Xiaomi RedmiBook 15 Pro dan RedmiBook 15 E-Learning Edition: Duo Laptop 15 Inci Murah Untuk Kreator Pemula dan Pelajar

Beberapa waktu lalu, Xiaomi resmi mengumumkan RedmiBook 15 yang merupakan laptop pertamanya di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan untuk pasar India. Bedanya, di India Xiaomi menghadirkan RedmiBook 15 Pro dan RedmiBook 15 E-Learning Edition.

svg%3E

Xiaomi RedmiBook 15 Pro

Perlu dicatat, RedmiBook 15 Pro versi India ini beda spesifikasi dan fitur dengan RedmiBook Pro sebelumnya yang diumumkan untuk pasaran China. Kendati demikian, laptop 15.6 inci dengan layar Full HD ini tetap menarik di kelas harganya.

RedmiBook 15 Pro akan ditenagai dengan prosesor Intel Core Generasi Ke-11 Seri H. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5-11300H. Prosesor tersebut disokong RAM 8GB dan tersedia ruang penyimpanan SSD NVMe yang kapasitasnya 512GB.

Di departemen grafis cukup disayangkan Xiaomi tidak melengkapinya dengan gpu diskrit Nvidia atau Radeon. Tapi, mengandalkan gpu Intel Xe Graphics setidaknya performanya cukup untuk mengakomodir kegiatan konten kreasi yang tidak terlalu berat. Cocok untuk para kreator pemula.

svg%3E

Fitur menarik lain, RedmiBook 15 Pro telah dilengkapi dengan trackpad dengan Windows Precision Driver yang mendukung gestur multisentuh. Keyboard yang dibawanya memiliki travel distance 1.5mm dan dilengkapi aplikasi SmartShare untuk mempermudah berbagi file dari smartphone ke laptop ini atau sebaliknya.

Xiaomi RedmiBook 15 E-Learning

svg%3E
Sementara, RedmiBook 15 E-Learning Edition hadir dengan spesifikasi mirip RedmiBook 15 yang dirilis di Indonesia. Prosesor yang digunakan Intel Core i3 Generasi ke-11, Intel Core i3-1115G4. Laptop ini juga didukung RAM 8GB. Nah, beda dengan RedmiBook 15 yang hadir di Indonesia adalah ruang penyimpanan. RedmiBook 15 di Indonesia hanya tersedia ruang penyimpanan dengan SSD M.2 SATA yang kapasitasnya 256GB.

Sementara, RedmiBook 15 E-Learning ruang penyimpanan yang tersedia ada dua opsi. Xiaomi menyediakan opsi dengan SSD M.2 SATA 256GB atau SSD NVMe SSD yang performanya lebih kencang dengan kapasitas 512GB. Di sektor layar panel layar yang dibawanya berukuran 15.6 inci dengan resolusi Full HD.

Harga Xiaomi RedmiBook 15 Pro dan RedmiBook 15 E-Learning

Di India harga Xiaomi RedmiBook 15 Pro 44,999 Rupee dan harga RedmiBook 15 E-Learning 41,999 Rupee. Jika di Rupiahkan harganya ada di kisaran 8 jutaan Rupiah. Kedua laptop ini sudah termasuk sistem operasi Windows 10 dan dipastikan mendapat pembaruan ke Windows 11. Selain itu, juga mendapatkan aplikasi Microsoft Office Home and Student. Jadi, wajar jika harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan RedmiBook 15 di Indonesia yang harganya 6 jutaan dengan Windows 10 saja. Apakah Xiaomi juga akan memboyong kedua laptop ini ke Indonesia? Kita tunggu saja..