Quantcast
e-commerce

“Customer Satisfaction First”: Strategi Blibli.com untuk Meraih Hati Konsumen Indonesia

Persaingan e-commerce di Indonesia yang semakin ketat membuat para pemainnya harus berinovasi dan mengadopsi strategi yang jitu untuk tetap bertahan. Salah satunya adalah Blibli.com yang mengumumkan “Customer Satisfaction First” sebagai strategi bisnis di tahun ini. Secara singkat, strategi ini menekankan pada komitmen untuk meningkatkan mutu layanan pada pelanggan.

Blibli 2019

“Melihat arah perkembangan bisnis dan industri e-commerce Indonesia, Blibli.com memutuskan untuk menyinergikan manfaat-manfaat yang dahulu berdiri terpisah ke dalam satu strategi komprehensif, yaitu Customer Satisfaction First,” kata Kusumo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com.

Customer Satisfaction First mengintegrasikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan pada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh. Keenam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100% barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari (24/7 Customer Care), pembayaran yang aman, dan jaminan 15 hari pengembalian barang.

Kemitraan strategis sebagai kunci

Blibli.com sendiri terus mengalami peningkatan. Pada kuartal pertama tahun 2019, Blibli.com mengalami peningkatan pada total pemesanan produk sebanyak 2,5 kali jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Blibli.com juga telah menjalin berbagai kemitraan strategis selama kuartal pertama. Pada bulan April, Blibli.com bermitra dengan GO-PAY sehingga pelanggan dapat membayar menggunakan saldo GO-PAY. Blibli.com juga memperluas kemitraan online to offline (O2O), sebuah pendekatan yang membaurkan saluran online dan toko fisik, melalui program Blibli InStore dan Click&Collect.

Pada akhir 2019, Blibli.com bertujuan untuk menghadirkan kemitraan O2O melalui kedua program tersebut di lebih dari 20.000 lokasi toko ritel. Blibli InStore adalah program di mana pelanggan dapat berbelanja melalui fasilitas point of sales (POS) milik Blibli.com yang tersedia di toko-toko fisik. Sedangkan untuk Click&Collect, pelanggan bisa melakukan transaksi melalui situs Blibli.com, lalu mengambil barang pembelian langsung dari toko merchant yang terdaftar.

Blibli.com juga berencana untuk memiliki 32 gudang di akhir tahun ini, meningkat dari 14 gudang per akhir 2018.

Back to top button