[Tips] Backup Foto dari Kamera Canon Langsung ke Google Photos

Backup atau membuat cadangan hasil-hasil foto dari kamera memang pekerjaan yang cukup memakan waktu. Nah, kabar baik datang untuk para pengguna kamera Canon. Pasalnya, Canon kini resmi menggandeng Google untuk menambah layanan penyimpanan komputasi awan di aplikasi mobile image.canon.

svg%3E

Lewat kerjasama ini pengguna kamera Canon dimungkinkan untuk memindahkan foto dari kamera Canon langsung ke layanan Google Photos lewat smartphone atau tablet. Berikut beberapa model kamera DSLR dan mirrorless Canon yang kompatibel dengan fitur ini.

svg%3E

Untuk langkah-langkah menghubungkan layanan Google Photos di aplikasi image.canon caranya juga sangat mudah.

1. Pastikan aplikasi image.canon sudah ada di smartphone atau tablet. Jika belum ada aplikasi ini bisa didapatkan di Play Store untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS.

2. Pastikan Anda sudah berlangganan layanan Google One. Jika belum langganan silahkan ke tautan berikut. https://one.google.com/.

3. Buka aplikasi image.canon
4. Klik (+) New di bagian menu Connected Web Service
svg%3E

5. Pilih layanan Google Photos
svg%3E
6. Kemudian klik connect. Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google dan memberi ijin akses aplikasi image.canon
svg%3E

7. Setelah Google Photos tersambung ke aplikasi image.canon pastikan opsi transfer foto dari kamera diaktifkan. Foto nantinya bisa langsung dipindahkan ke Google Photos dengan resolusi penuh tanpa kompresi.
svg%3E

Menariknya, Canon memberikan kesempatan para pengguna kamera Canon untuk mencoba layanan ini.
svg%3E

Bagi yang belum pernah berlangganan Google One sebelumnya Canon memberikan gratis satu bulan layanan Google One dengan kapasitas 100 GB. Selamat mencoba!

Verified by MonsterInsights