Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneTablet PC

[CES 2014] Nvidia Tegra K1: Prosesor Grafis Mobile Super Kencang dengan 192 GPU Core

Setelah memperkenalkan Tegra 4 di CES 2013, Nvidia mengumumkan kehadiran Tegra K1 di CES tahun ini. Apa itu Tegra K1? Nvidia Tegra K1 adalah chip prosesor yang disiapkan sebagai pengganti Tegra 4 yang telah menjadi otak komputasi beberapa produk baru seperti Nvidia Shield, Asus Transformer, HP Slatebook X2, dan HP Slate 21.

Tegra K1 YC1

Sebagai calon pengganti Tegra 4, Nvidia Tegra K1 hadir dengan performa yang lebih baik. Graphics processing unit (GPU) pada platform untuk smartphone, tablet, dan laptop itu memiliki 192 inti. Artinya, lebih banyak ketimbang Tegra 4 yang datang dengan 72 inti. Dengan 192 inti, chip pengolah grafis di Tegra K1 dapat memproses grafis pada game lebih cepat serta menghasilkan gambar yang lebih tajam dan tekstur yang lebih halus. Nvidia juga memastikan bahwa chip pengolah grafis pada Tegra K1 bisa mengolah gambar dengan resolusi mencapai 4K (UltraHD). Untuk menciptakan hasil yang optimal, Nvidia mengambil desain Kepler yang biasa digunakan pada VGA komputer kelas atas seperti GeForce GTX 600 dan GeForce GTX 780Ti.

Berkat arsitektur Nvidia Kepler yang digunakan, chip pengolah grafis pada Tegra K1 juga mampu mengolah grafis dengan teknologi DirectX 11, OpenGL 4.4, dan Tessellation. Hasilnya, game yang sebelumnya hanya bisa berjalan dengan bantuan VGA terdedikasi di komputer seperti Unreal Tournament yang menggunakan Unreal Engine 4 kini dapat dimainkan dengan lancar di smartphone, tablet atau laptop.

Tegra K1 YC2

Selain itu, Nvidia menggunakan pula inti prosesor ARM sebagai pengolah komputasi. Untuk urusan prosesor, Nvidia menyediakan 2 pilihan. Alternatif pertama adalah penggunaan 4 buah prosesor 32-bit ARM Cortex-A15 (quad-core) yang berjalan pada kecepatan 2,3GHz dan bersanding bersama GPU dengan arsitektur Kepler.

Alternatif kedua adalah penggunaan 2 buah prosesor 64-bit ARMv8-A (dual-core) yang ditemani oleh GPU dengan arsitektur terbaru dari Nvidia dengan nama Maxwell. Namun, alternatif kedua ini baru akan mulai digarap pada pertengahan 2014. Kita tunggu saja kehadiran dan sepak terjang Tegra K1.

Back to top button