Review Dragon Quest of The Stars: Game Legendaris Dengan Konsep Fresh Dan Elemen Klasik

Dragon Quest kembali keluarkan game di mobile, dan kali ini bukan adaptasi dari console seperti sebelumnya, melainkan benar-benar game khusus untuk gamer mobile. Game terbaru dari seri game RPG legendaris ini, Dragon Quest of The Stars, menggunakan konsep yang fresh tetapi tetap tidak melupakan beberapa elemen klasik yang membuatnya dicintai fansnya.

Menariknya lagi, Dragon Quest of The Stars tidak meminta Anda untuk membelinya seperti pada game adaptasi seri ini lainnya, melainkan gratis untuk dimainkan atau free-to-play. Akan tetapi hal ini ternyata sama sekali tidak mengurangi kualitas permainannya.

Game ini tersedia untuk platform Android dan iOS, sehingga fans game ini tidak perlu khawatir mengenai kemungkinan membeli smartphone baru demi memainkannya. Berikut pengalaman bermain kami ketika mencoba game ini.

Cerita Berkaliber RPG Console

Satu hal yang langsung kami perhatikan benar ketika mulai memainkan game ini adalah kualitas ceritanya. Pasalnya, Dragon Quest selalu memiliki cerita yang menarik dan menangkap perhatian pemainnya.

Ternyata game ini mampu mempertahankan kualitas ceritanya sehingga tidak mengecewakan seri game legendaris ini. Terlebih lagi pada game ini skala perjalanannya begitu luas, sesuai dengan namanya.

svg%3E

Pada game ini, Anda akan berperan sebagai orang dengan pekerjaan bernama Questocrats. Tujuan dari pekerjaan Anda adalah menyelesaikan quest dan melaluinya dunia di sekitar Anda juga akan berubah.

Konsep ceritanya sangat menarik untuk diikuti, apalagi pada game ini Anda akan diajak untuk menjelajahi planet. Bahkan setelahnya Anda bisa pindah ke planet lain yang memiliki dunia berbeda.

Selain dibawakan melalui cutscene film 3D, cerita pada game ini juga diperlihatkan dengan kolom dialog dengan gambar karakter kartun. Menariknya, ekspresinya sangat mirip seperti komik.

Tradisi Dragon Quest turun temurun juga tetap dipegang erat di sini, yaitu digunakannya art dari Akira Toriyama yang tersohor dengan komik Dragon Ball. Dengan demikian, visual dari game ini sangat akrab dengan pemain yang suka dengan dunia komik dan anime.

Kebebasan Membuat Karakter Sendiri

Demi membuat game ini terasa seperti petualangan pribadi Anda, Dragon Quest of The Stars memberikan kebebasan untuk membuat sendiri karakter yang dimainkan. Melalui sistem ini, Anda bisa mewujudkan bentuk karakter yang disukai ala komik Dragon Ball.

Beragam opsi dapat ditemui di sini, termasuk kemampuan untuk memilih jenis kelamin karakter yang dimainkan. Tentu saja pilihan ini hanya untuk visual semata, karena keduanya memiliki kemampuan yang sama.

svg%3E

Menariknya, bila Anda ingin mengubah tampilan karakter di tengah permainan, Anda dapat dengan mudah melakukannya. Karena pada game ini nantinya Anda akan ditemani oleh dua karakter lain, maka keduanya juga bisa Anda dandani sesuka hati.

Pertempuran Klasik Ala Dragon Quest

Pada game ini, Anda akan melakukan perjalanan mengelilingi planet dan bertemu dengan tempat baru. Itu sebabnya Anda nantinya akan temukan beberapa titik di planet yang bisa dipilih.

Setelah memilihnya, tim yang berisi tiga karakter Anda akan berjalan ke sana, dengan menggunakan energi yang bisa bertambah sendiri seiring waktu. Selain itu, Anda juga bisa menentukan benda penyembuhan apa yang bisa digunakan di dalam perjalanan dan makanan yang bisa meningkatkan kemampuan secara pasif.

svg%3E

Hal ini menjadi penting karena di tengah perjalanan nanti Anda akan bertemu dengan musuh. Ketika itu terjadi, tim Anda akan bertarung dengan sendirinya dan benda penyembuhan itu akan digunakan otomatis ketika terluka.

Bentuk pertarungannya sendiri sama dengan tampilan klasik Dragon Quest, sehingga tentunya bisa memunculkan kesan nostalgia. Bahkan bentuk musuhnya juga klasik dari seri game ini, dengan visual khas ala Akira Toriyama.

Satu-satunya kendali Anda ketika bertarung adalah memilih serangan spesial atau skill di sana. Seiring waktu, skill akan bisa digunakan dan penggunaannya di saat yang tepat sangat penting; terutama untuk skill penyembuhan.

svg%3E

Menurut pengalaman kami ketika merasakan sendiri pertarungannya, ada sedikit rasa bercampur di sana. Sebab visualnya klasik tetapi sistem pertarungannya khas game RPG mobile. Navigasi untuk pemilihan skillnya juga perlu usaha, karena harus di-scroll untuk memilih skill lain.

Kemampuan Karakter Tergantung Perlengkapan

Semua karakter yang bisa dimainkan pada dasarnya netral, artinya tidak memiliki job spesifik seperti misalnya fighter, mage, atau priest. Skill yang bisa digunakan di dalam pertempuran ternyata berasal dari perlengkapan tempurnya.

Setiap perlengkapan tempur, seperti senjata dan armor, akan dilengkapi dengan skill yang berbeda. Semakin tinggi kelas kelangkaannya maka skillnya juga semakin banyak dan kuat, sangat khas game RPG mobile free-to-play.

svg%3E

Oleh sebab itu, membagi kelas untuk setiap karakter berdasarkan skill yang dibawa perlengkapannya menjadi keharusan. Bila Anda tidak mempersiapkan karakter yang bisa menyembuhkan, maka pertarungan melawan boss akan menjadi lebih sulit.

Skill di dalam perlengkapan tersebut juga bisa ditingkatkan levelnya, dengan cara mengorbankan perlengkapan lain yang memiliki skill sama. Hanya dengan cara itu Anda bisa semakin meningkatkan kualitas serangan di dalam pertarungan.

Perlengkapan dengan tingkat kelangkaan tinggi juga memiliki slot kosong tambahan untuk skill. Nantinya, Anda bisa mengisinya dengan skill dari perlengkapan lain, terutama bila skill tersebut sudah memiliki level tinggi.

svg%3E

Dengan demikian, Anda akan memiliki keleluasaan dalam menggunakan skill, dan bisa kembali menggunakan serangan favorit di perlengkapan tempur baru. Menurut kami hal ini adalah nilai plus untuk battle yang mengandalkan serangan skill.

Kesimpulan

Dragon Quest of The Stars menurut kami merupakan game RPG yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan. Bukan hanya karena besarnya dunia yang bisa dijelajahi, tetapi juga sistem battle yang bisa dimainkan dengan satu tangan.

Beragam fitur menarik juga nantinya akan terbuka seiring dengan berjalannya permainan, misalnya dungeon. Hal ini membuat permainannya menjadi semakin luas, dengan adanya opsi lain untuk dijelajahi selain dunianya.

svg%3E

Bila Anda adalah fans dari seri Dragon Quest di console, ada kemungkinan Anda akan kecewa dengan sistem pertarungannya. Sebab di sana hanya ada sedikit kebebasan memilih dan strategi, seperti yang bisa ditemui di game lain dari serial ini.

Namun untuk game yang bisa dimainkan dengan mudah kapanpun, Dragon Quest of The Stars mampu berikan nilai yang besar untuk game gratisan. Ditambah lagi game ini memiliki visual yang menarik pula.

Yang Canggih:

  • Memiliki cerita menarik ala Dragon Quest
  • Visualnya menarik ala Akira Toriyama
  • Banyak variasi penggunaan skill dari perlengkapan tempur
  • Memiliki dunia permainan yang besar
  • Mampu mendandani sendiri karakter yang digunakan

Yang Kurang:

  • Pertarungan bisa menjadi monoton
  • Harga item premiumnya lumayan mahal
Verified by MonsterInsights