Parrot Bebop: AR Drone 4 Rotor dengan Lensa Fish-Eye 180°

Setelah 3 tahun melakukan proses R&D, Parrot kini secara resmi menghadirkan produk AR Drone terbarunya, Parrot Bebop.

Parrot Bebop hadir dengan desain bodi yang lebih ringan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun tetap dengan konsep 4 rotor untuk terbang. Kameranya kini didukung sensor CMOS beresolusi 14 megapixel dan lensa fish eye f2.2 dengan sudut pandang hingga 180° (lebih lebar dibandingkan AR Drone 2.0 yang hanya 93°). Untuk video, kameranya juga dapat merekam video Full HD.

parrot bebop-1

Agar hasil rekaman video tetap tajam dan tidak kabur, kamera Bebop telah dilengkapi sistem penyeimbang video 3 sumbu (electronic video stabilization 3 axis).

Yang menarik, Bebop dirancang untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan. Parrot merancangnya agar tetap aman digunakan. Jika Anda menyentuh baling-balingnya saat sedang berputar, Bebop akan langsung mematikan diri.

parrot bebop-3

svg%3E

Sedangkan untuk terhubung ke pengendalinya di darat, Bebop telah mengemas empat antena Wi-Fi dengan teknologi 802.11ac MIMO terbaru. Berbekal teknologi ini, drone ini dapat mengalirkan video secara langsung ke layar ponsel atau tablet. Untuk mengendalikannya, ada beberapa pilihan. Anda bisa menggunakan smartphone atau Skycontroller yang bisa dihubungkan ke 3D reality headset seperti Oculus Rift, Zeiss Cinemizer, Epson Moverio atau Sony Personal Viewer.

Skycontroller yang berbasis Android ini memberi kemudahan pengendalian dengan desain yang mirip seperti kendali pesawat sungguhan. Alat ini juga telah mengemas Wi-Fi yang dapat memperluas jangkauan Parrot Bebop hingga 2 kilometer.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memasang tablet atau smartphone ke Skycontroller sebagai layar, dan 3D Reality headset bisa digunakan sebagai sarana navigasi untuk melihat melalui lensa kamera Parrot Bebop. Jadi dengan headset tersebut, Anda akan serasa terbang dengan Bebop. Sayangnya, pada mode ini baterainya hanya mampu bertahan sekitar 12 menit saja.

parrot bebop-2

Anda juga dapat memetakan perjalanan Parrot Bebop dengan aplikasi khusus yang telah dilengkapi fitur GPS.

Hingga saat ini, Parrot masih belum membocorkan berapa harga dari Parrot Bebop. Sebagai gambaran, Parrot AR Drone dijual seharga US$300 atau 3,6 juta rupiah. Untuk ketersediaannya, dijadwalkan tersedia di kuartal 4 tahun 2014 ini.