Quantcast
NewsDroneMobile Gadget

DJI FPV: Standar Baru Drone FPV, Bisa Ngebut dan Rekam Video 4K

Merayakan 15 tahun debutnya sebagai pabrikan drone, DJI resmi merilis DJI FPV. Berkat sederetan teknologi baru yang dibawanya DJI kembali menaikkan standar drone di kategori FPV. Pasalnya, DJI FPV menawarkan konsep hibrid dengan kemampuan terbang seperti drone balap, bisa diandalkan untuk pengambilan video sinematis seperti drone pada umumnya, dan menawarkan kendali yang responsif mirip drone rakitan.

DJI FPV 1

Spesifikasi DJI FPV

Tidak seperti keluarga Mavic-Series, DJI FPV tidak hadir dengan konsep lipat. Kendati demikian, dimensinya tetap ringkas dan mudah diajak berpergian. Untuk mengambil gambar drone ini membawa kamera dengan sensor 1/2.3 inci yang resolusinya 12 megapixel. Kameranya tersebut dilengkapi lensa yang bisa menangkap gambar dengan sudut 150 derajat. Untuk menstabilkan pengambilan gambar kameranya terpasang di gimbal 1-axis. Sistem stabilisasinya masih didukung teknologi penstabil RockSteady. Teknologi ini diklaim bisa menstabilkan pengambilan gambar dengan sangat mulus tanpa efek rolling shutter saat drone terbang dengan kecepatan tinggi.

DJI FPV 5

Kameranya ini bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi 4K/60p atau 1080p/120p dan video dengan output bitrate 120 Mbps. Bahkan, pengambilan gambar yang sinematis juga dimungkinkan lewat kemampuan perekaman video gerakan lambat 4x. Memotret atau merekam video keduanya bisa dilakukan secara bersamaan. Untuk durasi terbang, DJI menjanjikan waktu terbang selama 20 menit untuk sekali isi ulang baterai.

Fitur DJI FPV

Sebagai drone FPV ekosistem aksesorisnya ada tiga yakni FPV Google V2, remot kendali dan Motion Controller.

DJI FPV 2

Saat terbang DJI FPV Google V2 bisa langsung menampilkan visual yang dilihat kamera drone secara real time. Berkat teknologi DJI O3 Transmission (OcuSync 3.0), kamera drone bisa mengirimkan gambar yang tajam dengan tingkat latensi sangat rendah hingga jarak maksimum 10 Km ke FPV. Untuk mode terbang dengan FPV ada tiga mode yang tersedia yakni Standard Low-Latency HD mode, Smooth mode dan Audience Mode.

DJI FPV 3

Aksesoris yang paling menarik adalah Motion Controller. Motion Controller hadir untuk menawarkan kendali yang lebih mudah dan fleksibel jika dibandingkan menggunakan remot kendali. Pasalnya, Motion Controller bisa memungkinkan kendali gerak drone mengikuti gerakan tangan Anda.

DJI FPV juga mengedepankan kemampuan terbang yang mudah. Mode terbangya ada tiga yakni Normal mode, Sport, dan Manual. Di mode Normal pilot bisa terbang dengan sangat aman karena di mode ini semua sensornya akan aktif. Jika bertemu rintangan yang menghadang kecepatan drone juga akan otomatis melambat. Kecepatan terbang di mode ini hanya 50 km/jam.

Beralih ke mode Sport, mode ini menawarkan kendali drone yang lebih dinamis. Drone bisa terbang dengan lebih cepat hingga kecepatan 97 km/jam. Kemampuan akselerasinya di mode ini dari 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 2 detik. Di mode Sport drone juga masih dimungkinkan untuk mengambang di udara, tapi sensor penghadang rintangannya tidak aktif.

Terakhir adalah mode Manual. Di mode ini pilot bisa menikmati semua potensi DJI FPV sebagai drone FPV. Kemampuan mengambang di udara dan semua sensornya tidak akan aktif. Ini artinya, Anda wajib sudah terbiasa menerbangkan drone FPV sebelumnya. Untuk kecepatan terbangnya mode Manual bisa hingga 140 km/jam.

Satu fitur paling menarik dari DJI FPV adalah hadirnya fitur rem darurat. Saat tombol rem ditekan drone akan otomatis langsung berhenti dan mengambang di udara. Jadi, sangat aman untuk menghindari tabrakan. DJI FPV juga dilengkapi fitur ADS-B yang berfungsi untuk menginfokan pilot jika ada drone lain yang mendekat. Terakhir hadir fitur RTH atau Return To Home yang memungkinkan drone kembali ke titik awal terbang secara otomatis.

Harga DJI FPV

DJI FPV dijual dengan harga US$1299 untuk paketan combo. Paketan ini terdiri dari satu unit drone DJI FPV, remote kendali, FPV Google V2 dan satu baterai.

Back to top button