Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review Samsung ATIV Book 9 Lite

Hingga saat ini, notebook dengan desain tipis masih tetap menjadi idaman konsumen. Konsep Ultrabook dari Intel sebenarnya juga diminati, namun banderol harga yang cukup tinggi seringkali menjadi penghalang. Mengusung konsep baru, Samsung menghadirkan ATIV Book 9 Lite yang memiliki desain tipis menawan, tapi dengan harga terjangkau.

Konsep & Desain
Dilihat dari tampilan fisiknya, ATIV Book 9 Lite masih mengadopsi garis desain lini notebook premium keluaran Samsung sebelumnya. Perbedaan yang kentara adalah penggunaan bahan bodi yang tidak menggunakan bodi alumunium, tapi plastik. Penggunaan bahan plastik memang amat diperlukan untuk memangkas harga dan menjaga bodinya tetap ringan. Namun bagi yang mencemaskan ketahanan fisiknya, ATIV Book 9 Lite tetap terasa kokoh, meskipun hanya setipis 16,9mm. Book 9 Lite telah dilengkapi layar 13,3 inci dengan resolusi HD 1366×768 pixel. Tersedia dua versi layar; layar biasa non sentuh dan layar sentuh. Kualitas layarnya juga cukup baik dan nyaman dipandang, baik di dalam atau luar ruangan.

samsung_ativ_book_9_lite_7

Untuk mengetik, notebook langsing ini dibekali keyboard bermodel chicklet dengan jarak antar tombol keyboard yang cukup pas. Penataan tombolnya ini meningkatkan akurasi pengetikan 10 jari dibandingkan dengan tatanan keyboard dengan jarak tombol yang agak rapat. Seperti kebanyakan laptop tipis lainnya, tombol pada keyboard nyaris rata dengan bodi dan kurang nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu jangka waktu yang lama. Untuk bagian trackpadnya disiapkan dengan ukuran yang cukup besar. Ini tentu saja menjadi nilai tambah, karena berkat trackpad berukuran besar ini Anda dapat melakukan navigasi dan menjalankan fungsi gesture Windows 8 dengan sangat nyaman.

samsung_ativ_book_9_lite_keyb

Port konektivitas yang tersedia cukup lengkap dan ditempatkan dengan sangat baik di samping kiri kanan bodi. Mengingat ketebalan bodinya yang langsing maka ada beberapa port konektivitas yang harus digunakan dengan bantuan converter. Untuk port konektivitasnya meliputi port USB 3.0, USB 2.0, micro HDMI, port VGA, port audio, port Lan dan slot pembaca kartu memori SD. Secara keseluruhan, kelengkapan port dan konektvitasnya cukup lengkap untuk sebuah notebook setipis ini.

Fitur & Performa

ATIV Book 9 Lite ini ditenagai oleh prosesor quad-core khusus pesanan Samsung dari AMD. Prosesornya sendiri mampu berjalan di kecepatan 1.4Ghz dan telah didukung RAM sebesar 4GB serta chip grafis AMD Radeon HD 8250. Pada penggunaan sehari-hari, spesifkasinya ini termasuk mumpuni untuk kebutuhan komputasi seperti mengetik naskah, menyunting foto, browsing Internet, bahkan bermain game 3D. Bagi anda yang gemar membuka beberapa aplikasi sekaligus, ATIV Book 9 Lite juga cukup baik untuk melakukan multitasking. Catatan khusus bagi performanya saat memainkan game; Anda hanya dapat menikmati game pada tingkat setelan grafis minimum saja. Samsung memang tidak merancang ATIV Book 9 Lite sebagai laptop gaming, tapi setidaknya laptop ini akan mampu menjalankan game walaupun tidak terlalu mulus. Kami mencoba game Tomb Raider terbaru dan baru dapat memainkannya cukup lumayan pada setting grafis terminim. Sedangkan saat mencoba game sepakbola Pro Evolution Soccer 2013, performanya lebih menggembirakan. Berikut hasil benchmark ATIV Book 9 Lite.

benchmark cinebench

Ada satu fitur khusus yang dimiliki oleh notebook Samsung, yaitu SideSync. Dengan fitur ini, Anda dapat menghubungkan perangkat smartphone Samsung ke laptop ini untuk melakukan multitasking. Dalam prakteknya, fitur SideSync ini memang sangat berguna. Memindahkan file dari laptop ke smartphone atau sebaliknya dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan jika diingikan, Anda dapat mengoperasikan smartphone Galaxy Anda dengan mouse dan keyboard di notebook.

samsung_ativ_book_9_lite_4

Yang patut dipuji, cara penggunaan SideSync sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungkan ATIV Book 9 Lite dan smartphone Samsung pada jaringan yang sama atau melalui kabel, lalu jalankan aplikasi SideSync pada kedua perangkat tersebut. Mudah kan? Saat menavigasikan smartphone dengan mouse dan keyboard memang agak sedikit terasa lag namun ini masih tergolong cukup wajar dan masih bisa digunakan. Satu kekurangan lain, SideSync hanya terbatas dapat digunakan pada smartphone merk Samsung saja.

sharescreen-1

share-keyboard-and-mouse

Selain dapat berbagi mouse dan keybaord, SideSync juga menyediakan fitur Screen Sharing yang dapat digunakan untuk menampilkan layar smartphone ke layar PC. Sayangnya, untuk menjalankan fitur Screen Sharing ini, Anda harus menggunakan kabel USB sebagai penghubung.

Untuk performa baterainya, Samsung Book 9 Lite dapat menemani aktivitas mengetik sambil browsing dengan waktu sekitar hampir 4 jam dengan pengaturan gelap terang layar 50 persen. Dan untuk kebutuhan multimedia menonton film berformat HD1080p, baterainya masih dapat sanggup bertahan hingga sekitar 2 jam.

Kesimpulan
Dengan ATIV Book 9 Lite, Samsung terbukti jeli melihat peluang yang ada di pasaran. Jika sebelumnya notebook tipis dengan harga terjangkau hadir dengan layar berukuran 11 inci yang relatif kecil, Samsung punya gagasan menghadirkan notebook tipis dengan desain keren tapi memiliki layar 13,3 inci yang cukup lega. Performanya memang cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak terlalu berat, dengan daya tahan baterai yang cukup oke. Sebagian dari Anda mungkin akan mengeryitkan dahi saat membaca label harga terjangkau yang kami sematkan kepadanya. Ada satu alasan kuat untuk hal itu. Untuk saat ini, sepertinya belum ada notebook lain dengan SSD 128GB dan OS Windows 8 asli yang dijual di kisaran 7 juta rupiah.

Bagi Anda yang mementingkan desain fisik sebuah notebook, dengan performa yang cukup oke dan harga relatif terjangkau, Samsung ATIV Book 9 Lite layak menjadi pertimbangan.

[table]”Spesifikasi”;ATIV Book 9 Lite
Layar;”13,3 inci (touchscreen dan non-touch) dengan resolusi 1366 x 768 pixel”
Prosesor;Quad Core Processor 1.4 GHz
Grafis;AMD Radeon HD 8250 Shared
RAM;4GB
SSD;128GB
Webcam;720p HD
Warna;Ash Black/White
Konektivitas;”1xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, micro HDMI, mini VGA, RJ45(Dongle), HP/Mic, 3 in 1 Card Reader”
Baterai;8,5 jam
Dimensi;”324x224x16.9mm (Non-Touch)/17.4mm (Touch)”
Bobot;1.44Kg(Non-Touch)/ 1.58Kg(Touch)
[/table]

6 komentar

  1. Setelah saya searching laptop. samsung memang bikin saya jatuh hati. dengan spesifikasi yg ditawarkan. walaupun SSD nya cma 100 GB.
    tp yg ingin saya tanyakan. apa beda ATIV book 9, ATIV book 9 plus dengan ATIV book 9 lite ini min?

  2. Wah apa lagi kalau sudah ada yang disertakan slot untuk sim card, jadi nda usah pakai modem, ribet.

    1. @fajri
      Apple Mac Book Air juga mulainya dari 128GB. Untuk saat ini, rata-rata 128GB dan 256GB. Kalau untuk notebook dengan SSD 256GB, pasti di atas 10 juta.

      1. barang nya dah terbeli ni, memang betul SSD buat sedikit kecewa, tapi gak masalah kok, kan gak perlu kali masang aplikasi terlalu banyak

Back to top button