Canon DP-V1830: Monitor Reference Profesional untuk Penyiaran

Menyasar segmen profesional, Canon mengumumkan kehadiran monitor DP-V1830. Tidak seperti monitor umumnya, Canon DP-V1830 masuk di kategori monitor referece.

svg%3E

Fitur Canon DP-V1830

Dalam dunia penyiaran monitor reference adalah monitor khusus yang digunakan untuk memantau output video dari kamera. Reference monitor bisa menjadi acuan untuk memastikan kamera bisa menghasilkan gambar seakurat mungkin. Ini karena gambar dari kamera akan langsung disiarkan dan tidak lagi melalui proses penyuntingan.

Canon DP-V1830 hadir dengan panel LCD yang ukurannya 18.4 inci. Panel ini memang tidak dirancang untuk bisa menghasilkan kontras yang tinggi seperti monitor dengan panel OLED. Gantinya, panel layar tersebut bisa menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi.

svg%3E

Canon DP-V1830 bisa menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Sesuai standar ITU-R BT.2100 untuk HDR yang digunakan dalam dunia penyiaran. Dilengkapi dengan sistem lampu LED backlit yang unik, monitor ini juga bisa menghasilkan gambar dengan warna yang akurat. Dengan tambahan konfigurasi optikal Canon DP-V1830 juga menawarkan cakupan sudut pandang yang lebih luas. Jadi, tampilan di layarnya akan tetap terlihat konsisten dan akurat di lihat dari berbagai arah.

svg%3E

Secara keseluruhan Canon DP-V1830 hadir dengan desain yang bongsor. Bobotnya sekitar 7,4 Kg. Di atas rata-rata monitor PC pada umumya. Kedepannya, Canon juga akan menambahkan beberapa fitur lewat pembaruan firmware seperti tambahan kemampuan bisa menampilkan dua hingga empat gambar input dari kamera berbeda, diagram kromatik, bisa memantau waveform RGB, dan mendukung SD-SDI.

Harga Canon DP-V1830

Canon DP-V1830 akan tersedia di bulan Januari 2022. Harga jualnya juga tidak murah. Harga Canon DP-V1830 US$14300 atau sekitar 200 jutaan Rupiah.