Blibli Sukses Gelar Eksibisi Langkah Membumi

Sebagai pelopor ekosistem omnichannel terintegrasi, Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market menggelar eksibisi Langkah Membumi. Eksibisi ini bertujuan untuk mengajak masyarakan untuk hidup lebih ramah lingkungan. Selain itu, Langkah Membumi juga menjadi bukti komitmen Blibli mengusung visi kolaboratif untuk menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia dengan penerapan ekonomi sirkular untuk menyukseskan SDG (Sustainable Development Goals).

blibli langkah membumi

“Blibli bersama ekosistem kami, tiket.com dan Ranch Market sangat bangga bisa menginisiasi gaya hidup ‘hijau’, yang disertai tingginya antusias pengunjung, baik dari kaum profesional dan keluarga, menjadikan eksibisi ini ajang pembelajaran bagi generasi muda,” ujar Yolanda Nainggolan, VP, Public Relations, Blibli.

Sukses secara offline maupun online

Selama tiga minggu eksibisi yang berlangsung dari 11 November hingga 4 Desember 2022 di ASHTA District 8, Jakarta Selatan, pengunjung mendapatkan edukasi mengenai darurat sampah di ibukota. Termasuk proses pengolahan sampah e-commerce menjadi produk dengan kemanfaatan baru.

svg%3E

Blibli pun turut memajang dan menjual hasil olahan sampah operasionalnya, terdiri dari kardus dan plastik, menjadi barang-barang seperti multi purpose tote bag, pouch, mobile phone holder, laptop sleeve case, dan T-shirt, yang turut memberdayakan komunitas perempuan tmarjinal hasil kerja sama dengan sebuah social enterprise, Liberty Society. Produk-produk tersebut juga bisa dipesan lewat eco hub Blibli Cinta Bumi dengan harga mulai dari Rp200.000.

Melalui kegiatan ini, Blibli telah menyumbang pada konservasi alam dan pemberdayaan komunitas marjinal dengan menggandeng beberapa pihak yang memiliki kesamaan visi. Bersama Plana, social enterprise, memproduksi kayu ramah lingkungan yang terbuat dari plastik bekas dan sekam beras, mendaur ulang 120 kilogram plastik daur ulang dan 240 kilogram gabah yang setara dengan menyelamatkan 90 pohon.

svg%3E

Bekerja sama dengan Bioma perusahaan jasa rental furniture yang mendukung efisiensi penggunaan produk, serta berkolaborasi dengan Liberty Society untuk memulai ekonomi sirkular yang memberikan dampak untuk memberikan pelatihan kepada 120 perempuan di 3 provinsi. Lebih jauh lagi, pada proses produksi produk upcycled sampah Blibli telah memberi tambahan penghasilan hingga 4-5x lipat pada komunitas perempuan marjinal. Dimana untuk keseluruhan kegiatan ini sudah mendukung sembilan pilar pembangunan berkelanjutan, mulai dari konsumsi dan produk bertanggung jawab sampai dengan berkurangnya kesenjangan.

Keberhasilan eksibisi Langkah Membumi ini juga disambut antusias oleh warganet. Di luar pengunjung, Blibli juga mencatat lonjakan kunjungan pada laman kurasi eco hub Blibli Cinta Bumi mencapai >10.000 selama satu bulan terakhir. Selain itu, Blibli juga mencatat kepedulian pengunjung, termasuk pekerja kantoran di kawasan SCBD yang peduli akan eco-conscious lifestyle, sesederhana berpartisipasi dengan mengembalikan kemasan bekas berupa kardus dan kemasan plastik.

Verified by MonsterInsights