Quantcast
Foto & VideoAksesoris Foto & VideoNewsProduct News

ProGrade CFexpress Type A Cobalt: Mendukung Perekaman Video 8K, Harga Lebih Murah

Pabrikan kartu memori, ProGrade, merilis lini kartu memori CFExpress Type A Cobalt. Lini kartu memori CF Express teranyarnya ini menawarkan kecepatan baca tulis yang cepat dengan harga lebih murah.

ProGrade CFexpress Type A Cobalt 1

Fitur ProGrade CFexpress Type A Cobalt

Kartu memori CFexpress Type A adalah kartu memori dengan ukuran yang lebih kecil dari kartu memori SD. Tapi, performanya tiga kali lebih cepat dari kartu memori SD.

ProGrade CFexpress Type A Cobalt menawarkan performa dengan standar VPG 400. Standar ini menetapkan kartu memori wajib bisa mempertahankan kecepatan tulis setidaknya 400MB/detik terus menerus tanpa penurunan performa. ProGrade CFexpress Type A Cobalt punya kemampuan baca hingga 800MB/detik dan kecepatan tulis hingga 700MB/detik.

Dengan kecepatan baca tulis yang sangat kencang tersebut kartu memori ini sudah sangat ideal untuk mendukung perekaman video resolusi tinggi. Bahkan, hingga resolusi 8K di format ProRes 422 HQ.

Sayangnya, kartu memori CFexpress Type A memang kurang populer. Tidak seperti kartu memori SD yang menjadi standar umum banyak kamera digital. Ini karena tidak banyak kamera digital yang kompatibel dengannya. Hanya pabrikan Sony saja yang masih menyediakan kamera digital dengan slot kartu memori CFexpress Type A. Alasan kedua adalah harga jualnya. Harga CFexpress Type A lebih mahal jika dibandingkan kartu memori SD. Sekalipun dengan besaran kapasitas yang sama.

Harga ProGrade CFexpress Type A Cobalt

Harga ProGrade CFexpress Type A Cobalt US$330. ProGrade hanya menyediakan satu pilihan kapasitas saja yakni 160GB. Jika berminat kartu memori ini sudah bisa di pre-order melalui situs ProGrade.

2 komentar

  1. wajar kartu CFx-A masih mahal, namanya juga format baru, produsen masih sedikit, pasokan masih terbatas, bahkan jika dibandingkan saudaranya, kartu CFx-B

    tapi masih jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya, kartu SDx yang belum ada satupun produsen yang memproduksi perangkat host-nya

    kartu CFx-A & SDx sama2 menggunakan antarmuka 1 jalur PCIe 3.0, ini adalah revolusi

Back to top button