Quantcast
Action CameraCamcorderFoto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuNewsTips

[Tips] Live Streaming Youtube Menggunakan Kamera DSLR / Mirrorless & Elgato Cam Link 4K

Membuat konten siaran langsung atau live streaming ke platform media sosial pada umumnya bisa dibuat dengan mudah menggunakan bantuan web cam atau kamera smartphone.

Elgato cam link 5

Tapi, jika kurang puas dengan kualitas gambar dari web cam atau kamera smartphone, menggunakan kamera digital lain seperti DSLR, mirrorless, camcorder, hingga kamera aksi bisa jadi solusinya. Jika penasaran ingin mencobanya, berikut tips mudah untuk melakukan live streaming ke platform Youtube menggunakan kamera DSLR dan Mirrorless.

Perangkat yang dibutuhkan:

  1. Laptop atau PC
  2. Elgato Cam Link 4K
  3. Kamera mirrorless atau DSLR. Jika tidak ada bisa juga menggunakan camcorder, kamera saku atau kamera aksi. ( Kamera yang kompatibel dengan Elgato Cam Link 4K bisa di cek di tautan berikut ini)
  4. Tripod
  5. Kabel Micro HDMI ke HDMI
  6. Lampu LED / Studio Lighting (opsional)
  7. Baterai Dummy (Pastikan sesuai dengan tipe kamera Anda)
  8. Software OBS Studio

Berikut langkah-langkah menggunakan kamera DSLR atau mirrorless untuk live streaming di YouTube:

  1. Siapkan kamera mirrorless, DSLR, camcorder atau kamera aksi yang Anda miliki
    Baterai dummy 2
  2. Untuk menghindari kamera kehabisan baterai, solusinya bisa menggunakan baterai dummy. Ganti baterai kamera dengan baterai dummy lalu sambungkan kabel baterai dummy ke colokon listrik atau powerbank.
    Elgato cam link 7

  3. Pasang kamera ke tripod. Jika ruangan Anda kurang cahaya, menggunakan tambahan lampu LED atau lighting studio akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil rekam dengan pencahayaan yang lebih baik.
    Elgato cam link 2

  4. Hubungkan kamera ke Elgato Cam Link 4K menggunakan kabel micro HDMI to HDMI. Kemudian, tancapkan Elgato Cam Link 4K ke port HDMI di PC atau laptop.
    HDMI Info display 1

  5. Setelah semua terhubung nyalakan kamera. Di menu setting kamera pastikan juga opsi output info display HDMI di nonaktifkan.
    obs studio 1

  6. Sebelum melakukan siaran langsung, di PC atau laptop Anda install software yang bernama OBS Studio. OBS Studio tersedia gratis dan bisa diunduh lewat tautan berikut.

  7. Kemudian masuk ke kanal Youtube Creator Studio Anda lewat browser. Di antarmuka Youtube Creator Studio pilih create dan Go Live. Kemudian pilih opsi Live Streaming.
    encoder setup

  8. Lengkapi dan isi semua info terkait aktivitas Live Streaming Anda, lalu scroll ke bawah hingga ke menu Encoder Setup. Di menu ini Anda akan melihat 2 kolom yaitu Server URL dan Stream name/Key yang disembunyikan. Klik opsi Reveal untuk melihat kata sandi dan copy kata sandi tersebut untuk dimasukkan ke OBS Studio.
    OBS 1

  9. Di OBS Studio, masuk ke menu Setting yang ada di bagian bawah kanan layar. Pilih opsi stream. Stream Type pilih Streaming Service. Kemudian di Service pilih Youtube/Youtube gaming. Server pilih Primary Youtube Ingest Server. Terakhir di kolom Stream Key paste kata sandi yang sudah Anda copy dari Youtube. Klik Apply dan kemudian klik ok.
    obs device 1

  10. Untuk mulai siaran langsung, klik menu Sources di OBS Studio. Pilih tanda (+) dan pilih opsi Video Capture Device. Isi nama perangkat. Kemudian di bagian Device pilih Cam Link 4K. Di menu ini kemudian pilih resolusi video untuk siaran langsung. Jika koneksi internet Anda kencang untuk kualitas terbaik bisa pilih opsi 4K. Kemudian klik ok.
    obs

  11. Jika semua sudah siap, sebelum menekan tombol Start Streaming pastikan audio sinkron dengan baik dengan gambar yang tampil. Apabila ada delay atau lag, di bagian kolom Mixer Anda bisa mengatur Sync Offset hingga suara sinkron dengan gambar.
    Elgato cam link 3

  12. Setelah semua sempurna, klik tombol Start Streaming dan Anda sudah bisa siaran langsung di platform Youtube.

Selamat Mencoba!!!!!

Satu komentar

Back to top button