[Tips] Menonaktifkan Tombol Pintas Google Meet di Aplikasi Gmail

Konferensi video menjadi sangat populer di tengah pandemi COVID-19. Untuk itulah Google memutuskan untuk mengintegrasikan layanan panggilan video Google Meet di aplikasi Gmail. Tujuannya jelas yakni untuk mempermudah pengguna mengakses Google Meet lewat Gmail.

svg%3E

Jika Anda sudah mendapatkan pembaruan Gmail dengan integrasi Google Meet, tombol pintas Google Meet bisa ditemukan di bagian bawah layar. Tombol pintas ini memang sedikit menyita ruang di antarmuka Gmail. Nah, bagi pengguna yang kurang nyaman dengan kehadiran tombol pintas Google Meet tersebut untunglah Google masih memberikan opsi untuk menyembunyikannya. Jadi, tampilan antarmuka Gmail Anda bisa tetap standar seperti biasanya.

Berikut tips untuk menyembunyikan tombol pintas Google Meet di Gmail:
1. Buka aplikasi Gmail. Pastikan aplikasi Gmail sudah mendapat pembaruan ke versi terbaru. Bisa dilihat dengan hadirnya tombol pintas Google Meet di bagian bawah layar. Jika ada silahkan lanjutkan ke langkah kedua. Tapi, bagi yang belum ada kemungkinan Gmail Anda belum mendapatkan pembaruan tersebut.
2. Tekan tiga susun garis di pojok kiri atas antarmuka Gmail.
3. Pilih opsi Settings
4. Setelah masuk ke menu Settings, tap akun email Anda
svg%3E
5. Kemudian, cari opsi Meet
6. Hilangkan ceklist pada kotak yang tersedia di opsi Meet tersebut.
svg%3E

Setelah proses tersebut, Gmail kemudian akan otomatis mengembalikan antarmukanya kembali seperti standar. Tips ini bisa untuk smartphone Android dan iOS. Bagi yang jarang menggunakan Google Meet ataupun sudah menggunakan aplikasi Google Meet juga bisa mencobanya. Selamat mencoba!

Verified by MonsterInsights