Quantcast
ReviewKomputerLaptop GamingNewsProduct News

Review Lenovo Legion 5 Pro

Laptop dengan panel layar 16 inci mulai bermunculan di pasaran. Di segmen gaming Lenovo menghadirkan Legion 5 Pro yang hadir dengan spesifikasi prosesor AMD Ryzen mobile 5000 series dan kartu grafis Nvidia RTX 30 series. Penasaran bagaimana kebolehan laptop gaming Lenovo pertama dengan layar 16 inci ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Legion 5 Pro 3

Desain Lenovo Legion 5 Pro

Garis desain minimalis khas Lenovo Legion masih dipertahankan. Bedanya, aura gamingnya kini sedikit lebih menonojol. Desainnya ini memang masih familiar. Tarikan dua garis miring dan logo Y Legion yang bisa menyala di bagian case alumuniumnya langsung mengingatkan kami dengan varian Legion Y545.

Lenovo Legion 5 Pro 1

Untuk model yang kami review ini hadir dengan warna Storm Grey. Semoga saja Lenovo Indonesia juga akan menghadirkan versi warna putihnya (Stingray White) yang memang terlihat lebih keren dan tidak pasaran.

Dimensi bodi Legion 5 Pro tergolong bongsor. Rancangan bodinya ini sangat kokoh. Meski masuk kategori laptop 16 inci dimensi bodinya hanya sedikit lebih besar dari laptop 15 inci. Bodinya juga agak tebal dengan bobot sekitar 2,45 Kg. Relatif berat dan kurang ideal untuk diajak bermobilitas.

Satu nilai tambah laptop ini tidak pelit konektivitas. Seperti varian Legion yang lain penempatan port konektivitas yang utama ada di bagian belakang bodi. Di samping kiri ada port USB Type-C (USB 3.2 Gen 2 dan DisplayPort 1.4.) dan port audio 3.5 mm. Di sisi kanan hanya ada satu port USB-A 3.2 Gen 1. Port ini ditemani dengan tuas E-shutter untuk menonaktifkan kamera webcam. Jadi, privasi bisa terlindungi saat webcam tidak digunakan.

Sementara, di bagian belakang bodinya tersedia tiga port USB-A 3.2 Gen 1. Salah satu port tersebut mendukung Always-on USB Charging untuk isi ulang baterai gawai lain saat laptop dalam keadaan nonaktif. Selain itu, tersedia satu port USB-C (USB 3.2 Gen 2, DisplayPort 1.4, power delivery), HDMI 2.1, RJ45 dan port untuk suplai daya. Seperti Legion 5/5i dan Legion 7i tidak ditemukan slot pembaca kartu memori SD. Jika membutuhkan fitur tersebut Anda bisa memilih varian Legion Slim 7i.

Layar Lenovo Legion 5 Pro

legion 5 pro 2
Sebagai laptop gaming Lenovo pertama dengan layar 16 inci, sektor layar memang menjadi salah satu unggulannya. Rasio aspek layarnya 16:10. Tampak lebih tinggi jika dibandingkan layar 16:9 standar. Ini menjadikan area pandangnya lebih luas.

Panel layar IPS yang dibawanya memiliki resolusi 2K 2560 x 1600 pixel. Alhasil, tampilan di layarnya terlihat sangat tajam. Warnanya juga sangat menawan dan akurat. Panel layarnya ini mendukung standar cakupan warna sRGB 100%. Untuk memastikan akurasi warnanya, Lenovo telah melakukan kalibrasi layar dari pabrikan dengan standar X-Rite dari Pantone. Sangat bisa diandalkan untuk mendukung konten kreasi.

Sebagai laptop gaming panel layarnya juga telah mendukung refresh rate 165Hz. Sangat nyaman bermain game di refresh rate layarnya yang tinggi ini. Tingkat kecerahan layarnya maksimum hingga 500 nits. Jadi, tidak pantang saat digunakan di kondisi pencahayaan yang sangat terang. Laptop ini juga mendukung Dolby Vision, HDR 400, Free-Sync dan G-Sync.

Keyboard Lenovo Legion 5 Pro

Lenovo Legion 5 Pro 6
Bergeser ke area keyboard Legion 5 Pro masih tetap membawa keyboard Lenovo TrueStrike andalan Legion. Ukuran dan jarak setiap tombolnya sangat pas. Keyboard ini sangat responsif dengan dukungan fitur 100% anti ghosting. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik atau bermain game. Sebagai pelengkap tidak ketinggalan hadir dukungan lampu backlit RGB yang bisa diatur output warna, tingkat gelap terang dan efek pencahayaan sesuai selera.
Lenovo Legion 5 Pro 5
Bergeser ke area trackpad Legion 5 Pro kini datang dengan ukuran trackpad yang lebih besar. Area trackpadnya 23% lebih besar. Trackpad tersebut juga sangat responsif dengan sentuhan jari. Tombol klik kiri dan kanan mouse yang dibawanya juga sangat nyaman dan tidak berisik saat ditekan.

Audio Lenovo Legion 5 Pro

Bergeser ke sektor audio Legion 5 Pro membawa speaker 2x2W. Sektor audionya kini disokong fitur Nahimic 3D Audio. Fitur ini menggantikan Dolby Atmos for gaming di Legion sebelumnya. Dari pengujian kami output suara dari speaker Legion 5 Pro memang bukan yang terbaik di lini Legion. Suaranya cukup jernih namun agak sedikit kurang bertenaga. Walau begitu, speakernya cukup untuk mengakomodir kegiatan gaming atau menikmati konten multimedia.

Fitur Lenovo Legion 5 Pro

legion 5 pro vantage

Di Legion 5 Pro ada cukup banyak fitur baru yang kami temukan. Selain tuas e-shutter untuk menonaktifkan webcam dan lampu backlit keyboard yang sudah kami sebutkan sebelumnya, aplikasi Lenovo Vantage juga masih tersedia.

vantage scan performance e1628080775221

Di Lenovo Vantage gamer bisa memantau CPU, RAM, dan GPU hingga melakukan sederetan pengaturan laptop ini dengan lebih cepat dan mudah. Pengguna juga bisa memantau performa laptop lewat fitur Smart Performance. Fitur ini secara otomatis akan memindai sistem laptop dan mengoptimalkan kinerjanya. Lenovo Vantage juga menyediakan fitur hybrid mode yang jika aktif akan memungkinkan laptop secara otomatis berpindah ke gpu terintegrasi dan menonaktifkan gpu diskrit Nvidia agar penggunaan daya bisa lebih efisien.

Hadir juga conservation mode untuk membatasi pengisian baterai hingga persentase tertentu, fitur rapid charge untuk mempercepat isi ulang baterai dan flip to start yang memungkinkan laptop otomatis start up saat layar laptop dibuka tanpa perlu menekan tombol power.

xritecolor asssistant e1628080797603

Mode performa yang bisa diakses lewat menekan tombol pintas FN+Q juga masih tersedia. Ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu Quiet, Balance, dan Performance. Di Lenovo Vantage Legion 5 Pro juga tersedia X-Rite Color Assistant untuk kalibrasi warna. X-Rite Color Assistant menyediakan tiga preset kalibrasi warna dengan standar berbeda.

Nahimic 1 e1628080706496

Untuk mendongkrak audionya di laptop ini bisa ditemukan fitur Nahimic Audio 3D. Aplikasi Nahimic Audio 3D menawarkan sederetan opsi pengaturan yang lengkap. Beragam opsi mode dan efek pengaturan suara tersedia. Opsi ini bisa dipilih dan menurut kami efeknya lebih terasa lebih optimal saat bermain game menggunakan headphone gaming.

Fitur Legion 5 Pro baru yang lain adalah fungsi untuk merubah refresh rate layar. Fungsi ini bisa diakses lewat tombol pintas FN+R. Dengan menekan tombol pintas tersebut gamer bisa langsung memilih refresh rate layar 60 Hz untuk menghemat baterai, atau 165Hz untuk gaming tanpa perlu lagi masuk ke settings Windows.

Performa Lenovo Legion 5 Pro

Lenovo Legion 5 Pro 7
Masuk ke sektor performanya spesifikasi Lenovo Legion 5 Pro dipercayakan pada prosesor AMD Ryzen 7 5800H. Untuk unit yang kami terima ini hadir dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 6GB. Konfigurasi RAM yang dibawanya 16GB. Tersedia dua slot RAM dan masih diupgrade maksimum hingga 32GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe yang kapasitasnya 1TB. Jika kurang masih ada satu slot M.2 yang bisa dipasang SSD tambahan. Jadi, lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil benchmark Legion 5 Pro sebagai berikut:

Spesifikasi Lenovo Legion 5 Pro ini berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang sangat kencang untuk beragam kebutuhan. Menjalankan aplikasi produktivitas sehari-hari seperti Microsoft Office dan browsing tentu tidak menjadi masalah. Untuk kebutuhan konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video di resolusi tinggi pun masih sangat bisa diandalkan.

cyberpunk2 preset ultra Full HD
Game Cyberpunk 2077

Untuk performa gamingnya juga memuaskan. Mengandalkan mode Performance di pengujian game Metro Exodus Enhanced Edition kami bisa bermain dengan cukup lancar di kisaran 40 fps untuk pengaturan grafis Extreme, Ray Tracing Ultra, dan DLSS di opsi Quality. Sementara, di pengujian Cyberpunk 2077 masih bisa mendapatkan sekitar 50 fps di resolusi Full HD dan DLSS Quality. Untuk RDR2 juga masih bisa mendapatkan rata-rata di kisaran 40 fps dengan opsi grafis ultra, DLSS Quality dan di resolusi 2K.

Spesifikasi Lenovo Legion 5 Pro dengan RTX 3060 ini memang bisa diandalkan untuk game-game AAA. Kendati demikian, untuk game-game tersebut meski resolusi layarnya 2K menggunakan opsi DLSS dan Ray Tracing memang akan lebih nyaman dimainkan di resolusi Full HD. Jika bermain di resolusi 2K tentunya perlu ada kompromi. Pengaturan grafis bisa ke setting medium atau high, dan opsi efek lain tidak perlu diatur ke opsi paling optimal untuk pengalaman gaming yang lebih lancar.

Sistem pendingin

Manajemen thermal Legion 5 Pro kini mengusung teknologi pendingin Legion Coldront generasi ketiga. Dari pengujian kami, saat gaming di mode Performance, suhu CPU dan GPU miliknya yang berlari kencang di kecepatan maksimal jika dipantau memang akan sangat panas. Tapi, Legion Coldfront 3.0 cukup mampu menjaga kinerja sistem agar tetap stabil. Kompromi lain area permukaan keyboard terasa agak hangat. Area paling panas ada di sisi kanan atas bodi. Ini cukup wajar seperti kebanyakan rata-rata laptop gaming dengan performa tinggi lain. Sisi kiri area WSAD relatif dingin dan aman. Setidaknya, tidak menggangu pengalaman gaming secara keseluruhan. Kinerja kipas pendinginnya juga terdengar agak berisik. Untuk pengalaman penggunaan yang lebih senyap dan dingin Anda tentu masih bisa memilih mode FN+Q Quiet.

Baterai Lenovo Legion 5 Pro

Untuk penggunaan non gaming kami menggunakan pengaturan mode Quiet, Windows power settings di power saver, mengaktifkan hybrid mode, dan mematikan fitur Always On USB Charge. Kemudian, tidak menyalakan koneksi Bluetooth, Location dan keyboard backlit, serta tingkat gelap terang 30%. Dengan skema tersebut sambil terhubung ke WiFi untuk browsing dan mengetik dokumen di aplikasi office kami bisa mendapatkan waktu guna hingga nyaris 5 jam.

Bukan yang terbaik jika dibandingkan varian Legion lain yang pernah kami uji sebelumnya dengan skema yang sama. Baterainya yang lebih boros ini bisa karena resolusi panel layarnya yang lebih tinggi dan performanya yang memang lebih bertenaga. Seperti varian Legion yang lain, baterainya turut mendukung fitur Rapid Charge untuk mempersingkat waktu isi ulang baterainya.

Kesimpulan

Memadukan layar 2K 16 inci yang menawan, performa AMD Ryzen 7 5800H dan GPU Nvidia RTX 3060, Legion 5 Pro memang nyaris sempurna. Resolusi layar yang tinggi dan performa yang sangat kencang tidak bisa dimungkiri berimbas pada daya tahan baterainya yang relatif singkat. Tapi, hal tersebut masih bisa dikesampingkan. Sejatinya laptop gaming menurut kami memang akan lebih ideal digunakan dengan keadaan terus dicharge untuk mendapatkan pengalaman gaming paling optimal.

Harga Legion 5 Pro di kisaran 25 jutaan Rupiah. Kombinasi fitur, performa dan semua keunggulan yang ditawarkannya tersebut memang tidak menjadikannya laptop gaming terbaik yang ada di pasaran saat ini. Kendati demikian, menurut kami Legion 5 Pro berhasil menjadi salah satu varian Legion 5 terbaik yang pernah ada.

Legion 5 Pro cocok untuk:

Gamer: Spesifikasi Legion 5 Pro yang kencang ideal untuk gaming AAA. Layar 2K 16 inci dengan rasio 16:10 sangat nyaman untuk gaming.
Konten kreator: Layar akurat dengan standar cakupan warna sRGB 100% dan telah dikalibrasi dari pabrikan sangat cocok untuk konten kreasi.

Kelebihan Lenovo Legion 5 Pro:

+ Performa kencang
+ Layar 2K 16 inci 165 Hz
+ Warna layar akurat dan dilengkapi X-Rite Color Assistant untuk kalibrasi warna
+ Kapasitas SSD besar dan masih bisa diekspansi
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Konektivitas lengkap
+ Webcam dengan e-shutter untuk privasi

Kekurangan Lenovo Legion 5 Pro

– Audio kurang bertenaga
– Tidak dilengkapi slot microSD
– Tidak dilengkapi sensor sidik jari atau IR Camera
– Kinerja paling maksimal agak panas
– Baterai agak boros
– Kipas pendingin agak berisik

Kombinasi fitur, performa dan semua keunggulan yang ditawarkannya tersebut memang tidak menjadikannya laptop gaming terbaik yang ada di pasaran saat ini. Kendati demikian, menurut kami Legion 5 Pro berhasil menjadi salah satu varian Legion 5 terbaik yang pernah ada.
9
Back to top button