[Samsung Forum 2019] Samsung Perkenalkan Generasi Anyar Kulkas Family Hub dengan Bixby yang Lebih Cerdas

Selain QLED 8K TV, pada ajang Samsung Forum 2019 yang digelar di Singapura beberapa hari yang lalu, Samsung juga memperkenalkan beragam produk terbaru mereka dari kategori home appliances. Salah satu yang paling menarik adalah kulkas Family Hub.

Dukungan Bixby yang lebih cerdas

[Samsung Forum 2019] Samsung Perkenalkan Generasi Anyar Kulkas Family Hub dengan Bixby yang Lebih Cerdas 1

Bagi yang belum tahu, Family Hub adalah kulkas pintar garapan Samsung yang berbasis IoT. Dengan begitu, kulkas ini tidak hanya sekadar alat rumah tangga untuk menyimpan makanan dan minuman saja.

Menurut Samsung, generasi terbaru dari kulkas Family Hub mengalami peningkatan kemampuan AI dan layar Family Board terbaru sebagai tempat berinteraksi antar anggota keluarga dengan lebih personal.

Kulkas Family Hub 2019 juga sudah didukung Bixby terbaru dengan lebih banyak layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memantau perangkat berbasis IoT lainnya di eksositem rumah pintar mereka langsung dari dapur, dan cukup dengan perintah suara.

[Samsung Forum 2019] Samsung Perkenalkan Generasi Anyar Kulkas Family Hub dengan Bixby yang Lebih Cerdas 2

Contohnya, pengguna dapat menyampaikan Morning Brief sambil menyiapkan sarapan di pagi hari, agar mengetahui semua hal penting seperti perkiraan cuaca, berita utama yang populer, maupun jadwal hari ini. Bahkan, pengguna sekarang dapat mencari tiket pesawat melalui Expedia, memanggil Uber dan mengatur oven hanya dengan berbicara ke Family Hub.

“Kita lebih sering berinteraksi dengan kulkas. Lewat Family Hub ini semua bisa dikendalikan,” ujar Michael Adisuhanto, Senior Product Marketing Manager Digital Appliances Samsung Electronics Indonesia.

Intinya, melalui Samsung Family Hub 2019 multitasking sangat mungkin dilakukan langsung dari dapur. Asyiknya lagi, pengguna dapat menampilkan aplikasi pihak ketiga di layar kulkas dari ponsel Galaxy, menjawab panggilan telepon, hingga memutar musik melalui Spotify.

Layar Family Board sendiri dapat berfungsi sebagai papan pengumuman untuk membagikan jadwal setiap anggota keluarga, berbagi foto, menambahkan catatan tulisan tangan dan stiker, bahkan mengubah warna latar belakang layar sesuai dengan dapur mereka.

Peningkatan fungsi pengelolaan makanan

[Samsung Forum 2019] Samsung Perkenalkan Generasi Anyar Kulkas Family Hub dengan Bixby yang Lebih Cerdas 3

Sejak awal, pengelolaan makanan dengan Family Hub telah menjadi fitur utama yang ditawarkan oleh Samsung. Penguna dapat melihat bahan makanan apa yang sudah habis agar lebih mudah berbelanja, serta menandai tanggal kadaluwarsanya. Selain lewat layar pada kulkas, aktivitas ini juga dapat dipantau dari smartphone.

Bagi yang gemar memasak, Family Hub 2019 dapat membantu menyiapkan hidangan yang lebih baik dan sehat dengan Meal Planner, sehingga bsia menyesuaikan resep berdasarkan preferensi makanan, kebutuhan diet, dan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas.

Belum ada jadwal rilis di Indonesia

Samsung sesungguhnya sudah memperkenalkan kulkas Family Hub sejak beberapa generasi sebelumnya. Sayangnya, untuk pasar Indonesia Samsung menyatakan bahwa belum ada rencana untuk membuka penjualan.

[Samsung Forum 2019] Samsung Perkenalkan Generasi Anyar Kulkas Family Hub dengan Bixby yang Lebih Cerdas 4

Kulkas Family Hub sendiri merupakan bagian dari konsep Connected Living yang dikedepankan oleh Samsung. Selain kulkas pintar, nantinya semua peralatan rumah tangga Samsung dapat terhubung satu sama lain, misalnya dengan mesin cuci QuickDrive WW7800M untuk memudahkan mengelola cucian dan memantau prosesnya dari jauh.