin relatif senyap dan efektif menjaga suhu laptop agar tidak cepat panas.

Dell Inspiron 15 5510

Daya tahan baterai cukup untuk harian

Laptop ini membawa baterai dengan kapasitas 54Wh. Untuk menguji daya tahan baterainya kami menyalakan mode Battery Saver Windows, menonaktifkan fitur location dan bluetooth, mode thermal Optimized, pengaturan tingkat kecerahan layar 30%, terhubung ke Wifi dan tidak menyalakan lampu backlit keyboard. Dengan pengaturan tersebut untuk mengetik dokumen, browsing dan sesekali menonton video Youtube di resolusi Full HD kami bisa mendapatkan waktu guna hingga sekitar 8 jam. Daya tahan baterainya memang bukan yang terbaik. Tapi, ini perlu dimaklumi mengingat Dell menyematkan prosesor Intel H-Series yang sangat bertenaga.

Kesimpulan

Untuk sebuah laptop produktivitas Dell Inspiron 15 5510 jelas bisa diandalkan. Layar besar dan keyboard full size yang dibawanya sangat nyaman digunakan. Meski ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-11 dan tidak dilengkapi kartu grafis diskrit, performanya juga tetap masih terasa kencang di tahun 2023.

Satu nilai tambah laptop ini telah disokong RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD 1TB yang sangat lapang. Selain laptop gaming memang cukup jarang bisa dijumpai laptop 15 inci yang ditenagai prosesor Intel Core H-Series dengan RAM dan SSD sebesar Inspiron 15 5510.

Imbasnya, harga jual laptop ini memang tergolong premium. Ada di kisaran 17 Jutaan Rupiah. Menjadikannya bersaing ketat dengan laptop gaming 15.6 inci kelas mainstream. Jika tidak keberatan dengan harganya, laptop ini wajib dipertimbangkan bagi siapa saja yang membutuhkan laptop 15.6 inci kencang dengan desain tipis dan ringan untuk produktivitas sehari-hari.

Laptop ini wajib dipertimbangkan bagi siapa saja yang membutuhkan laptop 15.6 inci kencang dengan desain tipis dan ringan untuk produktivitas sehari-hari.
Desain
8.5
Fitur
7.5
Performa
8.8
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score

Back to top button