[Tips] Mengaktifkan Dark Mode di iOS 13

Sejak pertama kali dirilis 19 September 2019 lalu, menurut Apple sebanyak 50% total pengguna iPhone di seluruh dunia telah melakukan pembaruan ke iOS 13.

svg%3E

iOS 13 memang membawa cukup banyak pembaruan fitur dan salah satunya yang paling ditunggu-tunggu adalah hadirnya antarmuka serba hitam atau Dark Mode.

Meski terlihat hanya sebagai pemanis di estetika desain antarmuka iOS 13, yang menarik Dark Mode ternyata punya potensi untuk membantu melakukan penghematan baterai iPhone jika dibandingkan antarmuka Light yang menjadi standar iOS. Tidak heran jika beberapa aplikasi iOS pun akhirnya kini membawa pembaruan antarmuka serba hitam agar bisa senada dengan Dark Mode di iOS 13.

Nah, jika iPhone Anda sudah diperbarui ke iOS 13 berikut langkah mudah untuk mengaktifkan Dark Mode.

1. Buka Settings

svg%3E

svg%3E

2. Kemudian pilih Display & Brightness

svg%3E

3. Setelah itu centang opsi Dark

Saat ini beberapa aplikasi iOS yang telah mendukung Dark Mode antara lain Brave web browser, Google News, Microsoft OneDrive, Newsify RSS, Pandora Radio, Slack, SwiftKey Keyboard, Twitter, Washington Post, Wikipedia dan Google Chrome. Dalam waktu dekat aplikasi Gmail juga akan mendapat pembaruan dengan antarmuka Dark Mode. Jumlah aplikasi yang mendukung Dark Mode memang relatif masih sedikit, tapi tidak menutup kemungkinan dukungan Dark Mode di aplikasi iOS 13 akan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah pengguna iOS 13 dan tren Dark Mode yang memang sedang digemari.

Selamat Mencoba!