Quantcast
KomputerPC DesktopReview

Review Samsung ATIV One 5 Style

Mulai bergairahnya pasar komputer All-in-One (AIO PC) membuat Samsung kembali menghadirkan Ativ One 5 Style yang tampil dengan desain menawan dan fitur berlimpah. Seperti apa kemampuannya? Simak review yang satu ini.

Konsep Desain

Ativ One 5 Style datang dengan konsep desain minimalis, tetapi tetap terlihat elegan. Dengan sudut-sudut melengkung, varian terbaru dari seri Ativ One ini tampak seperti versi jumbo dari smartphone premium Samsung, yakni Galaxy S4. Namun jika dilihat sepintas, komputer yang datang dengan balutan warna putih ini mirip dengan Apple iMac.

ativfull

Di bagian depan, Anda akan disambut oleh layar sentuh ukuran 21,5 inci dan sebuah logo Samsung yang berada tepat di bawah layar komputer ini. Sementara sisi kanan dihuni oleh tombol daya (power), lalu bagian kiri PC hanya ada sebuah pembaca kartu memori (SD card reader).

Ativone5 back

Mirip seperti Apple iMac, berbagai port konektivitas disembunyikan di bagian belakang. Di sana Anda akan menemukan 2 port USB 3.0, 2 port USB 2.0, jack audio/mikrofon 3,5mm, dan LAN RJ45. Walaupun cukup lengkap, penempatan port di bagian belakang akan cukup menyulitkan Anda yang sering melepas pasang perangkat USB.

Layar

Samsung membekali layar Ativ One 5 Style dengan layar 21,5 inci beresolusi Full HD 1080p. Selama pengujian, kualitas warna, detail, saturasi, kontras, dan ketajaman gambar yang ditampilkannya amat baik terutama jika dipandang dari sisi depan. Dari samping, kualitas tampilannya sedikit menurun, tapi tentunya itu merupakan hal wajar.

Performa

Tersembunyi di balik layar Samsung ATIV One 5 Style, Anda akan menemukan prosesor quad-core AMD A6 2GHz yang disandingkan dengan RAM 4GB. Alhasil, saat dicoba performanya cukup tangguh untuk menyunting dokumen kantoran seperti presentasi dan naskah, serta dapat memutar video HD dengan mudah.

Agar dapat mengolah gambar dengan baik, Samsung membenamkan kartu grafis AMD seri Radeon HD 8400. Artinya AIO-PC ini juga dapat Anda gunakan bermain game sebagai sarana hiburan keluarga. Pada saat pengujian, main game sekelas FIFA 2013 dapat dijalankan dengan mudah. Walaupun begitu, kartu grafisnya ini belum mampu menaklukkan game 3D yang lebih berat seperti Far Cry3, Call Of Duty 4. Dan itu bukanlah hal yang mengejutkan mengingat ATIV One 5 Style memang tidak diposisikan sebagai PC gaming.

Fitur

Ditujukan sebagai sebuah PC untuk seluruh anggota keluarga, Samsung melengkapi Ativ One 5 Style dengan berbagai fitur unik khas Samsung seperti SideSync, HomeSync Lite, dan Sound Alive.

Sidesync

Sebagai salah satu fitur unggulan pada ATIV One 5 Style, SideSync dapat membantu Anda lebih fokus saat sedang bekerja. Bagaimana bisa? Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, Anda dapat mengoperasikan smartphone berbasis Android tanpa harus mengangkat bahkan menyentuh smartphone.

Jika menggunakan SideSync, Anda dapat mengirim dan membalas pesan SMS dan pesan yang masuk pada aplikasi chatting dengan menggunakan mouse dan keyboard Ativ One 5 Style. Cara pakainya cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungkan smartphone Android dengan Ativ One 5 Style menggunakan kabel data. Selanjutnya, Anda akan dipandu untuk menyelesaikan proses konektivitas antarkeduanya.

Fitur HomeSync Lite menawarkan kemudahan menyimpan dan mengambil data yang ada pada Ativ One 5 Style langsung dari smartphone Android Anda tanpa harus berada di dekat PC. HomeSync Lite ini bekerja layaknya sebuah media penyimpanan berbasis awan (cloud storage).

Homesync lite

Fitur terakhir yang dijagokan oleh Samsung adalah kehadiran Sound Alive. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur preset equalizer sesuai dengan jenis musik atau film yang sedang Anda tonton. Dengan demikian, sensasi detail suara yang keluar dari AIO-PC ini akan terasa lebih mantap.

Satu catatan kecil, untuk dapat menggunakan fitur SideSync dan HomeSync Lite Anda harus menggunakan smartphone Android dari Samsung, kemudian Anda juga harus mengunduh terlebih dahulu kedua aplikasi serupa pada smartphone Anda. Aplikasi SideSync dan HomeSync Lite dapat diunduh pada Samsung HUB.

Aksesori

Pada paket pembelian Ativ One 5 Style, Samsung menyertakan sepasang peranti input wireless yakni mouse dan keyboard. Keduanya terhubung dengan dongle yang ditancapkan pada salah satu port USB pada AIO-PC ini.

ativ keyboard

Keyboard yang disertakan Samsung pada paket penjualan mengusung model chiclet. Ini berarti jika terbiasa mengetik pada notebook atau netbook, Anda tidak akan kesulitan beradaptasi dengan jarak tekanan ataupun jarak antar tombol pada keyboard.

Biarpun terlihat tipis, keyboard yang juga dibalut warna putih ini terasa cukup solid, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang daya tahannya. Hal yang sama juga terlihat pada mouse yang disertakan. Tombol klik kanan dan kiri terasa responsif dengan feedback yang baik pada jari, sehingga Anda akan merasakan ketika jari menekan salah satu tombol mouse.

ativ mouse

Pasangan peranti input mouse dan keyboard pada Ativ One 5 Style ini cukup solid dengan detail yang baik pula, sehingga Anda akan merasa nyaman di kala harus mengerjakan pekerjaan selama berjam-jam.

Kesimpulan

Ativone5 front full

Jika Anda ingin memiliki sebuah komputer yang memadai untuk berbagai tugas, Samsung ATIV One 5 Style bisa dijadikan pilihan. Selain memiliki layar luas berukuran 21,5 inci dengan resolusi Full HD, AIO-PC ini juga cukup mumpuni sebagai pusat hiburan di rumah. Desainnya yang menarik dan ringkas membuat Anda tidak perlu pusing menempatkan Ativ One 5 Style di rumah.

Dengan harganya yang ada di kisaran 8 jutaan rupiah, Samsung ATIV One 5 Style masuk di segmen PC AIO kelas menengah ke atas. Kombinasi layar sentuh berkualitas tinggi, performa multimedia yang cukup baik, serta desain yang khas Samsung menjadikannya tampil beda jika dibandingkan pesaingnya. Bagi yang sedang mencari PC AIO dengan karakteristik seperti itu, silakan melirik Samsung ATIV One 5 Style.

Yang Canggih:
+ Kualitas layar sangat baik, dengan detail gambar yang tajam
+ Perfoma dan kinerja komputasi cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari
+ Kualitas suara speaker baik
+ Desain cukup cantik, senada dengan tablet dan smartphone Samsung

Yang Kurang:
– Harga cukup premium untuk spesifikasinya
– Lokasi port konektivitas sulit dijangkau
– Performa kurang memadai untuk game berat.

[table]Spesifikasi;Samsung ATIV One 5 Style
Prosesor;AMD A6 quad-core 2GHz
RAM;1x4GB, 2 selot SODIMM
Memori;Internal 500GB SataII 5.400rpm
Layar;”21,5 inci, resolusi Full HD 1080p (1920×1080 pixel)”
Konektivitas;2xUSB 3.0, 2xUSB 2.0, Wi-Fi, Bluetooth, LAN RJ45, SD card reader, jack audio/mikrofon 3,5mm
Dimensi;”52,4×38,2×15 sentimeter”
Bobot;5,56 kg
[/table]

3 komentar

Back to top button