Review Samsung Galaxy Tab 3 Lite

Jika dulu tablet masih menjadi barang mewah, kini tidak lagi. Seiring dengan harganya yang semakin terjangkau, tablet kini menjadi gadget yang wajib dimiliki sebagian orang.

Menyadari tidak semua kalangan memiliki dana berlebih untuk memiliki tablet berkualitas, Samsung menghadirkan Galaxy Tab 3 Lite yang dibandrol dengan harga relatif terjangkau.

Desain
Dari sisi desain, gadget dengan layar 7 inci ini masih mengikuti pakem desain Galaxy Tab 3 terdahulu. Samsung masih tetap mengandalkan garis desain dengan sudut-sudut membulat, sama seperti varian Galaxy Tab lainnya.

Mengingat tablet ini ditujukan bagi kelas menengah ke bawah, maka tidak heran jika hampir semua bodinya menggunakan bahan plastik. Walaupun begitu, kesan mewah dan kokoh tetap terasa saat menggunakannya. Bagian belakang Tab 3 Lite yang tidak rata juga memberikan genggaman yang lebih mantap saat dioperasikan dengan satu tangan. Ini tentunya cukup berguna bagi Anda yang tangannya mudah basah berkeringat.

Galaxy Tab 3 Lite Bodi

Kemiripan lain juga ditemukan untuk urusan posisi tombol kendali fisik dan tombol kapasitif. Semua tombol khas gadget Android, yaitu menu, back, dan home, bertengger rapi di bawah layar dalam posisi vertikal.

Satu-satu perbedaan yang terlihat hanya terletak pada penempatan selot kartu-SIM dan microSD yang sekarang diletakkan sejajar di sisi bagian kiri tablet ini.

Performa
Mengingat tablet ini dirancang agar lebih terjangkau, tidak heran jika Samsung Galaxy Tab 3 Lite memiliki spesifikasi di bawah tablet Samsung lainnya. Namun bukan berarti tablet ini lambat dan tidak menyenangkan saat digunakan. Perpaduan prosesor dual-core Cortex A9 dan RAM 1GB yang dimilikinya terbukti cukup memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi, termasuk multitasking dengan lancar.

Lancarnya proses buka tutup aplikasi dan multitasking yang dirasakan pada saat pengujian secara langsung berbanding lurus dengan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark. Seperti biasa, aplikasi yang menjadii andalan dalam melakukan penilaian adalah Antutu dan Quadrant.

antutu

Hasil pengujian Antutu pada Galaxy Tab 3 Lite berhasil membukukan nilai 11.137. Sementara pada Quadrant Standard, tablet ini berhasil memperoleh nilai 3.192. Pengujian tidak hanya dilakukan pada proses yang melibatkan prosesor dan RAM saja, tapi juga pada saat gaming.

quadrant

svg%3E

Saat pengujian langsung, game-game yang cukup berat seperti Dead Trigger 2 dan Frontline 2 dapat dimainkan relatif cukup lancar. Hanya saja ketika kerumunan zombie mulai banyak pada Dead Trigger 2 atau saat aksi tembak menembak mulai cepat di Frontline 2, tablet ini sempat beberapa kali tersendat.

Meski begitu, gangguan ini hanya terjadi pada beberapa aplikasi tertentu saja. Yang lebih mengganggu adalah hawa panas di bodi saat menjalankan game.

3Dmark

Pengujian secara real dilanjutkan dengan pengukuran performa menggunakan 3D Mark. Samsung Galaxy Tab 3 Lite menorehkan nilai 2572 pada pengujian Ice Storm, 1354 pada Ice Storm Extreme, dan 2396 pada Ice Storm Unlimited. Cukup baik untuk kelas harganya dan tidak akan membuat pengguna pemula mengeluh.

Layar dan kamera
Walaupun resolusi layar yang disematkan pada Galaxy Tab 3 Lite cukup standar, yaitu hanya 1024×600 pixel, kontrasnya cukup baik sehingga tetap terlihat tajam. Saat mencoba memainkan game dan memutar video, layarnya cukup nyaman di mata dengan warna yang hidup. Untuk teks, layarnya juga cukup tajam menampilkan huruf-huruf yang ada di buku digital atau laman web yang sedang diakses.

Tab3Lite

Seperti tablet harga terjangkau lainnya, hasil foto tangkapan kamera 2 megapixel Tab 3 Lite juga jauh dari memuaskan. Absennya fitur autofocus mengakibatkan foto yang diambil dari jarak yang tidak ideal akan kabur.

Meski dilengkapi dengan berbagai efek dan opsi pengaturan untuk mendukung penggunaan kamera, tapi hasil foto dengan pengaturan standar terasa kurang memadai. Warna yang dihasilkan tidak sepenuhnya akurat dan absennya lampu kilat (flash) membuat foto di tempat kurang cahaya menjadi tidak memungkinkan. Jadi bisa dibilang fungsi kameranya hanya sebagai pelengkap saja dan sebaiknya digunakan pada saat darurat saja.

Baterai Tahan Lama
Samsung rupanya mengerti betul arti penting daya tahan baterai bagi penggunanya. Saat dicoba dengan penggunaan cukup intensif, yaitu aktif ngobrol melalui Line dan Whatsapp, bermain game, menonton video YouTube Wi-Fi, serta aktif browsing dengan menggunakan jaringan operator tanpa koneksi Wi-Fi, Galaxy Tab 3 Lite sanggup bertahan hingga lebih kurang 13 jam sebelum baterai menyentuh angka 10%. Cukup mengagumkan dan tentunya lebih dari cukup untuk menghibur sebagian besar pengguna tablet yang sedang bepergian.

Kesimpulan
Samsung Galaxy Tab 3 Lite memang tidak memiliki performa atau kualitas layar yang istimewa, walaupun sudah cukup mumpuni untuk berbagai kebutuhan mendasar. Namun perlu dicatat bahwa inilah tablet Android Samsung dengan harga paling terjangkau, yaitu Rp2.499.000.

Bagi para pecinta Samsung yang menginginkan tablet dengan harga murah atau pengguna tablet pemula yang menginginkan tablet dengan daya tahan baterai cukup panjang, Samsung Galaxy Tab 3 Lite layak Anda coba.

Verified by MonsterInsights