Sony Hadirkan Pembaruan Firmware v5.0 untuk a9

Kamera mirrorless full frame Sony a9 mendapat pembaruan firmware. Pembaruan firmware v5.0 untuk Sony a9 membawa beberapa peningkatan fitur yang mencakup kinerja autofocus dengan dukungan AI atau kecerdasan buatan, kualitas gambar yang lebih baik dan alur kerja yang disederhanakan.

Autofocus dengan AI

Pertama kali diumumkan bulan Januari lalu, Firmware v5.0 untuk Sony a9 membawa fitur Real-Time Tracking. Fitur ini menggunakan kemampuan pengenalan obyek yang berbasis kecerdasan buatan untuk mendeteksi dan mengikuti subyek dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Hasilnya, Real-Time Tracking mampu melacak dan mengikuti subyek dengan lebih cepat dan sangat akurat.

Di Firmware V5.0 ini juga tersedia fitur Real-Time Eye AF baru seperti yang ada di Sony a6400. Fitur ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengunci dan melacak subyek dengan tingkat kecepatan dan akurasi yang tinggi. Selain itu Kinerja autofocus di modus video turut ditingkatkan. Fast Hybrid AF untuk video kini kinerjanya lebih halus dan akurat.

Kualitas gambar

Selain kinerja autofocus, kualitas gambar Sony a9 dengan firware v5.0 ini juga diklaim lebih baik. Menurut Sony, firmware ini akan mengoptimalkan kualitas gambar dari sensor full frame Sony a9. Hasilnya, Sony a9 bisa lebh akurat mereproduksi tonal gradasi cahaya yang lebih halus dan terlihat alami. Opsi White Balance otomatis juga turut ditingkatkan dengan hasil yang lebih seimbang.

Alur kerja lebih sederhana

Terakhir, menjawab respon pengguna Sony a9, di firmware v5.0 ini pengguna bisa menikmati antarmuka menu baru dan beberapa fitur tambahan untuk menyederhanakan alur kerja. Fitur baru ini mencakup menu My Dial, menu Custom Key yang diperbarui, dan peningkatkan kemampuan touchpad, fungsi penyimpanan di dua slot kartu memori dan tagging. Selain itu, Sony a9 kini juga mendukung aplikasi mobile Imaging Edge terbaru dari Sony yang bisa mempercepat fotografer untuk memindahkan hasil jepretan foto ke smartphone.

Pembaruan firmware versi 5.0 untuk Sony a9 saat ini sudah tersedia melalui situs Sony dan bisa diunduh ke PC dengan sistem operasi Windows atau Mac.

Baca juga
BenQ GL2780: Bawa Mode E-Paper Untuk Pengalaman Membaca yang Lebih Nyaman di Mata