Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Blaupunkt Soundphone Sonido X1+

Populer sebagai brand audio kelas wahid, Blaupunkt, akhirnya turut melebarkan sayapnya ke dunia smartphone. Sebagai brand global yang baru saja masuk ke Indonesia, tercatat sudah 2 varian smartphone Blaupunkt yang sudah resmi hadir di Indonesia. Untuk review kali ini, kami akan mengulas Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ yang merupakan varian smartphone perdananya untuk pasar Indonesia.

Desain Konservatif
blaupunkt sonido x1+-1

Tidak seperti tren smartphone saat ini yang mengusung bodi logam, Blaupunkt Sounphone Sonido X1+ hadir dengan bodi yang terbuat dari plastik. Di bagian muka, Anda tidak akan menemukan satu pun tombol fisik. Hanya tersedia layar 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel dan 3 tombol kapasitif di bagian bawah layarnya. Layarnya ini mampu menghasilkan tampilan yang cukup tajam dengan reproduksi warna yang amat baik. Respon layarnya dengan sentuhan jari juga sangat baik.

blaupunkt sonido x1+-5

Di bagian belakang, penutup baterainya bisa dilepas pasang dengan sangat mudah. Setelah dilepas Anda dapat menemukan 2 slot kartu SIM, satu slot kartu microSD dan baterai yang cukup bongsor dengan kapasitas mencapai 3000mAh. Sementara untuk tombol fisik, tombol power ditempatkan di samping kanan bodinya dan tombol volume berada di samping kiri bodi.
Secara keseluruhan bodinya yang hanya setebal 7.8mm memang terlihat kaku dengan hanya menyisakan sedikit lekukan di setiap sudut bodinya. Kendati demikian, Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ ini tetap sangat nyaman saat digenggam. Dan, dengan paduan warna hitam serta kelir biru gelap berwarna metalik yang melapisi bodinya berhasil mendongkrak tampilannya menjadi terlihat lebih elegan dan berkelas.

Antarmuka sederhana, bisa nikmati tayangan MNC gratis
blaupunkt sonido x1+-7
Menjalankan OS Android Kitkat 4.4.2 Blaupunkt Sonido X1+ tampil dengan antarmuka yang cukup sederhana. Antarmukanya ini tetap mudah digunakan meski tidak mengusung gaya launcher tunggal. Seluruh aplikasi bisa diakses melalui app drawer atau bisa menempatkan tombol pintas aplikasi di bagian depan halaman.

Satu hal yang menarik perhatian dari smartphone ini adalah banyaknya aplikasi MNC yang bisa kami ditemukan.
blaupunkt UI-1

Tercatat ada 8 aplikasi yang menawarkan saluran TV MNC yang bisa Anda nikmati langsung untuk melihat beragam tayangan gosip, berita hingga musik secara gratis. Bagi pengguna yang merasa terganggu dengan banyaknya aplikasi MNC ini, perlu dicatat kehadiran seluruh aplikasi tersebut tidak bisa dihapus dari sistem. Kedepannya pun kami cukup berharap pihak Blaupunkt bisa lebih menyederhanakan seluruh aplikasi tersebut menjadi satu aplikasi saja.

Performa cukup bertenaga
Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ diotaki chipset dari pabrikan Mediatek, MT6592 berkecepatan 1.7GHz yang disokong dengan RAM 2GB. Secara keseluruhan performanya cukup lumayan. Untuk penggunaan sehari-hari smartphone ini cukup gegas meski sedikit jeda tetap akan terasa terutama saat membuka dan berpindah aplikasi. Daya tahan baterainya yang berkapasitas 3000mAh juga termasuk rata-rata. Digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik, chat, memotret, serta browsing Internet, Blaupunkt Sonido X1+ bisa bertahan hingga sekitar 9 jam. Hasil benchmark Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ berikut ini

Audio Berkualitas
blaupunkt UI-2

Mengusung nama Soundphone, smartphone dari Blaupunkt ini memang mengedepankan kualitas suara. Dalam paket pembeliannya Anda akan langsung mendapatkan sebuah headphone yaitu Blaupunkt BPA-102. Di dalamnya pun terdapat pemutar musik khusus dari Blaupunkt yaitu Blaupunkt Audio Player yang bisa langsung digunakan untuk memutar file audio dari MP3, WMA, APE atau FLAC.

Saat mencoba memutar musik elektronik yang mengedepankan bass, patut diakui performa headphonenya ini sangat baik dan sanggup menyajikan suara bass yang sangat bertenaga. Beralih ke lagu bergenre audiophile, pop dan rock, karakter bass yang kuat dari headphonenya masih tetap mendominasi dengan keseluruhan warna suara yang terasa bright.

Bisa disimpulkan, karakter suara yang dihasilkan headphone Blaupunkt BPA-102 miliknya memang akan menjawab selera pasar pecinta suara bass di segmen penggemar musik dance, hiphop atau elektronik yang tidak terlalu mementingkan detil dan transparansi suara.

Cukup disayangkan, warna suaranya tidak bisa diatur karena Blaupunkt tidak menyediakan opsi EQ. Audio Playernya hanya menyediakan opsi Blaupunkt Audio. Opsi ini menawarkan preset yang menyesuaikan headphone. Istimewanya, preset Blaupunkt Audio ini sangat lengkap dan menyediakan opsi dari beragam brand headphone.

Kamera standar
Untuk mengabadikan momen Anda, Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ telah dilengkapi dengan kamera depan 8 megapixel dan kamera belakang 13 megapixel. Hasil fotonya tergolong cukup memuaskan di kondisi pencahayaan ideal atau temaram dengan tingkat ketajaman dan saturasi warna yang cukup baik. Hasil foto Blaupunkt Soundphone Sonido X1+ bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini

Kesimpulan
Dibanderol dengan harga Rp4.849.0000. Smartphone debut perdana Blaupunkt di Indonesia ini patut diapresiasi. Meski secara keseluruhan kinerjanya tergolong standar, performa audio yang ditawarkannya memang terasa diatas rata-rata smartphone sekelasnya terutama jika dipasangkan dengan headphone bawaannya, BPA-102. Hadirnya smartphone ini, setidaknya bisa membuktikan Blaupunkt memang andal untuk urusan suara dan Soundphone Sonido X1+ bisa menjadi pilihan yang ideal untuk menjadi smartphone sekaligus pemutar musik yang mumpuni.

Yangcanggih:
+ Kualitas suara oke
+ Headphone bawaan cocok untuk penggemar bass
+ Hasil foto kamera cukup baik
+ Daya tahan baterai cukup baik
+ Preset Blaupunkt Audio sangat lengkap

Yang Kurang
– Antarmuka kurang menarik
– Aplikasi MNC Channel cukup menggangu
– Tidak ada fitur EQ di Blaupunkt Audio Player
– Harga relatif mahal untuk spesifikasinya

5 komentar

  1. Cara buka penutup batrai nya gmn yaa susah amat . Ada yg tau nggk bntu info donk

  2. mo beli, tapi kata seseorang yg udah beli hp ini kurang memori,jadi pas mo download,sllu ada notifikasi”memori penuh”, kok kya hp jadul ya?

  3. Sudah mau beli. Tahu tahu terpaksa app MNC itu, sekutu donal ‘bebek’ trump. Gak jadi. Gak jadi! Makasih infonya.

Back to top button