Screen Controls: Atur Cahaya Layar Android Agar Irit Baterai

Smartphone Android kelas atas memang terbukti kencang, namun cenderung boros dalam hal konsumsi daya. Berbagai produsen mencoba mengatasi masalah ini dengan memberikan baterai yang memiliki daya lebih besar, bahkan ada yang memberikan bonus baterai kedua dalam paket pembelian. Tapi tahukah Anda, borosnya penggunaan daya baterai pada smartphone Android Anda lebih banyak dikarenakan tingkat kecerahan layar Anda? Tapi kini Anda tak perlu pusing lagi, karena telah hadir aplikasi Screen Controls.

Aplikasi besutan pengembang aplikasi Humayoun ini menawarkan pengaturan tingkat kecerahan layar smartphone Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur seberapa tinggi kecerahan layar yang ditampilkan ketika Anda menjalankan aplikasi. Yang membedakan dengan aplikasi pengaturan serupa bawaan pabrikan adalah kemampuannya untuk melakukan pengaturan per aplikasi yang terpasang di smartpone. Contohnya, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar sebesar 50% ketika sedang menjalankan aplikasi perpesanan atau tingkat kecerahan 100% ketika Anda membuka aplikasi kamera.

Screen Controls

Tak hanya tingkat kecerahan layar saja yang dapat diatur. Anda juga dapat mengatur waktu padam layar otomatis (screen timeout) yang juga dapat diatur per aplikasi. Dengan Screen Controls, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar pada setiap aplikasi yang dijalankan. Tapi bagaimana jika jumlah aplikasi yang terpasang terlalu banyak, sehingga menyulitkan untuk mengatur satu per satu? Tenang saja, aplikasi ini akan menggunakan pengaturan awal sesuai dengan pengaturan kecerahan layar yang telah Anda terapkan pada menu smartphone Android Anda. Jika Anda menerapkan pengaturan 40% tingkat kecerahan layar, maka aplikasi-aplikasi yang tidak sempat diatur akan mengikuti nilai yang ada.

Aplikasi ini sangat berguna jika Anda ingin menghemat penggunaan daya baterai smartphone yang digunakan. Aplikasi ini akan lebih ideal jika bersamaan dengan aplikasi pemantau daya lain seperti M2AppMonitor. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Verified by MonsterInsights